GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Atasi TV Warna belang-belang Seperti Pelangi | Musttrie's Blog

Monday, March 30, 2015

Atasi TV Warna belang-belang Seperti Pelangi

Ingin tahu penyebab TV warnanya jadi belang-belang (degausing) seperti pelangi dan solusi cara mengatasinya. TV Warnanya belang-belang seperti pelangi. Gambar yang harusnya warna hijau menjadi merah, biru dan sebagainya. Gambar wajah/orang kadang-kadang ada warna biru, merah, hijau dan macam-macam pokoknya campur aduk seperti warna pelangi. Jika kita pindah ke AV maka layar yang biasanya biru berubah menjadi banyak warna seperti ada biru hijau merah dan sebagainya.

Dari pengalaman saya penyebab TV warnanya jadi belang-belang seperti pelangi dan solusi cara mengatasinya lumayan simple. Kondisi ini bisa saja terjadi saat kita memindah TV atau menata kembali ruangan dengan menggeser posisi TV yang ada. Kita tahu TV juga dipengaruhi oleh medan magnet terutama pada layar CRT(tabung). Nah perubahan medan magnet disekitarnya bisa jadi mempengaruhi pergeseran warna pada TV anda.


Sedikit penjelasan bahwa pada TV tabung pengaruh perubahan medan magnet akan berdampak pada komposisi warna. Jika kita membuka TV dan lihat di bagian tabung disana terdapat kabel perak yang mengelilingi tabung, itulah yang bertugas mengendalikan medan magnet pada pesawat TV. Kabel ini dihubungkan ke rangkaian (biasanya dengan soket kabel) dan disana jika kita perhatikan terdapat komponen kotak hitam (didekat soket tersebut) yang disebut PTC. Dialah komponen yang mengontrol medan magnet dan mengalir ke kabel perak tadi.

Solusi yang bisa kita lakukan adalah:

* Pertama coba dulu gunakan magnet (bisa pakai speaker) untuk mengatasi hal diatas. lalu nyalakan TV dan pindah ke posisi AV (video), ini untuk mempermudah saja. Selanjutnya silakan pegang dan dekatkan magnet di depan layar TV agak sebelah kiri atau kanan lalu geser-geser posisi magnet yang anda pegang tadi, lalu perhatikan perubahan warna dilayar. Jika pada posisi AV tampilan layar warna biru, maka pastikan warna pada layar menjadi full warna biru.Misal di sudut kiri atas warna masih berbeda, maka dekatkan magnet sambil perhatikan perubahan warnanya, jika warna sudah berubah dan sama (biru) maka segera jauhkan magnetnya, lakukan sampai semua layar menjadi full dengan warna yang sama.

* Jika cara diatas belum berhasil, silakan buka dan cek di bagian kabel perak tabung, cek dengan multitester dengan skala 10k. Lihat juga saluran soket yang terhubung ke rangkaian apakah terpasang baik atau tidak. Kemudian cek juga PTC (komponen kotak hitam) biasanya ada didekat soket tersebut, mungkin sudah rusak (misal kaki goyang), silakan ganti dan untuk ukurannya juga harus sama, karena jika tidak cocok biasanya layar tidak akan nyala.

Jika masalah TV hanya seperti diatas maka kemungkinan besar cara mengatasi TV yang warnanya jadi belang-belang (degausing) seperti pelangi bisa teratasi. Semoga membantu dan senang berjumpa dengan anda.
KlikSaya.com


No comments: