Selasa, 30 Juni 2015

Cara Atasi Video Yang Tidak Pas Dengan Suaranya

Musttrie azalah - Cara edit mengatasi Video yang tidak pas (tidak selaras) dengan suaranya. Pernah melihat video atau film dimana gerakan mulut orang yang berbicara tidak bareng atau tidak pas dengan suara yang dikeluarkan? mulutnya dah gerak...eee  suaranya nusul belakangan..jengkel to...! Kebetulan saya pernah menemui kasus seperti ini, dari sebuah video dokumentasi acara hajatan teman yang kasusnya sama, suara tidak sinkron dengan gambar, singkat cerita terpaksa harus di edit ulang.

Terkadang proses editing video yang kurang teliti bisa menghasilkan video yang tidak sempurna dan salah satunya seperti kasus ini. Secara umum masalah ini disebabkan Bitrate yang tidak konstan atau tidak tepat. Satu satunya jalan ya perlu editing ulang, dan jika video anda dalam bentuk keping DVD, anda bisa copy dulu video ke PC. Untuk selanjutnya cara mengatasi masalah ini kita bisa menggunakan bantuan sebuah software bernama MKV ToolNix. Pada proses editing butuh kesabaran dan ketelitian dan harus di cek berulang dari awal hingga akhir sebelum benar benar di konversi atau disimpan hasilnya.

Untuk proses mengatasi Video yang tidak pas dengan suaranya ini silakan anda download dulu software matroska MKV ToolNix, silakan cari di google atau silakan klik disini. Setelah itu instal softwarenya lalu jalankan untuk yang mkv merge GUI -nya saja. Silakan lihat gambar dan penjelasan berikut.


1. Klik add untuk memasukkan file video yang akan di edit/disesuaikan.

2. Pada "Tracks, Chapters and Tags", klik type audio yang akan anda edit (lihat gambar), lalu pada tab "General track options" isi nama filenya (untuk disimpan) di Track name.

3. Silakan klik tab “Format spesific options”.

4. Anda bisa menggunakan opsi "delay", dengan ketentuan seperti ini; nilainya menggunakan satuan ms (mili second) artinya 1000ms = 1 detik. Kita beri contoh kasus misal gerakan video berada di detik 40, tetapi suara baru muncul di detik ke 45, maka yang anda masukkan adalah nilai negatif(-) yaitu -5000 (karena selisih 5 detik). Sedangkan jika kasus adalah sebaliknya misalkan suara muncul di detik 40, sedangkan gambar baru muncul di detik 45, maka yang anda masukkan adalah angka 5000.

5. Berikutnya untuk melakukan stretch, silakan anda masukkan nilai di bagian "Stretch by", bisa dengan dikira-kira dulu lalu anda test hasilnya kemudian. Jika kurang pas bisa anda ulangi lagi proses ini. Nilai dalam bentuk pecahan dan untuk memasukkan nilai pecahan bisa berupa koma, misal untuk nilai lebih dari 1, anda memasukkan : 1.001 atau 1001/1000 sama saja, artinya video akan dibuat dengan durasi audio jadi lebih panjang. Sedangkan nilai kurang dari satu (misalnya: 0.900 atau 900/1000) maka nilai ini akan membuat durasi audio menjadi lebih pendek.

6. Setelah pengaturan beres semua, klik  “Start muxing”.

Simak juga Cara Atasi Video Tidak Selaras Dengan audio Pada MPC

Cara diatas untuk mengatasi video yang tidak selaras antara gerak gambar dan suara yang dihasilkan, termasuk seperti kasus misalnya saat pertama diputar video dan audio masih pas, tetapi lama kelamaan gerak gambar tidak bareng lagi dengan suaranya ini karena bitrate yang tidak konstan atau semakin melambat. Silakan anda eksplorasi sendiri lalu lalukan uji-coba dengan cara merubah nilai Stretch by ataupun delay, hingga mendapatkan hasil yang pas. OK teman..itu pengalaman saya, semoga bermanfaat.

TIPS SEPUTAR FLASH HP
Cara-flash-nokia-e63-rm-437-tanpa-box
Cara-flashing-samsung-galaxy-gio-gt-S5660
Upgrade-samsung-galaxy-y-gt-s5360-ke JELLY BEAN
Download-ota-custom-rom-jellybean-411
Cara-instal-jelly-blastv3
Cara-menghapus-aplikasi-bawaan-dengan mudah
Cara-membuat-backup-rom-android-via-spflashtool
Cara-flash-advan-vandroid-s4-via USB
Cara-flashupgrade-oppo-joy-r1001-tanpa PC
Cara-backup-stock-rom-android-pakai-mtkDroid tool
Cara-menambah-bahasa-indonesia di hp anda
Cara-hard-reset atasi-lupa-kunci-pola
Download-dan-instal-cwm-recovery-untuk Evercross A7T
Cara-mencari dan instal-cwm-recovery-semua merk
Cara-flashing-via-cwm-samsung-galaxy Young GT-S5360
Cara-membuat-sendiri-cddvd-instaler windows pakai NERO
Cara-mudah-root-samsung-galaxy-young GT-S5360 tanpa PC
Cara-install-cwm-backup-rom-samsung Galaxy Young S5360
Coftware-cara-flashing-oppo-neo-3-r831k
Cara-alat-flashing-tablet-axioo-picopad 7 GGG
Cara-mount-file-iso-atau-install software format ISO
Cara-atasi-error-code-0x80070437 firewall win7
Cara-flash-oppo-joy-r1001-berhasil
Cara-membuka-kuncihard-reset-evercoss a5k
Cara-menggunakan-android-sebagai-modem

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Blogs nya keren mas, coba diupdate dunk tiap hari gitu. saya bookmark kalo gitu tar, sekalian numpang ya blogs saya yang ini Power Bracelet Akforce

Anonim mengatakan...

Aw, this was an extremely nice post. Taking a few minutes
and actual effort to make a really good article… but
what can I say… I put things off a lot and don’t
manage to get anything done.

properti jabodetabek