Sabtu, 22 November 2014

Layar Tidak Penuh Pada laptop / Tulisan Jadi Besar

Cara mengatasi layar tidak penuh pada laptop atau tulisan dan gambar menjadi besar-besar karena screen resolution layar LCD berubah. Ada beberapa hal yang menyebabkan layar tidak penuh atau tulisan dan gambar menjadi besar pada laptop, karena driver grafic yang tidak sempurna terinstal atau juga bisa karena masalah yang lain. Untuk mengatasi hal ini anda perlu cek penyebab layar tidak penuh pada laptop dan cari solusinya.

Secara umum penyebab layar tidak penuh pada laptop adalah screen resolution layar LCD yang berubah. Dengan berubahnya settingan screen resolution ke angka yang tidak sesuai/tidak pas, maka akan mempengaruhi tampilan layar menjadi tidak maksimal, misal layar tidak penuh di sisi kiri dan kanan, atau bisa jadi tulisan (gambar icon) menjadi lebih besar. Cara pertama,silakan cek screen resolution anda.


Berikut cara mengatasi layar tidak penuh pada laptop:

Klik kanan pada desktop (layar laptop) anda, lalu pilih Graphics properties.
Akan muncul dialog dan pilih salah satu opsi yang ada (contoh basic mode) Lalu OK.
Ubah nilai resolution ke paling maksimal (misal 1366x768) dan pada Scaling ganti menjadi scale full screen. Klik apply lalu OK. Restart laptop anda.




Jika ternyata setelah restart windows, layar masih kembali lagi dan tetap tidak penuh, kemungkinan driver graphics tidak terinstal sempurna. Untuk melihat driver graphics ini terinstal baik atau tidak bisa dilihat di device manager, caranya klik kanan, Computer > manage > device manager > buka di ''display adapters''. Jika ada tanda kuning itu artinya driver bermasalah. Coba scan hardware change atau update driver atau juga instal ulang driver graphics (ada di CD driver) saat anda membeli laptop. Misalnya bernama video driver (intel(R)HD Graphics, setelah selesai lalu restart.


Untuk kasus layar yang tidak penuh pada sisi kiri dan kanan, dengan tampilan icon gambar yang besar, biasanya masalahnya ada pada pengaturan di start up windows, coba cek dengan cara berikut. Klik bersamaan tombol windows + R (untuk membuka RUN) lalu ketik msconfig dikotak RUN , lalu  OK/enter. Pada tab '' Boot '' buang tanda centang (jika ada centang) pada Base video dan juga pilihan diatas dan bawahnya (No GUI boot, Boot log, OS boot information) juga sebaiknya anda buang saja , lalu klik apply > OK > restart. Pada tab General, Anda juga bisa pilih mode normal startup saja (default) biar lebih aman.


Dari semua langkah tadi ada juga yang tetap tidak berhasil alias layar tetap tidak penuh, jika perlu silakan instal ulang windows anda. Jika membaca dari pendapat orang yang ngerti soal komputer, penyebab lain layar tidak penuh pada LCD adalah bisa dikarenakan pengaruh kejutan listrik. Apabila laptop sedang menyala, kemudian anda mencolokkan adapter ke sumber listrik, seringkali menimbulkan percikan api dan ini akan menimbulkan kejutan tegangan pada LCD anda yang bisa jadi merusak sistem LCD. Semoga membantu.

TIPS SEPUTAR FLASH HP
Cara-flash-nokia-e63-rm-437-tanpa-box
Cara-flashing-samsung-galaxy-gio-gt-S5660
Upgrade-samsung-galaxy-y-gt-s5360-ke JELLY BEAN
Download-ota-custom-rom-jellybean-411
Cara-instal-jelly-blastv3
Cara-menghapus-aplikasi-bawaan-dengan mudah
Cara-membuat-backup-rom-android-via-spflashtool
Cara-flash-advan-vandroid-s4-via USB
Cara-flashupgrade-oppo-joy-r1001-tanpa PC
Cara-backup-stock-rom-android-pakai-mtkDroid tool
Cara-menambah-bahasa-indonesia di hp anda
Cara-hard-reset atasi-lupa-kunci-pola
Download-dan-instal-cwm-recovery-untuk Evercross A7T
Cara-mencari dan instal-cwm-recovery-semua merk
Cara-flashing-via-cwm-samsung-galaxy Young GT-S5360
Cara-membuat-sendiri-cddvd-instaler windows pakai NERO
Cara-mudah-root-samsung-galaxy-young GT-S5360 tanpa PC
Cara-install-cwm-backup-rom-samsung Galaxy Young S5360
Coftware-cara-flashing-oppo-neo-3-r831k
Cara-alat-flashing-tablet-axioo-picopad 7 GGG
Cara-mount-file-iso-atau-install software format ISO
Cara-atasi-error-code-0x80070437 firewall win7
Cara-flash-oppo-joy-r1001-berhasil
Cara-membuka-kuncihard-reset-evercoss a5k
Cara-menggunakan-android-sebagai-modem

8 komentar:

laptop baru mengatakan...

artikel yang bagus...terimakasih banyak atas tipsnya... bermanfaat banget

WQA INDONESIA mengatakan...

< VB > Sertifikasi ISO < VB >

kalau resolusi sudah maksimal tetapi masih sering ga full layar gimana cara ngakalinnya masgan?

Unknown mengatakan...

Gimna cara memperbaiki tampilan layar laptop yg terlihat besar? Terus kalau q buka ms.word dengan ukuran 100, tampilan kertas hanya sepotong yg terlihat. Pokokx tampilanx tuh kyk jadul gitu..

Putra mengatakan...

Munculnya model jual batik sarimbit juga membuat batik mampu bersaing dengan banyaknya baju dari barat yang juga sangat digemari di Indonesia.
Hal ini tentunya sangat membanggakan Baju batik merupakan salah satu cara untuk melestarikan warisan luhur nenek moyang kita. Secara tidak langsung, para produsen, dan perajin batik sudah sangat berperan dalam melestarikan batik ini.

Bagaimana dengan kita? Dengan adanya Jual baju batik modern dan up to date serta sesuai dengan perkembangan jaman, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memakai baju batik dengan alasan kuno, atau terlalu resmi atau kayak orang tua. Model baju batik modern tidak lagi memberikan kesan kesan tersebut. Mari kita pakai baju batik, kalau bukan kita siapa lagi?

gaga arizona mengatakan...

makasih banget solusinya min. sangat berguna dan berfaedah
power supply hp

kerajinan furniture jepara mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Khanif mengatakan...

Makasih banget bang sekarang laptop saya setelah di restart resoluso ga kembali ke terendah😁

Anonim mengatakan...

bape
Golden Goose
off white jordan 1
kyrie 7 shoes
yeezy shoes
jordan shoes
ggdb
yeezy 500 blush
kd 15
jordan travis scott