GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Cara Instal dan Menghidupkan Kamera Laptop | Musttrie's Blog

Tuesday, July 30, 2013

Cara Instal dan Menghidupkan Kamera Laptop

Mungkin anda bingung bagaimana cara menghidupkan Kamera Laptop yang mati atau tidak berfungsi. Pengalaman saya tentang cara menghidupkan Kamera Laptop dapat saya sharing disini. Kemarin saya mengganti OS windows 7, lalu saya ganti ke windows 8. Nah, ternyata ada masalah dengan kamera laptop yang tak bisa hidup. lalu saya coba instal drivernya, seperti langkah berikut ini.

Untuk mengistal driver kamera sebaiknya anda matikan dulu antivitus anda, karena biasanya antivirus akan mendeteknya sebagai virus saat anda menginstal driver kamera. Saat saya menginstal driver kamera laptop, saya matikan dulu AVG saya (anti virus yang saya gunakan).

Saya mulai cek pada device manager. jika pada windows 8, bisa  melalui klik kanan computer, lalu pilih > manage > device manager. Pada sebelah kanan-atas coba anda klik > more actions, lalu pilih > view kemudian klik > show hidden devices ( ini agar semua device bisa terlihat di jendela yang ada).




Selanjutnya anda lihat apakah imaging device ada pada jendela tersebut(seperti contoh di gambar saya. muncul nama Bison cam, NB Pro). Nah, jika seandainya pada nama Bison cam, NB Pro di gambar diatas ada tanda seru berwarna kuning di depannya, itu artinya driver kamera belum terinstal. Pada gambar diatas artinya driver kamera laptop sudah terinstal dengan baik, karena tidak ada tanda seru-kuning yang muncul.

Jika memang driver belum terinstal, maka anda perlu menginstal terlebih dahulu. Saat anda membeli laptop, biasanya disertai CD driver-nya bukan? Silakan instal menggunakan CD tersebut dengan memilih pada bagian DRIVER, lalu pilih untuk bagian webcam-nya. Atau jika memang anda tidak ada CD, bisa download webcam driver di internet dan cari yang sesuai dengan merk/tipe laptop anda, lalu instal.

Setelah instal, coba restart dulu laptop anda. Setelah itu, coba cek/pastikan driver sudah terdetek pada device manager tadi. Bisa anda cek di device manager seperti langkah awal diatas (tanpa tanda seru-kuning).

Nah, jika instal driver sukses, langkah selanjutnya anda juga perlu download software webcam-nya dulu, misalnya dari - Arcsoft (webcam companion) dan lainnya. Silakan instal hingga selesai. Sekarang anda buka aplikasinya, lalu coba anda tekan dulu tombol  Fn + tombol gambar kamera pada keyboard anda secara bersamaan selama beberapa detik, kalau punya saya, FN+F10.




Silakan anda tunggu sebentar dahulu, setelah itu, silakan coba klik capture untuk mencobanya, jika belum bisa coba klik tombol connect yang ada disana, dan ulangi berkali-kali, mungkin belum terdetek sempurna. Biasanya perlu berulang untuk bisa membuat connect. Selamat mencoba ya, jangan putus asa pasti bisa.
KlikSaya.com


7 comments: