GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Tanda-tanda Jantung Tidak Sehat | Musttrie's Blog

Saturday, April 14, 2012

Tanda-tanda Jantung Tidak Sehat



Mengenali tanda-tanda Jantung tidak sehat merupakan langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya gangguan jantung lebih lanjut. Di indonesia penyakit Jantung menjadi pembunuh terbesar nomor dua setelah kanker. Jantung memberikan makan melalui aliran ke berbagai organ tubuh bersama-sama dengan arteri, jika kedua organ ini mengalami gangguan maka akan menimbulkan gejala gangguan yang muncul di berbagai bagian tubuh.Tanda-tanda Jantung tidak sehat bisa ditunjukkan dalam berbagai indikasi yang muncul. Jika mengalami tanda-tanda seperti yang tertera dibawah maka Anda perlu waspada dan sebaiknya check-up ke dokter.




Tanda-tanda Jantung tidak sehat:

1. Sesak napas atau pingsanSering merasa pusing.

Lebih dari 40 persen perempuan berdasarkan penelitian sering mengalami sesak napas sebelum serangan jantung terjadi. Serangan sesak nafas ini sebenarnya merupakan tanda-tanda gejala jantung yang tidak sehat. Gejala inilah yang sering diabaikan dan dianggap sesuatu yang biasa. Susah bernapas, pusing atau pingsan secara mendadak tanpa diketahui sebabnya, bahkan saat tengah melakukan pekerjaan dihari-hari biasa. Penyebab kondisi ini dikarenakan jantung kekurangan oksigen. Darah yang mengalir melalui arteri untuk membawa oksigen ke jantung tidak cukup. Terjadi penumpukan plak yang membuat jantung tidak mendapatkan oksigen secara cukup, inilah yang menyebabkan penderita merasa kesakitan saat menarik nafas dalam-dalam.

2. Gangguan seksual Pada Laki-laki

Terjadinya disfungsi ereksi dan sulit menjaga kondisi ereksi tetap baik bisa menjadi salah satu tanda seseorang terserang gejala jantung koroner. Nah, bila ada tanda-tanda seperti ini datang ke dokter menjadi cara yang baik guna mengantisipasi serangan jantung. Terjadinya penyempitan pembuluh darah arteri di sekitar jantung atau mengeras akan berdampak pada pasokan darah ke penis, ini menyebabkan seseorang kesulitan dalam ereksi.

3. Leher Sakit

Tanda-tanda leher yang sakit seperti tertarik, dan ini terjadi terus menerus dan berlangsung cukup lama juga perlu diwaspadai. Seseorang jarang menyadari bahwa gejala seperti ini telah terjadi sebelum mereka menderita sakit jantung, dan baru menyadari setelah pasien mengalami serangan jantung secara nyata. Pegal, sakit dan rasa seperti tertarik di leher terjadi akibat ketegangan otot yang kadang tidak diperhatikan oleh penderita dan lebih memperhatikan rasa sesak atau sakit di bagian kiri dada.
Saraf dari jaringan jantung mengantarkan sinyal rasa sakit menuju sumsum tulang belakang secara turun naik yang membentang menuju leher, bahu dan tidak terletak pada satu titik.

4. Rahang dan Telinga sakit tanpa sebab

Jantung koroner kadang juga menunjukkan tanda dan gejala seperti sakit pada rahang yang terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Sepanjang rahang sampai ke telinga terjadi sakit yang tak jelas dari mana sumbernya. Jaringan jantung yang rusak mengirimkan sinyal sakit ke sumsum tulang belakang, dan ini mempengaruhi saraf di sepanjang rahang sampai telinga dan menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit akan menyebar dan tidak terpusat pada titik tertentu, bahkan kadang terasa di bagian bahu dan lengan sebelah kiri.

5. Gangguan Pencernaan, seperti perih dan mual.

Mengenali tanda-tanda Jantung tidak sehat. Tanda-tanda awal serangan jantung atau myocardial infarction sering ditandai dengan gangguan pencernaan, terutama pada perempuan. Perempuan mempunyai kemungkinan 2 kali lebih banyak dibanding laki-laki menjelang serangan jantung seperti muntah, mual dan gangguan pencernaan yang berkepanjangan. Ini disebabkan sumbatan lemak di pembuluh arteri yang mengurangi aliran darah ke jantung yang berdampak di daerah dada dan juga perut, tergantung pada jantung bagian mana yang mengalami gangguan. Demikian tanda-tanda umum gejala gangguan jantung yang sering di alami penderita dengan mengenali tanda-tanda Jantung tidak sehat.


Makanan sehat untuk Jantung sehat dan kuat sangat penting dikonsumsi mengingat jantung sangat vital dan rentan terhadap gangguan. Betapa tidak, jantung menjadi salah satu penyakit yang menakutkan dan menjadi momok bagi kita, mengingat jantung salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Untuk menjaga jantung tetap sehat dan kuat menjadi sarat mutlak bagi setiap orang agar terhindar dari penyakit berbahaya ini. Hindari makanan kolesterol, berminyak maupun alkhohol dan konsumsilah makanan makanan sehat untuk jantung sehat dan kuat. Olahraga teratur, tidak merokok dan menghindari alkohol memang bisa menjaga jantung sehat. Makan makanan bernutrisi lengkap secara teratur bisa mempertahankan kesehatan jantung secara optimal. Pola hidup sehat,disiplin, olahraga teratur, dan makan makanan sehat bergizi dengan nutrisi lengkap adalah faktor penentu jantung sehat


Makanan sehat untuk Jantung sehat dan kuat tak bisa ditawar-tawar lagi. Nah, jika Anda ingin lebih mengetahui makanan yang sehat dan baik untuk jantung konsumsilah makanan-makanan berikut, karena ini sangat bagus untuk menjaga jantung yang fit dan kuat. Ya, Apel salah satu buah yang baik sekali untuk memberi nutrisi yang bagus bagi jantung dengan kandungan fitokimia ”quercetin” yang berfungsi sebagai anti peradangan serta membantu mencegah penggumpalan darah. Apel kaya akan serat dan menjadi nutrisi yang bertugas menjaga kesehatan jantung. Jadi konsumsi Apel setiap hari untuk memenuhi nutrisi sehat bagi jantung Anda. Selain Apel kita juga perlu mengkonsumsi makanan lain agar kita tidak bosan dan sebagai variasi menu makanan.


Makanan yang baik untuk Jantung.

- Sayuran-sayuran hijau seperti bayam, brokoli, pak choy, dan kangkung. Sayuran ini kaya akan kalori, serat, asam folat, kalsium, kalium, magnesium serta rendah lemak. Sayuran hijau bisa menurunkan resiko penyakit jantung sebanyak 11% jika dikonsumsi secara rutin dan cukup.

- Minyak zaitun dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dan antioksidan yang baik untuk memelihara jantung.

- Oats. Makanan ini mengandung beta glucan berupa serat yang larut dalam air, baik untuk membantu menurunkan kadar kolestrol LDL (kolestrol buruk) dalam darah, dan berdampak baik menjaga fungsi jantung.
- Biji-bijian antara lainGandum, cantel, dan jenis biji – bijian lain. Jenis ini memiliki serat alami, vitamin E, magnesium, zat besi dan antioksidan yang baik untuk jantung serta bisa mengurangi tekanan darah agar tetap sehat.

- Red Wine, dengan kandungan senyawa yang baik untuk melindungi kesehatan jantung dan terbukti baik untuk jantung karena memiliki antioksidan tinggi yakni resverartrol.

- Kedelai dengan protein yang telah terbukti baik untuk mencegah gangguan serangan jantung karena protein dalam kedelai sangat baik untuk mengganti protein daging merah. Kedelai bisa diolah menjadi berbagai menu yang bervariasi seperti tempe, tahu, dan lainnya.

- Tomat, vitaminnya bisa bertindak dan berfungsi sebagai pembersih darah. Resiko penyakit jantung bisa berkurang jika kita makan tomat secara teratur. Bisa dikonsumsi sebagai makanan lalapan segar atau campuran salad.

- Apel, dengan kandungan fitokimia yang disebut quercetin membantu mencegah penggumpalan darah dan bersifat anti peradangan, selain itu juga memiliki kandungan serat dan vitamin yang bagus untuk jantung. Apel bisa dicampur dengan kacang kenari dan almond agar lebih lengkap.

- Almond, baik untuk menurunkan kadar kolestrol dan resiko penyakit jantung dengan kandungan vitamin B17, E dan mineral seperti zat besi,magnesium, dan sumber lemak tak jenuh tunggal.
Makanan sehat untuk Jantung sehat dan kuat menjadi kebutuhan utama dan perlu menjadi bagian dari gaya hidup kita. Kini pahami dan kenali tanda-tanda Jantung tidak sehat, semoga bisa menjadi referensi agar kita lebih berhati-hati.




KlikSaya.com