Kamis, 07 Februari 2013

Penyebab Layar Biru Pada Laptop

Cara memperbaiki Laptop dan Komputer yang menampilkan layar biru

Blue Screen pada laptop bisa kita analisa sebagai berikut.  Banyak kemungkinan yang menyebabkan layar biru (Blue Screen) pada laptop, namun kebanyakan bluescreen terjadi atau muncul karena terjadi kesalahan data pada alamat tertentu seperti data rusak (corrupt), atau data hilang (missing).



Kemungkinan penyebab Laptop/Komputer Blue Screen :

1. Socket Memory (RAM) atau Memory (RAM)
2. Masalah padaHarddisk/Socket Harddisk
3. Virus
4. Data terhapus tidak sengaja (corrupt)
5.Library windows terhapus akibat Uninstall program dll.

Langkah cek:
check memory melalui menu BIOS yang bersangkutan untuk mengecek apakah Bluescreen
akibat memory (RAM) yang rusak atau kotor. Jika memang kerusakan terjadi pada area memory (RAM maupun socket), maka cobalah untuk melepas memory yang bersangkutan lalu anda bersihkan dengan kuas dan karet penghapus, Bersihkan kaki socket RAM hingga bersih dari kerak kotoran, lalu cek lagi, dan apabila belum berhasil coba anda ganti dengan RAM yang masih baik/baru.

Cek socket atau dudukan RAM apakah sudah pas. Kemugkinan ini juga sering terjadi akibat posisi memory (RAM) yang tidak tepat membuat Laptop/Komputer Blue Screen.

Cek Harddisk apakah bermasalah.

Bluescreen yang terjadi akibat Harddisk yang bermasalah antara lain dikarenakan oleh bad sector, data yang hilang (corrupt), karena virus, install program yang tidak sempurna/selesai, atau juga bisa dikarenakan oleh un-install program yang menyebabkan Library windows ikut terhapus library.

Masalah pada bad sector dapat kita lihat dan cek melalui chkdsk/f. Dengan cara ini windows akan memberikan tanda agar bagian yang rusak (bad) tidak digunakan. Namun apabila memang harddisk sudah bermasalah, maka akan lebih bagus jika anda mengganti dengan yang baru.

Apabila Laptop/Komputer Blue Screen akibat virus, langkah pertama silakan anda scan dengan anti virus terbaru, dan jika masih gagal lakukan install ulang OS. Demikian beberapa kemungkinan penyebab Laptop/Komputer Blue Screen, semoga bisa membantu, salam sukses.

Tidak ada komentar: