GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Edit Foto Lebih Halus Bersih Dan Menarik Photoshop | Musttrie's Blog

Friday, December 19, 2014

Edit Foto Lebih Halus Bersih Dan Menarik Photoshop

Membuat foto lebih halus dan menarik dengan Photoshop. Jika bicara edit foto agar tampak lebih bersih, halus, modis dan menarik , maka pilihan kita kebanyakan menggunakan photoshop untuk membuat foto lebih halus, bersih tanpa noda bahkan kita bisa membuat hidung lebih mancung atau menghilangkan jerawat yang ada di wajah, foto lebih bersih modis dan artistik via Photoshop.

Kita akan membuat foto temen saya jadi lebih OK (saya ambil dari FB):

Pertama saya akan membuat face lebih bersih.


Buka foto yang akan diedit , kemudian tekan ctrl+J, untuk membuat duplicate layer, maka muncul layer 1 diatasnya (diatas background).


Klik di background, lalu klik Filter > Blur > Gaussian blur... Atur radius ke 7.0 pixel.
Klik di layer 1 (hasil duplikat tadi) lalu klik icon add layer mask yang ada dibawah background layer (lihat gambar).

Klik kotak putih di layer 1, lalu klik icon Brush tool , atur size dan opacity sesuai kebutuhan. Untuk bagian yang sempit size-nya kira-kira di bawah 10 saja, dan opasity juga dibawah 10 misal 6 atau 7. Pastikan foreground/background-nya dengan hitam diatas putih (tekan tombol D)


Setelah klik di Brush tool, lalu brushing wajah (tekan/tahan mouse) sambil drag secara berulang-ulang. Untuk bagian yang lebih detil gunakan size yang lebih kecil dan hindari brushing berlebihan di bagian detail, warna lebih gelap atau garis-garis wajah agar perbedaan warna tetap nyata. Lakukan berulang hingga wajah tampak bersih dan halus.

Jika anda ingin menghilangkan jerawat atau tahi lalat bisa menggunakan clone stamp tool atau patch tool (klik lalu lingkari noda pakai mouse. Drag mouse ke kulit yang bersih dan warna yang senada) Setelah hasilnya sudah OK, gabungkan kedua layer ( klik kanan layer 1 > merge down).

Kita lanjut dengan merubah warna rambut menjadi kemerahan, bagaimana caranya? anda bisa baca disini untuk cara merubah warna rambut. Secara singkat untuk merubah warna rambut adalah dengan membuat seleksi pada bagian rambut menggunakan freeform pen tool.

Klik pada freeform pen tool, lalu drag mouse mengikuti bentuk/garis rambut hingga hasilnya ketemu di titik yang sama. Klik kanan di dalam area seleksi rambut, lalu make selection (pakai  5 pixel). Rambut akan muncul dengan garis putus-putus, sekarang klik di create new fill Or adjustment layer (samping add layer mask), lalu pilih Hue/saturation dan ganti blending mode dari Normal menjadi Color, serta centang di colorize. Sekarang atur size sesuai keinginan. Setelah beres lalu gabungkan hasilnya (klik kanan di Hue/saturation > merge down) dan simpan perubahannya (save).


Sekarang kita mau nyoba lagi edit foto menjadi ala gambar lukisan.
Pada gambar ke 2, cara membuat foto menjadi lukisan telah ditulis sebelumnya di posting terdahulu. Cara membuat foto menjadi lukisan bisa lihat disini.

Secara singkat bisa kita sampaikan seperti ini:

- Duplikat background layer (ctrl+J), dan hasilnya bernama layer 1.
- Pada layer 1, klik kanan > Convert to smart object.
- Tekan ctrl+J , sebanyak dua kali. (tujuannya; untuk duplikat dua lagi)
- Matikan mode visibilitas (klik; icon mata) pada dua layer teratas.
- Klik di layer 1 (no.3 dari ratas), lalu klik Filter > filter gallery > Artistic > cutout.
- Lalu atur size-nya > OK. Ubah blending mode dari Normal ke Luminosity.


- Nyalakan lagi mode visibilitas, pada layer no 2 dari atas, lalu klik di layer tersebut.
- Kembali ke Filter > filter gallery > Artistic > Dry brush > atur size > OK.
- Ubah blending mode dari Normal ke Screen.


- Nyalakan mode visibilitas layer paling atas, lalu klik di layer-nya.
- Klik Filter > Noise > Median > ubah jadi 12 pixel > OK.
- Ubah blending mode dari Normal ke Softlight.
- Gabungkan semua layer dengan klik kanan layer teratas > merge visible > simpan.


HASIL DUA FOTO ALA LUKISAN

Sedangkan untuk gambar lainnya, menggunakan pluggin (harus kita instal sendiri) yakni topaz lab > topaz clean 3 dan memilih efek cartooned + add an adjustment.

Mohon maaf jika masih banyak kekurangan, karena ini juga masih dalam tahap belajar dan ingin untuk berbagi pengalaman, semoga bisa bermanfaat dan terima-kasih kunjungannya.
KlikSaya.com


No comments: