GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Cara Merubah Warna Rambut Dengan Photoshop | Musttrie's Blog

Saturday, July 19, 2014

Cara Merubah Warna Rambut Dengan Photoshop

Cara merubah warna rambut dengan photoshop. Membuat variasi warna rambut, merubah warna rambut menjadi pirang / kemerah-merahan, hitam kebiru-biruan dan lainnya dengan menggunakan adobe photoshop. Bagi yang hoby dengan photoshop, suka membuat kreasi dan variasi salah satu trik kali ini adalah merubah warna rambut menjadi berbeda dengan efek tertentu.

Berikut langkah merubah warna rambut:

Berikut adalah contoh dengan meminjam foto teman saya. Silahkan buka foto yang akan di edit warna rambutnya. Seleksi bagian rambut dengan menggunakan tool (P), ada beberapa cara untuk ini, anda bisa menggunakan freeform pen tool (P), lasso tool ataupun quick selection tool (W). Untuk cara yang  paling mudah bisa memakai freeform pen tool (tekan dan drag mouse mengikuti garis rambut). Anda boleh membuat seleksi tidak terlalu rapi atau melebihi dari garis rambut / tidak harus pas, karena nanti masih akan di rapikan lagi/dihapus bagian yang merembet. Setelah selesai membuat garis seleksi, arahkan mouse ke tengah area garis seleksi rambut tadi, lalu klik kanan dan pilih make selection, maka akan muncul garis putus-putus.


Selanjutnya klik ikon create new fill or Adjustment Layer (ada di bagian bawah layer dengan icon bulat kecil) lalu pilih Hue/Saturation. Akan muncul kotak properties-Hue/Saturation. Klik (centang) pada colorize dan this adjustment effect...Clip to the layer dan ganti blending mode dari normal menjadi color. Selanjutnya atur (geser) tombol untuk merubah warna sesuai pilihan anda. Untuk lebih jelasnya lihat gambar untuk letak masing-masing icon/tool.

kotak properties

Setelah warna sudah sesuai keinginan, klik icon mask yang ada disebelah Hue/Saturation (masih di kotak properties), pastikan layer mask muncul dikotak properties dan dikotak layer hue/saturation ada tanda kotak. Ini berfungi untuk melakukan masking yaitu untuk merapikan agar hasil yang kita peroleh lebih sempurna.

Untuk melakukan masking dengan cara, ubah dulu warna foreground/background (tekan tombol D) lalu pastikan (ubah) foreground ke hitam dan backgroundnya putih atau warna hitam berada diatas putih. Selanjutnya pilih Brush Tool (B) dan sapukan Brush kebagian yang akan dibersihkan misalnya warna efek yang merembet kewajah dan lainnya.


 Dibawah ini gambar letak tombol/icon yang anda perlukan


Jika semua sudah beres tinggal menggabungkan gambar efek yang kita buat dengan foto asli atau lebih jelasnya menggabungkan Hue/Saturation dan background. Caranya klik kanan pada layer Hue/Saturation lalu pilih merge down. Setelah itu simpan (file - save as - pilih JPEG).


Dua hasil foto kurang lebih seperti ini.



Mungkin anda bisa membuat lebih halus lagi dengan cara menghaluskan foto dengan photoshop yang bisa anda baca dijudul lainnya disini. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa berjumpa dilain waktu. Sekian tips Cara Merubah Warna Rambut Dengan Adobe Photoshop. Selamat beraktivitas mudah-mudahan bertemu lagi di lain kesempatan. Kunjungi pula blog saya di http://gumregut.blogspot.com/
KlikSaya.com