Monday, February 20, 2017

Mengatasi tombol keyboard Tidak cocok fungsinya atau terbalik

Pernah mengalami fungsi keyboard tidak cocok, tidak sesuai fungsinya, terbalik dan atau hasilnya tidak sama dengan yang tertera di tombol. Ini hanya masalah seting saja, dan untuk mengatasi masalah ini, cukup mudah. Sebagai contoh saat kita menekan tombol karakter tanda kutip atau tombol lainnya yang keluar malah karakter yang lain, jadi acak dan tidak karuan. Jika mengalami masalah ini berikut cara mengatasi tombol keyboard yang tidak sesuai fungsinya atau kebolak balik.

Untuk mengatasi tombol keyboard yang tidak sesuai dengan fungsinya,yang muncul karakter lain, silakan masuk ke control panel. Anda perlu melakukan perubahan di bagian Language dan Region. Perlu diketahui, jika pada bagian ini, pengaturan tidak sesuai dengan versi tombol keyboard yang ada, maka masalah seperti diatas akan muncul. Berikut saya beri contoh untuk pengguna win 7 dan untuk windows yang lain kurang lebih sama.

Berikut cara mengatasi tombol keyboard tidak sesuai fungsinya:

1. Masuk ke control panel, lalu pilih Language and Region.


2. Klik tab Location, jika di opsi Current location sudah US (United states) atau Indonesia, maka biasanya posisi ini sudah benar.

3. Sekarang klik di tab Keyboards and Languages lalu klik Change keyboards.


4. Akan muncul jendela baru, lalu perhatikan di default input language, jika di tab Location tadi anda pilih United states, maka pastikan United States sudah ada disana.

5. Jika Belum ada, maka tinggal menambahkan Bahasa baru dengan klik tombol Add.


6. Untuk menggeser posisi bahasa agar keatas atau kebawah gunakan tombol Move up/move down.

7. Pastikan bahasa di tab Location sudah sama dengan yang anda pilih di tab Change keyboards tadi, setelah itu klik Apply > OK dan selesai.

Pada intinya anda harus merubah atau menambah bahasa ke US atau indonesia saja, samakan pilihan bahasa di tab Location dengan yang dipilih di default input language.

Dengan demikian cara mengatasi tombol keyboard tidak cocok / tidak sesuai dengan fungsinya sudah bisa teratasi, sekian semoga bermanfaat.

No comments: