Monday, March 25, 2013

Jenis Zat Kimia Yang Berbahaya Pada Kosmetik

Jenis zat kimia berbahaya pada kosmetik

Apa saja zat kimia yang berbahaya pada kosmetik yang harus kita waspadai? Sangat berisiko jika Kosmetik yang anda pilih ternyata mengandung zat kimia berbahaya, karena bukan cantik yang didapat, justru akan merusak kecantikan yang ada, tentu hal ini sangat tidak diharapkan. Untuk mengetahui jenis zat kimia yang berbahaya pada kosmetik, anda bisa melihat pada label kemasan, tentang bahan-bahan yang terkandung didalamnya. Berikut ini, jenis zat kimia yang berbahaya pada kosmetik yang harus anda hindari.


Bahan/zat berbahaya yang sering ada pada kosmetik :

Methyl, Propyl, Butyl, Ethyl, Paraben

Semacam bahan pengawet pada kosmetik, yakni berguna untuk mencegah perkembangan bakteri sehingga kosmetik dapat bertahan lama. Berhati-hatilah jika ternyata kosmetik anda terdapat kandungan zat-zat tersebut.

Imidazolidinyl Urea dan Diazolidinyl Urea

Ini juga merupakan bahan pengawet yang paling sering digunakan pada kosmetik. Dengan kandungan utamanya formaldehyde dimana sering digunakan untuk mengawetkan jenazah. Bahan ini terbukti berbahaya bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Sodium Lauryl Sulfate

Banyak terkandung pada produk shampoo dan detergen, karena bahan ini akan menghasilkan busa yang melimpah, namun bahan ini teryata memiliki risiko bahayanya yaitu menyebabkan iritasi mata, iritasi kulit, kerontokan rambut, ketombe, serta gangguan alergi.

Stearalkonium Chloride

Merupakan bahan pelembut, yakni bahan kimia yang banyak digunakan pada conditioner dan krim rambut. Zat ini menyebabkan gangguan alergi. Stearalkonium chloride juga sering digunakan pada produk pelembut kain.

Triethanolamine (TEA)

Triethanolamine / TEA digunakan dalam kosmetik berfungsi untuk menyeimbangkan kadar asam pH serta sebagai bahan pembersih wajah. Gangguan yang sering terjadi yaitu dapat menyebabkan reaksi alergi, iritasi mata, kulit dan rambut. TEA juga akan menyerap ke dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama, dan menjadi racun bagi tubuh yang berbahaya.

Merkuri

Fungsinya memutihkan kulit. Merkuri (raksa) paling sering ditemukan pada produk kecantikan, atau juga pada produk mascara. Merkuri dapat menyebabkan gangguan alergi, iritasi kulit, kerusakan saraf dan masalah kesehatan lainnya.

Talc

Bahan ini merupakan bahan kimia beracun yang sering terdapat dalam produk kosmetik seperti eye shadow, blush, deodoran, sabun, dan lain lain untuk menyerap kelembaban. Zat ini bersifat karsinogen yang kita ketahui dapat menyebabkan kanker, terutama kanker ovarium dan tumor paru-paru.

Partikel Nano

Partikel Nano sangat berbahaya jika menembus kulit manusia. Jenis khusus partikel nano yang paling berbahaya antara lain zinc oxide dan titanium dioxide, sering digunakan dalam lotion tabir surya dan krim.

Petroleum Distillates

Bersifat carcinogen bagi tubuh manusia. Bahasa lainnya adalah parafin cair yakni produk yang berasal dari destilasi minyak bumi. Petroleum Distillates banyak digunakan dalam kosmetik seperti mascara, bubuk bau kaki, dan lainnya.

Coal Tar

Bahan kimia ini juga bersifat carcinogen ketika masuk di kulit manusia. Coal Tar (tar batubara) sering digunakan pada produk kosmetik anti ketombe dan krim anti gatal.

Itulah beberapa bahan zat kimia berbahaya yang sering terdapat pada kosmetik yang harus anda hindari. Semoga informasi ini bermanfaat, dan tetap berhati-hati dalam memilih produk kecantikan atau pilihlah produk yang berbahan dasar alami yang memiliki tingkat keamanan lebih baik. Terima kasih salam sukses untuk anda, kapan-kapan mampir lagi ya ! Ws Wr Wb.