GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Cara Membuat Icon File .ico Dengan Photoshop | Musttrie's Blog

Wednesday, August 5, 2015

Cara Membuat Icon File .ico Dengan Photoshop

Berikut cara membuat icon file .ico menggunakan Photoshop dengan mudah. Kita butuh plug-in ICO yang berguna untuk membuat icon dengan ekstensi .ico dan harus dipasang sendiri ke instalasi program photoshop. Selengkapnya langkah cara membuat icon file .ico menggunakan Photoshop dengan mudah.

Cara membuat icon file .ico menggunakan Photoshop dengan mudah. Icon file berupa gambar, digunakan untuk memberikan symbol atau tanda terhadap sebuah file, folder atau lainnya yang dibuat atau dimiliki. Bagi mereka yang sering membuat aplikasi, E-book atau software pasti sering melakukan ini, membuat ICON file dengan ekstensi .ico untuk memberi simbol khusus dari jenis file yang ada.

Download plug-in untuk membuat icon file .ico pada Photoshop, kemudian silakan pasang/tempatkan file-nya ke lokasi instalasi program adobe photoshop anda yaitu di dalam folder plug-in dari photoshop. Setiap file memiliki icon unik tersendiri, menjadi simbol yang memberikan tanda unik baik file, folder dan lainnya.

Mungkin ada banyak cara yang bisa kita pakai untuk membuat file icon (.ico) dan tutorial di internet banyak sekali. Tetapi kali ini saya ingin berbagi tips cara membuat file ico menggunakan Photoshop. Karena secara default, Photoshop tidak memiliki fasilitas untuk membuat file icon, maka kita harus menambahkan sendiri sebuah plug-in khusus di Photoshop kita.

Download plug-in ICO for Photoshop

Pilih versi sesuai windows anda (32bit) aau (64bit). Setelah download, disitu ada sebuah file .zip bernama ICOFormat-1.93b1-win-photoshop-plugin.zip. Silakan ekstrak dulu, maka anda akan mendapatkan sebuah folder dan file plug-in.

Selanjutnya silakan anda menuju ke system di C:\  cari dimana program aplikasi Photoshop terinstal, kemudian anda cari folder Plug-Ins dari Photoshop tersebut. Sebagai contoh di laptop saya ada di C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS6 (64 Bit)\Plug-ins.


Nah, sekarang buatlah sebuah folder baru dan taruh di dalam folder plug-ins ini, beri nama ICOFormat, selanjutnya masukkan dua file yang kita download tadi ke dalam folder Ico Format tersebut.

Selanjutnya, silakan buka program photoshop anda, lalu buat lembar kerja baru dengan ukuran persegi, biasanya ukurannya hanya kecil mulai dari 32x32 pixel hingga maksimal 400 pixel. Anda bisa buat icon gambar, tulisan dan lainnya (bebas). Setelah selesai membuat icon, Save file yang telah Anda buat, pilih ekstensi ICO (Windows Icon) (*.ICO,*.CUR) dan ICO Format, pilih Standard ICO, OK.

Pembuatan icon sudah selesai. Dan selanjutnya Anda bisa mengganti icon file dengan milik sendiri.

Cara mengganti icon file adalah sbb:

Klik kanan nama file atau folder anda lalu pilih Properties. Pada tab Shortcut pilih Change Icon...

Lalu klik Browse (cari lokasi file anda)  > pilih nama file icon-nya > open > Apply > OK.



Dan sekarang icon file/folder sudah berganti, selamat anda berhasil membuat icon file .ico menggunakan Photoshop.
KlikSaya.com


No comments: