Sunday, April 7, 2013

Manfaat dan Khasiat Mengkudu Sebagai obat


Kita tahu, Mengkudu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Mengkudu merupakan Analgesik alami yang baik untuk mengurangi rasa sakit, efektif untuk mengatasi nyeri sendi, rematik dan lainnya. Manfaat mengkudu untuk kesehatan dan sebagai obat telah terbukti secara klinis dengan kandungan nutrisi-zat dalamnya seperti, anti kanker terpenoid, anti bakteri, scolopetin , Xeronine dan Proxeronine.



Beberapa manfaat Mengkudu untuk kesehatan:

Mengkudu memiliki kemampuan mengurangi rasa sakit (Analgesik) efektif untuk nyeri sendi rematik dan lainnya yang mampu menggantikan fungsi obat tramadol dan hidrokortison.

Mengkudu mengandung antibakteri untuk melawan infeksi bakteri, termasuk Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Sangat baik untuk sistem kekebalan, mengaktifkan makrofag dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menghasilkan limfosit yang lebih baik.

Mengkudu sebagai Antidepressant, untuk mengatasi depresi. Mengkudu mampu merangsang hormon seratonin dan melatonin. Ketidakseimbangan kadar serotonin dapat menyebabkan depresi pada diri kita. Hormon Seratonin mempengaruhi suasana hati, emosi, dan tidur yang lebih baik. Hormon Melatonin mengatur ritme Circadian, untuk membantu istirahat malam lebih baik, serta meningkatkan mood.

Mengkudu sangat berguna untuk menjaga kondisi kulit dan kepala yang sehat, mengobati eksim, kurap. Sangat baik untuk rambut berkilau anda, serta menjaga kulit tetap muda dan sehat Konsumsi jus bisa sangat baik untuk tubuh yang sehat dan bugar.

Mengkudu sebagai Antikanker. Dengan mengonsumsi Mengkudu akan merangsang produksi oksida nitrat yakni zat yang sangat berguna mengurangi pertumbuhan tumor dan membantu tubuh melawan replikasi sel kanker. Juga mengandung zat imunomodulator polisakarida yang efektif membantu melawan kanker. Fitokimia dalam mengkudu juga sangat berperan dalam melawan/pencegahan tumbuhnya kanker. Mengkudu dapat memperlambat, menghentikan proses kanker untuk berkembang.

Mengkudu mengatasi Hipertensi. Mengkudu mengandung fitonutrien, selenium, dan vitamin C, yang melawan kerusakan akibat radikal bebas pada dinding pembuluh darah, scopoletin, suatu senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah. Mengkudu juga mengandung proxeronine, zat yang diperlukan tubuh untuk memproduksi xeronine. Xeronine membantu mengkoordinasikan sel untuk bekerja harmonis, menurunkan tekanan darah dan atasi stres. Mengkudu juga memiliki asam amino, triptofan. Ketika tryptophan masuk ke aliran darah dan masuk ke sel, membantu memproduksi zat lain seperti seratonin yang sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah.

Mengkudu mampu mengontrol kolesterol LDL dengan baik, mengurangi plak di arteri, menjaga jantung tetap sehat dan tubuh yang bugar

Mengkudu membantu daya ingat lebih baik. Mengkudu mencegah penyerapan kolesterol dengan jumlah yang besar dari pitosterol. Kondisi ini akan membantu otak Anda tetap sehat, dan plak tidak menumpuk di arteri  otak serta menjaga supply oksigen.

Mengkudu atasi Sembelit. Mengkudu banyak mengandung serat yang membantu meredakan ketegangan pada usus dan baik untuk pencernaan. Vitamin dan mineral dalam mengkudu diperlukan untuk menjaga usus sehat dan pencernaan yang baik.

Mengkudu bersifat Antibakteri, antijamur, antivirus. Kandungan antrakuinon, skopoletin, dan terpene pada Mengkudu memiliki sifat untuk melawan infeksi.

Itulah beberapa manfaat Mengkudu yang bisa kami rangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat untuk para pembaca. Salam hormad ! Musttrie.