Thursday, December 6, 2012

Tips Diet Sehat Ala Mediterranean

Diet sehat ala Mediterranean Diet

Cara diet sehat Mediterranean merupakan tips diet dengan menu makanan yang banyak mengandung sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang disajikan dalam bentuk segar, tanpa diolah, beserta roti berbahan dasar gandum yang sehat. Pola makan sehat yang diterapkan masyarakat Mediterranean di sekitar laut Mediterranean (Itali, Yunani, Spanyol dll) ternyata sangat memiliki dampak yang sangat baik terhadap kesehatan masyarakat disana. Jika di wilayah lain seperti Amerika kasus kematian akibat penyakit jantung terus meningkat, maka hal ini tidak berlaku untuk masyarakat Mediterranean.

Masyarakat Mediterranean hanya mengonsumsi sedikit daging sapi, kambing dan lainnya dan ini merupakan alasan mengapa kasus penyakit kardiovaskuler di sana sangat rendah. Sumber protein yang aman bagi jantung seperti ikan, kacang-kacangan, asam lemak tak jenuh yang berasal dari minyak olive juga menjadi menu sehat ala Mediterranean serta didukung oleh mobilitas, aktivitas fisik masyarakat yang cukup tinggi. Sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dalam Mediterranean diet sudah sangat umum di konsumsi.


Gaya menu sehat masyarakat Mediterranean banyak ditemui di restoran Spanyol, Itali dan juga lainnya. Sajian yang mereka hidangkan akan dipenuhi bermacam sayur dan buah seperti salad, tomat iris, buah korma, zaitun, biji-bijian, bawang bombay, dan daging tuna yang dihaluskan. Hadir dengan sayur yang tampak sangat segar dan tidak dimasak tetapi  hanya  dituangi minyak olive atau zaitun, dan bumbu tanpa garam. Untuk hidangan lainnya terdapat anggur merah, minyak olive, dan cuka sebagai pelengkap, Untuk hidangan lainnya lagi ada nasi dengan warna kuning cantik yang dicampur kacang polong, dan ikan salmon yang dimasak dengan di steam serta ditaburi merica serta lemon plus juga hidangan cuci mulut beberapa buah segar.Sayuran, buah-buahan dalam bentuk segar adalah antioksidan dan vitamin yang berperan dalam rendahnya penyakit kardiovaskuler. Diet Mediterranean ini sangat sederhana, bahan dasarnya terdiri dari sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, kedele, biji-bijian, minyak olive, gandum (whole grain), beras Ikan, seafood, ayam, telur, mentega,yoghurt dan pasta. Itulah Tips Diet Sehat Ala Mediterranean yang mungkin bisa kita tiru dan terapkan.