Kamis, 08 Maret 2012

Cara Mencegah/Menghilangkan Komedo Bandel


Untuk menghilangkan komedo dan merawat wajah agar bersih dari komedo memang perlu ketelatenan. Komedo muncul akibat penumpukan/endapan kotoran atau minyak di dalam pori-pori kulit wajah. Kulit berminyak paling sering mengalami terjadinya komedo. Komedo muncul di balik lapisan kulit ari karena kotoran/lemak yang tersumbat serta tampak seperti butiran kecil-kecil dan berwarna putih serta terasa kasar jika diraba. Sementara ada juga yang muncul sebagai pori-pori yang kelihatan membesar dan terlihat kusam/hitam. Remaja adalah yang sering mengalami masalah ini. Komedo muncul di area dahi, hidung, dan dagu bahkan di seluruh wilayah wajah.



Berikut tips menghilangkan komedo dan merawat wajah Anda

- Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
- Saat Anda menggunakan make-up pilih produk yang cocok dan berbahan dasar alami, karena ini lebih mengurangi dampak munculnya komedo dan jerawat.
- Jika kulit Anda berminyak maka produk kosmetik Anda harus yang bebas dari kandungan minyak terutama pelembab.
- Alas bedak sangat berpotensi menimbulkan komedo, jadi bersihkan segera wajah Anda dari make-up saat hendak beristirahat, juga kompact powder yang jika terlalu sering akan menutup pori-pori wajah sehingga muncul komedo/jerawat.
- Luangkan waktu untuk facial ke salon saat ada waktu untuk Anda guna perawatan, selebihnya dapat Anda lakukan perawatan sendiri dirumah.
- Kurangi makanan yang memicu munculnya komedo seperti kacang-kacangan, cokelat, aneka jenis susu, santan dan makanan berlemak lainnya.
- Teknologi laser dari dokter kulit tentu sangat membantu Anda, dan ini juga perlu Anda lakukan sesekali agar lebih sempurna jika komedo sulit dihilangkan.



Jika Anda pingin cara tradisional lakukan tips berikut:

* Tepung Bengkoang
Ini bisa Anda dapatkan dari masker bengkoang atau anda bisa membuat sendiri. Dengan cara campur tepung dengan air hingga lumat seperti agar, kemudian Anda oleskan ke area komedo di wajah, setelah mengering gosok-gosok secara perlahan hingga masker terlepas dan jatuh, Selanjutnya bilas dengan air hangat dan oleskan madu asli untuk melembutkan kulit Anda.

* Telur Kampung
Ini sebagai pengganti forepack dengan cara alami. Gunakan putih telur yang sudah Anda kocok terlebih dahulu, lalu oleskan pada area komedo di wajah, selagi basah tempelkan tissue pada olesan telur di wajah Anda tadi dan biarkan mengering. Nah, jika sudah mengering Anda lepas tissue secara perlahan, lakukan berulang-ulang hingga wajah Anda bersih dari komedo. Setelah selesai cuci dengan air hangat dan gunakan antiseptik alami air jeruk nipis yang dioleskan di wajah Anda.
* Gunakan uap air yang diberi teh dan sedikit garam. Uapkan ke wajah Anda agar pori-pori kulit melebar, gosok perlahan dengan kain lembut agar kotoran bisa keluar. Setelah itu dinginkan wajah Anda dan terakhir oleskan air jeruk nipis sebagai pengencang kulit

* Tepung/bubuk kedelai
Jika Anda tidak punya bubuk kedelai bisa Anda ganti dengan tahu putih dan gunakan sebagai masker wajah. Lumat hingga berbentuk gel lalu gunakan di wajah Anda. Tunggu hingga mengering lalu gosok perlahan hingga lepas. Ada juga yang menggunakan odol yang dioleskan di wilayah komedo, tetapi oleskan sedikit saja, jika terlalu tebal akan membuat kulit teriritasi. Selamat mencoba tips cara menghilangkan komedo semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: