Rabu, 05 Desember 2012

Cara Menghapus Instalasi Ganda Pada Windows XP


Cara menghapus instalasi ganda Windows XP

Penyebab instalasi ganda pada Windows XP antara lain terjadinya kesalahan saat memilih partisi yang akan digunakan untuk instalasi pada saat kita menginstall OS Windows XP. Akibatnya akan terjadi dua atau lebih OS yang terinstall pada komputer kita. Selanjutnya komputer akan memberi tampilan pilihan untuk memilih sistem operasi yang digunakan saat proses booting. Dengan adanya instalasi ganda ataupun instalasi windows yang tidak sempurna bisa membuat 2 OS Windows boot log on muncul di layar, dimana pada saat booting, windows akan menampilkan dua pilihan OS untuk log on. Muncul OS yang masih dalam bentuk SETUP pada pilihan OS kedua, ini akibat installasi windows yang pertama tidak sempurna dan masih tersimpan di drive atau belum dihapus sebelum melakukan instalasi windows yang kedua.



Untuk mengatasi masalah instalasi ganda

dobel booting Windows XP

Caranya dengan menghapus salah satu OS yang tidak sempurna, sehingga perintah pemilihan OS untuk log on tidak akan muncul lagi. Kita akan mulai dengan mencari file boot yang terletak di DRIVE C dan jangan lupa sebelum mengubah file boot.ini, backup dahulu file boot.ini anda untuk menjaga jika terjadi kesalahan. Selanjutnya hapus salah satu baris di bawah [operating systems]. Ini merupakan instalasi windows xp yang perlu dihapus. Pada bagian default harus mengacu pada instalasi yang ingin tetap digunakan atau dipertahankan, selanjutnya simpan/save perubahan yang terjadi. Langkah selanjutnya restart komputer dan jika proses booting tak memunculkan lagi pilihan dua sistem operasi, maka anda dapat menghapus file instalasi windows yang sudah tidak diperlukan lagi ini.


Cara menghapus salah satu boot OS:

Edit file boot.ini dengan cara:

Klik Start > Run > ketikkan : c:/boot.ini > OK

Muncul notepad file boot.ini

[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS="Windows XP Professional" /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)\WINDOWS="Windows XP Professional" /fastdetect

Silakan anda simak list file boot.ini diatas, ada dua OS yang muncul. Tugas anda hapus(delete) salah satu OS yang ada, yakni list no 2. Dan jangan lupa pilih save untuk menyimpan kembali file boot.ini (bukan save as). Terakhir Restart kembali komputer anda. Namun jika anda ragu akan langkah hal ini, karena masing-masing Laptop adalah berbeda, maka anda bisa gunakan cara lain misalnya install ulang atau hubungi teknisi yang berpengalaman. Sumber dikutip dari http://lughot.blogspot.com. Sekian info tips-cara menghapus instalasi ganda atau dobel booting pada Windows XP.

1 komentar:

Dhimas HR mengatakan...

jane bagus nich triknya gan.cuman kok ga yakin gt ujung2nya suruh hub teknisi.itu ma namanya ga blajar dunk gan hehehhe.btw thanks dah tricknya....