Rabu, 14 November 2012

Cara Kalibrasi Baterai Laptop

Cara Kalibrasi Baterai Laptop

Kita akan berbagi info-cara kalibrasi Baterai Laptop. Dalam hal perawatan Baterai Laptop, agar Baterai Laptop anda lebih awet dan bekerja secara baik, perlu diperhatikan bagaimana cara merawat dan cara kalibrasi Baterai Laptop dengan baik. Sumber daya baterai laptop yang ngedrop atau tidak baik bisa menyebabkan kerusakan pada laptop anda, ini tentu sangat tidak kita inginkan. Dengan kondisi baterai laptop yang sehat, laptop pun akan lebih awet dan kita tahu harga baterai laptop lumahan mahal. Baterai di charge dalam kondisi masih penuh, atau mencabut charger ketika pengisian baterai laptop belum penuh, ini akan memperpendek umur baterai anda.

Untuk melakukan perawatan, kalibrasi Baterai Laptop adalah cara yang tepat agar baterai bisa berumur panjang, dan Anda bisa melakukan kalibrasi Baterai Laptop secara manual. Berikut langkah-langkah/cara kalibrasi Baterai Laptop :

Anda buat profil daya baru.
Masuk melalui control panel lalu pilih Power Options

Lihat di panel sebelah kiri, silakan klik Create a power plan, lalu pada kolom plane name beri nama Calibration.

Pada pilihan lain (Dim the display, turn off the display, put the computer to sleep),silakan pilih never, lalu klik create.

Selanjutnya Aktifkan profil Power Options baru anda.

Kemudian charge baterai sampai terisi penuh 100 %.

Selanjutnya setelah baterai terisi 100 % penuh, kemudian cabut catu daya atau charger laptop anda dan biarkan laptop dalam kondisi idle / hidup, tanpa ada aktifitas, dan biarkan sampai daya habis dan laptop mati sendiri.

Abaikan saja jika ada peringatan untuk mencharge baterai.

Dengan demikian anda telah selesai melakukan kalibrasi baterai laptop.

Selanjutnya charge kembali baterai anda hingga penuh dan setelah itu bisa digunakan seperti biasa.

Untuk menjaga performa baterai tetap bagus, maka sebaiknya anda melakukan kalibrasi baterai ini secara berkala, ini akan membuat baterai laptop lebih awet. Demikian info yang bisa saya bagikan dan semoga menjadi informasi yang berguna untuk anda semua, salam sukses.




Tidak ada komentar: