Rabu, 20 Februari 2013

Cara Encrypt File PDF Dengan PDF Xchange


Cara encrypt file PDF menggunakan aplikasi PDF XChange

Agar tak semua orang bisa membuka file PDF atau mengkopinya, anda bisa menggunakan aplikasi PDF Xchange untuk meng-encrypt file PDF tersebut, karena aplikasi ini menggunakan password untuk bisa membuka file PDF anda. Cara ini akan meng-encrypt (enkripsi) file PDF sehingga file akan aman dan tidak bisa dibuka/di copy orang lain.


Langkah -cara Encrypt File PDF Dengan PDF Xchange adalah sbb:

Pertama Download aplikasi PDF XChange di sini http://www.tracker-software.com/product/downloads.

Silakan Ekstrak file ZIP hasil download tadi.

Lakukan proses Install pada file installer-nya sampai selesai.

Langkah selanjutnya, anda buka aplikasi lain yang bisa digunakan untuk print dokumen atau file. Sebagai contoh dengan Microsoft Word.

Pilih dan buka salah satu dokumen word yang ingin anda encrypt, kemudian silakan print dengan menggunakan aplikasi PDF XChange.

Klik OK, kemudian silakan pilih Additional Properties dan konfigurasi file PDF yang ingin anda terapkan.

Untuk menambahkan password, pada jendela additional properties klik tab Security dan masukkan password anda ke dalam kotak fieldnya.

Pada bagian ‘’Password Required to Open the document ‘’ adalah berfungsi untuk memberi password untuk keperluan saat membuka file/document, sedangkan pada ‘’ Password Required to Change Permissions and/or Password ‘’ berfungsi untuk keperluan merubah password atau permission/ijin dari file PDF.

Pada bagain ‘’ Encryption Level ‘’ adalah berfungsi menentukan pilihan enkripsi apa yang akan anda gunakan/pilih. Hal yang perlu anda perhatikan adalah, pastikan anda menggunakan Adobe Reader dengan versi yang mendukung file PDF hasil encrypt anda. Jika anda menggunakan encrypt level tinggi (misal 256-bit AES (Acrobat 9.0 and later)), maka yang mampu membuka file tersebut adalah Adobe Reader versi 9.0 atau versi yang lebih baru sedangkan Jika anda menggunakan Adobe Reader dengan versi yang lebih lama, maka akan muncul pesan error.

Atur juga untuk pilihan Allow Printing, seperti Allow Change the Document, Allow Content Copying or Extraction, Enable Accessibility dan Allow Adding or Changing Comments and Form Fields sesuai yangdiinginkan.

Melalui PDF XChange, anda bisa mengirim file PDF hasil encrypt anda dengan menggunakan eMail, yakni dengan cara klik Tab eMail pada aplikasi PDF XChange. klik ‘’ OK ‘’ kemudian klik ‘’Save’’ . Pastikan PDF reader anda support dengan enkripsi file dari PDF Xchange. Semoga bermanfaat, sekian info tips Cara Encrypt File PDF Dengan PDF Xchange.

Tidak ada komentar: