GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Cara Install Codec Dengan Windows Media Player | Musttrie's Blog

Wednesday, February 20, 2013

Cara Install Codec Dengan Windows Media Player



Cara Install Codec Windows Media Player (WMP)

Cara ini dapat digunakan agar Windows Media Player bisa membuka semua jenis format video yang sering dipakai saat ini seperti 3GP,.MKV,.ASF,.FLV,.MOV dsb. Mungkin anda pernah membuka file video yang tidak mampu dibaca oleh WMP, itu karena WMP tidak support terhadap format file yang ada. Dengan Cara Install Codec Windows Media Player, maka masalah ini bisa teratasi.
Agar Windows Media Player bisa digunakan untuk memainkan semua jenis file baik audio maupun video, maka anda perlu menambahkan codec agar WMP mengenali file multimedia yang ada dan dan bisa memainkannya. Codec merupakan metode kompresi sebuah file, yang digunakan untuk melakukan encode atau menyimpan sebuah media dan membukanya kembali dengan cara decode.

Untuk melakukan hal ini anda perlu Download K-Lite Mega Codec Pack, http://www.softpedia.com/progDownload/KLite-Mega-Codec-Pack-Download-15909.html

Setelah download, tutup internet browsernya dulu, agar lebih mudah dalam instalasi.

Silakan buka dan jalankan file setup hasil download dan lakukan instalasi sesuai petunjuk.
Pada saat muncul tampilan komfirmasi '' Select Components '' silakan pilih playback only (without player) atau profile 4. Bisa juga pilih nomor 3 jika ingin menggunakan WMP sebagai media player online.


Silakan ikuti langkah selanjutnya. Pada select additional tasks anda bisa sett sesuai keinginan seperti centang pada kotak di bawah setting dan pada hide systray icons


Pada jendela file associations pilih '' Windows media player '' sebagai media utama pemutar file multimedia anda.

Pada jendela file associations for Windows media player, pilih semua jenis file video yang akan terasosiasi pada Windows Media player (beri centang) seperti 3GP,.MKV,.ASF,.FLV,.MOV dsb, dan jika Anda ingin menggunakan player pemutar file audio dengan perangkat lain seperti misal Winamp, maka jangan centang jenis tipe file audio yang ada.

Di sini akan diatur agar Windows Explorer mampu menampilkan thumbnail dari file-file video yang ada. Beri tanda centang pada semua pilihan.

Pada jendela Thumnail silakan centang pada semua pilihan lalu ikuti proses selanjutnya sampai instalasi selesai.

Untuk keperluan jika suatu saat anda salah dalam mengutak-atik codec dan akan kembali ke aturan awal maka anda bisa mereset dengan masuk melalui Start > All Programs > K-Lite Codec Pack -> Reset to recommended settings.


Dan dengan demikian jika semuanya sukses, anda sudah bisa menikmati multimedia video melalui Windows media player, selamat mencoba !

KlikSaya.com


1 comment:

Dama Rayadi said...

Makasih gan, udh berhasil (y)