Jumat, 02 Maret 2012

Cara Menghapus File Terkunci Windows 7


Anda harus benar-benar teliti dan hati-hati untuk masalah ini. Untuk menghapus file yang terkunci/tidak bisa di delete pada Windows 7 ini tidak boleh sembarangan, karena jika Anda salah melangkah maka bisa mengganggu kinerja Windows 7 komputer Anda misal tidak bisa booting dan sebagainya. Langkah ini diperlukan karena mungkin ada file program yang menimbulkan masalah karena sesuatu hal semisal terkena virus. Nah tentu itu harus segera diamankan, paling tidak ini langkah awal Anda untuk menghindari gangguan yang lebih jauh. Jika Anda mungkin harus install ulang maka file yang lain masih aman, jika gangguannya karena virus. Berikut simak tips cara menghapus file yang tak bisa di delete/dihapus untuk komputer Windows 7.




* Buka Start menu > Run dan ketikkan cmd pada kotak pencarian, kemudian tekan Enter keyboard Anda.

* Selanjutnya muncul jendela Command Prompt yang berupa layar berwarna hitam. Klik kanan pada cmd.exe ,lalu pilih Run as administrator.

* Masuk ke jendela Task Manager, pilih/klik tab Proses, kemudian sorot proses explorer.exe dari pilihan itu, selanjutnya tekan End Process. Jika muncul konfirmasi dilayar klik tombol End Process.

* Untuk mencari file dari direktori yang ingin di delete, masuk ke Command Prompt.

* Pada jendela Command Prompt, masukkan path lengkap dari file, kemudian tekan Enter keyboard komputer. Sebagai contoh jika file terdapat di direktori Windows System32, yang Anda ketikkan seperti ini cd windows system32.

* Langkah selanjutnya ketikkan del....(titik-titik anda isi dengan nama file yang akan dihapus) , selanjutnya tekan tombol Enter.

* Pada jendela Task Manager, pada menu File, klik dan pilih New Task (Run). Muncul jendela New Task, lalu Anda ketikkan explorer.exe , selanjutnya klik OK.

Atau Anda bisa download removal tool otomatis untuk menghapus file terkunci Anda dan simpan di lokasi aman. Ada berbagai software gratis atau berbayar misalnya Unlocker 1.8.7, Process Explorer, ForceDel, DelLater, Copylock dan lain-lain. Demikian info untuk Anda cara menghapus file yang tak bisa di delete/dihapus untuk komputer Windows 7. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: