GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Layar Tidak Penuh Pada laptop / Tulisan Jadi Besar | Musttrie's Blog

Saturday, November 22, 2014

Layar Tidak Penuh Pada laptop / Tulisan Jadi Besar

Cara mengatasi layar tidak penuh pada laptop atau tulisan dan gambar menjadi besar-besar karena screen resolution layar LCD berubah. Ada beberapa hal yang menyebabkan layar tidak penuh atau tulisan dan gambar menjadi besar pada laptop, karena driver grafic yang tidak sempurna terinstal atau juga bisa karena masalah yang lain. Untuk mengatasi hal ini anda perlu cek penyebab layar tidak penuh pada laptop dan cari solusinya.

Secara umum penyebab layar tidak penuh pada laptop adalah screen resolution layar LCD yang berubah. Dengan berubahnya settingan screen resolution ke angka yang tidak sesuai/tidak pas, maka akan mempengaruhi tampilan layar menjadi tidak maksimal, misal layar tidak penuh di sisi kiri dan kanan, atau bisa jadi tulisan (gambar icon) menjadi lebih besar. Cara pertama,silakan cek screen resolution anda.


Berikut cara mengatasi layar tidak penuh pada laptop:

Klik kanan pada desktop (layar laptop) anda, lalu pilih Graphics properties.
Akan muncul dialog dan pilih salah satu opsi yang ada (contoh basic mode) Lalu OK.
Ubah nilai resolution ke paling maksimal (misal 1366x768) dan pada Scaling ganti menjadi scale full screen. Klik apply lalu OK. Restart laptop anda.




Jika ternyata setelah restart windows, layar masih kembali lagi dan tetap tidak penuh, kemungkinan driver graphics tidak terinstal sempurna. Untuk melihat driver graphics ini terinstal baik atau tidak bisa dilihat di device manager, caranya klik kanan, Computer > manage > device manager > buka di ''display adapters''. Jika ada tanda kuning itu artinya driver bermasalah. Coba scan hardware change atau update driver atau juga instal ulang driver graphics (ada di CD driver) saat anda membeli laptop. Misalnya bernama video driver (intel(R)HD Graphics, setelah selesai lalu restart.


Untuk kasus layar yang tidak penuh pada sisi kiri dan kanan, dengan tampilan icon gambar yang besar, biasanya masalahnya ada pada pengaturan di start up windows, coba cek dengan cara berikut. Klik bersamaan tombol windows + R (untuk membuka RUN) lalu ketik msconfig dikotak RUN , lalu  OK/enter. Pada tab '' Boot '' buang tanda centang (jika ada centang) pada Base video dan juga pilihan diatas dan bawahnya (No GUI boot, Boot log, OS boot information) juga sebaiknya anda buang saja , lalu klik apply > OK > restart. Pada tab General, Anda juga bisa pilih mode normal startup saja (default) biar lebih aman.


Dari semua langkah tadi ada juga yang tetap tidak berhasil alias layar tetap tidak penuh, jika perlu silakan instal ulang windows anda. Jika membaca dari pendapat orang yang ngerti soal komputer, penyebab lain layar tidak penuh pada LCD adalah bisa dikarenakan pengaruh kejutan listrik. Apabila laptop sedang menyala, kemudian anda mencolokkan adapter ke sumber listrik, seringkali menimbulkan percikan api dan ini akan menimbulkan kejutan tegangan pada LCD anda yang bisa jadi merusak sistem LCD. Semoga membantu.
KlikSaya.com


3 comments:

laptop baru said...

artikel yang bagus...terimakasih banyak atas tipsnya... bermanfaat banget

WQA APAC said...

< VB > Sertifikasi ISO < VB >

kalau resolusi sudah maksimal tetapi masih sering ga full layar gimana cara ngakalinnya masgan?

ANITA DI PADANG said...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin
seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau