GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Cara Merekam Aktivitas Komputer Sedang Berjalan | Musttrie's Blog

Tuesday, November 12, 2013

Cara Merekam Aktivitas Komputer Sedang Berjalan

Untuk merekam aktivitas atau kegiatan Komputer yang sedang berjalan menjadi sebuah video ternyata tidak susah. Anda bisa merekam aktivitas yang tengah di jalankan pada komputer dengan menggunakan bantuan software. Ini berguna jika anda ingin membuat semacam tutorial yang nantinya bisa dilihat oleh orang lain.

Untuk merekam aktivitas atau kegiatan Komputer yang sedang berlangsung adalah menggunakan sebuah software desktop recording dan salah satunya bernama CamStudio yang free atau gratis dan hasilnya cukup memuaskan.


Cara merekam kegiatan Komputer yang sedang berjalan:

~ Silakan Anda Download CamStudio di  http://camstudio.org/

~ Setelah download, lalu install di komputer. Sebagai gambaran, ada tiga tombol utama pada camstudio, yaitu tombol merekam, pause dan tombol stop.

~ Tombol warna merah: tombol untuk memulai merekam desktop recording. Saat anda mulai merekam, dan melakukan minimize camstudio maka akan minimize ke sistem tray.
    
~ Tombol hitam dua garis berjajar: tombol pause untuk menghentikan sesaat perekaman anda.

~ Tombol biru: tombol stop merekam dan untuk hasil video dalam format AVI.

~ Jika anda tidak ingin mengedit hasil rekaman yang telah selesai direkam (untuk membuat desktop recording seperti apa adanya), aktifkan menu Mimimize program on start recording.

~ Selanjutnya agar anda tidak perlu membuka kembali camstudio di sistem tray, anda bisa menggunakan shortcut F9 untuk stop recording. Untuk mengatur shortcut key anda bisa masuk di bagian menu Options -> Program options -> Keyboard shortcuts. Silakan anda coba-coba sendiri tentu akan lebih familiar.

Demikian cara merekam aktivitas atau kegiatan Komputer yang sedang berlangsung (berjalan) menjadi sebuah video, semoga cukup jelas, selamat mencoba.
KlikSaya.com


4 comments:

Ayu Wandira Lestari said...

Thanks gan, untuk aplikasi perekam layar komputernya sangat bermanfaat

Rama Adiatna said...

good post

Anonymous said...

Ukurannya berapa itu gan?

berat g softwarenya?

ada yg lebih ringan?

miftakhul jannahk said...


terima kasih artikelnya
sekarang rekam desktop jadi lebih mudah
bisa langsung ke tkp