Selasa, 16 Desember 2014

Merubah Foto Menjadi Lukisan Dengan Photoshop

Cara merubah foto menjadi lukisan dengan Photoshop memang banyak sekali teknik yang bisa kita gunakan, dari cara yang sederhana manual sampai dengan menggunakan fasilitas pluggin tambahan yang dipasang di Photoshop. Namun kali ini saya ingin berbagi cara merubah foto menjadi lukisan dengan Photoshop tanpa pluggin tambahan seperti Topaz dan lainnya, jadi cukup menggunakan tool yang ada di Photoshop kita.

Kita bisa merubah foto menjadi lukisan dengan Photoshop cukup menggunakan smudge tool dan variasi lain yang bisa kita gunakan. Karena jika menggunakan pluggin tambahan seperti Topaz maka kita perlu download dan instal dulu, jadinya tambah ribet. Smudge tool adalah cara yang mirip kalau kita menggunakan kuas saat menggambar di kanvas, dengan smudge tool kita bisa membaurkan warna, membuat aksen dan masih banyak lagi, tergantung kreativitas kita saja.

Seperti contoh berikut saya menggunakan cara smudge tool:


Buka fotonya, lalu pilih smudge tool (bisa lihat gambar) untuk melihat posisi smudge tool. Kita perlu mengatur dulu nilainya; klik pada angka yang ada diatas layar (dibawah edit) maka akan muncul size, hardness dan brush preset. Kita bisa mulai dari size dibawah 10, hardness 70% dan strengh 15%. Jika kurang pas bisa diubah lagi nilainya. Cara menggunakan smudge tool adalah dengan tekan dan drag mouse secara perlahan mengikuti garis wajah secara berulang-ulang.


Saat anda menekan mouse pada bagian warna tertentu, maka warna itulah yang akan mengikuti kemana mouse anda bergerak, silakan coba-coba dahulu dan lihat hasilnya. Jika kita ingin memanjangkan hidung, maka drag mouse diposisi garis hidung tsb (gunakan size kecil saja) kearah memanjang dan lihat hasilnya seperti apa. Yang jelas kita memang perlu berlatih berulang-ulang maka bisa menemukan teknik yang pas. Lakukan smudging ke seluruh bagian foto hingga menghasilkan gambar sesuai keinginan anda. Kira-kira seperti ini.


Jika sudah bagus saatnya kita menambah efek lain. tekan tombol Ctrl + J maka akan muncul duplicate background copy (nama bisa berbeda), muncul diatas gambar yang asli.

Pada background copy (layer yang atas, hasil duplicate tadi) klik filter > Blur > Gaussian blur dan ubah radius menjadi 3 pixel (terserah anda) > OK. Selanjutnya klik pada tombol Normal (diatas background copy/layer) lalu ubah menjadi Color dodge. Ubah nilai % opacity dan fill sesuai keinginan. Setelah OK, klik kanan pada tulisan background copy (di sebelah kanan gambar yang atas (lihat gambar) lalu Merge down.


Berikutnya kita ubah efek warna gambar dengan menggunakan fasilitas add an adjustment, disana ada color balance. Silakan gunakan fasilitas tersebut dan ubah nilainya terserah anda dan untuk menggabungkannya klik kanan pada tulisan color balance 1, lalu merge down. Lakukan cara yang sama untuk Hue/saturation, Vibrance, dan Exposure.

HASIL


Setelah semua di Merge down saatnya menyimpan hasilnya. Klik file > save as > centang as a copy (agar file asli masih ada) > pilih JPG/PNG, lalu save dan OK. Selesai sudah cara merubah foto menjadi lukisan dengan Photoshop dengan cukup menggunakan smudge tool dan efek gambar. Semoga bermanfaat, salam Indonesia Raya.


TIPS SEPUTAR FLASH HP
Cara-flash-nokia-e63-rm-437-tanpa-box
Cara-flashing-samsung-galaxy-gio-gt-S5660
Upgrade-samsung-galaxy-y-gt-s5360-ke JELLY BEAN
Download-ota-custom-rom-jellybean-411
Cara-instal-jelly-blastv3
Cara-menghapus-aplikasi-bawaan-dengan mudah
Cara-membuat-backup-rom-android-via-spflashtool
Cara-flash-advan-vandroid-s4-via USB
Cara-flashupgrade-oppo-joy-r1001-tanpa PC
Cara-backup-stock-rom-android-pakai-mtkDroid tool
Cara-menambah-bahasa-indonesia di hp anda
Cara-hard-reset atasi-lupa-kunci-pola
Download-dan-instal-cwm-recovery-untuk Evercross A7T
Cara-mencari dan instal-cwm-recovery-semua merk
Cara-flashing-via-cwm-samsung-galaxy Young GT-S5360
Cara-membuat-sendiri-cddvd-instaler windows pakai NERO
Cara-mudah-root-samsung-galaxy-young GT-S5360 tanpa PC
Cara-install-cwm-backup-rom-samsung Galaxy Young S5360
Coftware-cara-flashing-oppo-neo-3-r831k
Cara-alat-flashing-tablet-axioo-picopad 7 GGG
Cara-mount-file-iso-atau-install software format ISO
Cara-atasi-error-code-0x80070437 firewall win7
Cara-flash-oppo-joy-r1001-berhasil
Cara-membuka-kuncihard-reset-evercoss a5k
Cara-menggunakan-android-sebagai-modem

1 komentar:

Street View Online mengatakan...

I have learned a lot of useful information from your blog, thank you very much.