Rabu, 02 Mei 2012

Jenis, Penyebab dan Pencegahan Penyakit Kulit

Memahami jenis, penyebab dan pencegahan penyakit kulit. Penyebab penyakit kulit bisa diakibatkan oleh infeksi jamur, virus, infeksi bakteri, alergi, faktor genetik, faktor radiasi/kanker dan lain-lain. Terjadinya gangguan inflamasi adalah salah satu penyebab penyakit kulit dengan ciri-ciri munculnya ruam-ruam. Penyakit kulit tipe gangguan inflamasi antara lain Eksim, psoriasis, dermatitis, dan sejenisnya, termasuk jerawat. Jenis penyakit kulit ini ditandai dengan adanya ciri-ciri seperti pembengkakan, kulit meradang dan panas atau gatal, kemerahan,  lesi, dan plak pada kulit, terasa sakit/panas saat disentuh, terjadi gejala melepuh, dan terdapat cairan didalamnya.



Jenis Penyakit kulit



Penyakit kulit Viral
Diakibatkan oleh virus seperti Cacar air, campak, Herpes zoster. Penyakit kulit Viral sering ditandai dengan gejala seperti demam, ruam kulit dan lepuh yang bisa menular akibat terjadinya



Kanker Kulit
Sering disebut sebagai neoplasia kulit dan banyak dialami kaum pria. Kanker kulit disebabkan oleh paparan/radiasi sinar cahaya tertentu (matahari dan dari tanning bed). Terdapat tanda perubahan pada kulit, seperti terjadinya pertumbuhan baru dan luka yang tidak sulit untuk sembuh. Kanker Kulit diantaranya Karsinoma sel basal (sel karsinoma basal epithelioma), Squamous cell carcinoma, actinic keratosis, dan melanoma. Yang termasuk Kanker kulit non-melanoma misalnya kanker kulit karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa. Sedangkan jenis Melanoma cenderung menyebar (metastasis) ke seluruh tubuh dengan cepat. Kanker Kulit yang paling umum dan banyak dialami adalah jenis Sel Basal karsinoma yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan. Karsinoma sel basal diawali dengan benjolan kecil seperti kubah, tampak mengkilap, bening. Cara mencegahnya kita harus menghindari paparan sinar matahari secara kontinue, cek ke dokter jika terjadi gangguan kulit dengan tanda-tanda seperti gejala kanker.


Kusta
Disebabkan oleh mycobacterium lepra yang interseluler obligat. Diawali dengan serangan pada saraf tepi, berlanjut menyerang kulit, mukosa mulut, saluran nafas bagian atas, sistem endotelial, mata, otot, tulang, dan testis. Kusta merupakan penyakit infeksi kronis. Tanda penyakit Kusta antara lain bercak putih kemerahan pada kulit, mati rasa (otot tangan, kaki, dan mata), saraf tepi menebal,


Lepra
Gejala awal kulit terasa mengkerut dan jika sudah akut kuman akan memakan kulit dan daging penderita. Pergi ke dokter jika terjadi gejala awal.


Cacar air (Frambusia)
Disebabkan virus/bakteri Trypanosoma, berupa berbintil-bintil ranum, sangat menular (dropplet infection melalui udara, pakaian dll). Jaga kebersihan, hindari kontak dengan penderita untuk pencegahan.


Eksim
Tanda adalah Kulit kemerah-merahan, Bersisik, pecah-pecah, gatal, muncul gelembung kecil berisi air / nanah, bengkak, melepuh, terasa panas. Penyebab gangguan Eksim : Alergi terhadap zatkimia tertentu, makanan tertentu. Hindari hal-hal atau bahan-bahan yang dapat menimbulkan alergi untuk pencegahan.


Kudis (Skabies)
Gatal (di malam hari), sering muncul di sekitar selangkangan/alat kelamin, sela-sela jari tangan, ketiak, pinggang, sekitar siku, sekeliling puting payudara dan pergelangan tangan. Dapat menular dengan mudah baik secara langsung maupun tidak langsung.
Pencegahan : jaga kebersihan, hindari menggunakan pakaian /sejenisnya milik orang lain


Kurap
Disebabkan oleh jamur, sering muncul di tengkuk, leher, dan kulit kepala dengan gejala kulit menebal, bersisik, berair, bercak keputihan dan gatal. Menjaga kebersihan kulit untuk pencegahan.



Bisul (Furunkel)
Penyebabnya adalah infeksi bakteri (Stafilokokus aureus) pada kulit. Bisa muncul melalui folikel rambut, kelenjar minyak atau kelenjar keringat. Cegah dengan menjaga kebersihan.


Campak (Rubella)
Ditandai dengan demam, sakit kepala, pilek, lemah lesu, nafsu makan hilang ataupun terjadi radang mata dilanjutkan dengan gejala seperti ruam merah, gatal, kian tambah besar, menyebar.


Infeksi jamur
Penyakit kulit seperti panu (ditandai dengan bercak pada kulit, gatal saat berkeringat), kudis, jamur Candida dan sejenisnya adalah disebabkan oleh infeksi jamur. Meski tidak berbahaya penyakit kulit ini bisa sangat mengganggu jika pertumbuhannya sudah meluas seperti rasa gatal dan perih. Demikian info penyakit kulit, penyebab dan pencegahannya.




2 komentar:

danasahabat.blogspot.com mengatakan...

Bantu buat Kartu Kredit BANK BNI dengan beragam fasilitas dan diskon, free iuran tahun pertama di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara Kartu Kredit BNI, adalah Kartu Kredit BNI MasterCard dan BNI VISA, baik Kartu Biru, Emas
maupun Platinum berikut Kartu Tambahannya.
100% berkas aman cukup fc ktp.slip
gaji/skp kartu kredit npwp
khusus karyawan gaji min 3 jt perbulan.owner lampirkan fc ktp siup dan npwp bila memiliki kartu kredit bisa dilampirkan
proses maks 10 hari kerja.Diskon 15% untuk makanan dan minuman dengan minimum transaksi Rp 150.000,- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,-.
Diskon 20% untuk menu makanan Hot Kitchen (tidak termasuk Toast/Honey Toast/Beverage) dengan minimum transaksi Rp 150.000.- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,- (sebelum diskon, pajak dan servis).
Garuda Indonesia Travel Fair 2014, kerjasama Bank Negara Indonesia dengan Garuda Indonesia, one stop shopping untuk paket wisata Anda dengan harga spesial menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI.
Diskon cicilan 0% selama 3 & 6 bulan atau cicilan bunga ringan 0,8% selama 9 & 12 bulan dengan transaksi minimum Rp 1.000.000,-
Hemat hingga 50% atau maksimum Rp 1.000.000,- dengan BNI Reward Points.
Informasi lebih lanjut hubungi BNI Call 500046 atau 021-500046/68888 dari ponsel.atau dengan marketing kami cabang BNI SEMARANG
chairul sarto utomo via sms telp
085229348635, 085600125176 pin bb 3166854C. TELP KANTOR ( 024 ) 33051946 FAK 024 86455931

Unknown mengatakan...

obat gatal menahun