GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Cara Menyembunyikan Folder Tanpa Software | Musttrie's Blog

Tuesday, November 19, 2013

Cara Menyembunyikan Folder Tanpa Software

Bagaimana cara menyembunyikan Folder menjadi tidak terlihat pada komputer kita tanpa bantuan software? Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk menyembunyikan Folder menjadi tidak terlihat pada komputer, baik dengan membuat dua user account, bantuan software dan cara lainnya.

Cara menyembunyikan Folder menjadi tidak terlihat dengan sortware antara lain seperti Folder Lock, EncriptonClick, Folder Guard dan sebagainya. Anda bisa mencari sendiri di internet. Kali ini kita akan membahas cara menyembunyikan Folder menjadi tidak terlihat tanpa bantuan software.

Langkah-langkah menyembunyikan Folder:

~ Cari foldernya, lalu pada folder tersebut, lakukan klik kanan, lalu pilih Rename.

~ Sekarang tekan dan tahan tombol ALT , lalu tekan secara urut angka 0160 atau 255 pada keyboard.

~ Setelah selesai, lepaskan tombol ALT. Tekan Enter.

~ Jika berhasil, maka nama folder akan berubah menjadi isian kosong. Folder anda menjadi tak bernama. Selanjutnya kita akan menghilangkan folder tadi hingga tak terlihat.

~ Klik kanan pada folder , lalu pilih Properties. Pada bagian Customize, pilih change icon, untuk mengganti icon.

~ Tersedia banyak icon default/bawaan dari Windows, nah silakan cari dan temukan ikon putih kosong, lalu pilihlah icon kosong tersebut, pilih Ok dan Apply. Sampai disini folder anda sudah hilang. Sebenarnya folder tersebut masih ada berada disana. Jika anda mengklik kursor mouse pada bidang kosong disekitarnya maka folder akan ketemu kembali.

Nah, jika Anda hanya ingin menyamarkan sebuah file, bisa juga pakai cara berikut:

Cara jika Anda hanya ingin menyamarkan file agar tak bisa dibuka orang lain adalah dengan rename file tersebut (tekan F2 pada keyboard) atau klik kanan > Rename. Selanjutnya hilangkan ekstensi file misal jpg, flv, dll, lalu Enter . Bila muncul pesan klik OK. Ikon file akan berubah menjadi putih kosong seperti file yang tidak dikenali. File tersebut hanya bisa dibuka jika anda mengetikkan kembali format ekstensi aslinya (seperti semula) pada akhiran nama file.

Catatan:

Untuk menampilkan ektensi file, silakan anda atur di menu view, caranya buka windows explorer (tekan tombol windows + E pada keyboard), setelah muncul jendela windows explorer, lalu klik tulisan view (sebelah kiri atas), kemudian beri centang (klik) pada file name extentions (ada disebelah kanan). Maka setelah itu ektensi file akan muncul di belakang nama file anda, misalnya: file wordpad akan muncul .rtf di belakang nama file tersebut. File mp3 akan muncul .mp3, file mp4 akan muncul .mp4 dan sebagainya.

Bisa juga dengan cara mengetikkan/merubah ekstensi file dengan ekstensi lainnya, misalnya file format JPG diketikkan menjadi .XLS dsb, maka file tersebut akan berubah ikon menjadi XLS. Untuk membuka file tersebut harus me rename kembali.

Jika ingin folder di tempat aman anda bisa memindahkan folder tersebut ditempat sesuai pilihan anda. Misal di C:/windows/system32, untuk mengelabuhi orang lain. Selamat mencoba, dan cara ini cukup aman, salam sukses !
KlikSaya.com


2 comments:

james ismail said...
This comment has been removed by the author.
james ismail said...

makasih gan ane udah bisa nyembunyiin "file" ane

bitx64.blogspot.com