GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Tips Mengatasi Kandung Kemih yang Lemah | Musttrie's Blog
Song&starring: Jabrik. Video editor: musttrie.

Iklan Klik saya

Monday, March 4, 2013

Tips Mengatasi Kandung Kemih yang Lemah


Mengatasi Kandung Kemih yang Lemah

Memperkuat Kandung Kemih yang lemah untuk mengatasi kebocoran urine (inkontinensia). Mengatasi Kandung Kemih yang Lemah dan memperkuat Kandung Kemih dapat melakukan beberapa hal/langkah seperti berikut ini. Lemahnya kandung kemih terjadi karena otot-otot uretra yang berfungsi untuk membuka dan menutup uretra telah kehilangan kekuatannya dan ini mengakibatkan kebocoran urine (inkontinensia) yang disebabkan oleh uretra yang lemah/stres.

Dalam hal ini, seseorang dapat berulang kali buang air kecil meskipun kandung kemihnya  tidak dalam kondisi penuh, otot-otot yang lemah akan membuat saluran uretra menjadi tidak menutup rapat. Pada wanita, Inkontinensia bisa terjadi ketika otot panggul yang mendukung kandung kemih, rahim, dan usus melemah yang bisa disebabkab karena kehamilan, persalinan, atau faktor usia. Kondisi ini sering terjadi pada wanita usia 40 - 60 tahun dan penderitanya  dapat mengompol tanpa bisa menahan, karena tidak mampu mengontrol hasrat buang air kecil yang datang.

Kandung kemih merupakan organ berongga yang terdiri atas 3 lapisan otot detrusor yang saling beranyaman. Kandung kemih terletak tepat di belakang pubis di dalam rongga pelvis. Pada orang dewasa Kandung kemih dapat menyimpan urin kurang lebih 500 ml. Anatomi kandung kemih terdiri atas 3 permukaan, yaitu permukaan superior, permukaan inferiolateral dan permukaan posterior. Pada orang dewasa, Kandung kemih yang kosong  terletak di dalam pelvis, dan bila kandung kemih terisi maka dinding atas kandung kemih akan masuk ke daerah abdomen.

Beberapa tips untuk mengatasi Kandung Kemih yang lemah:

Latihan kegel
Cara ini akan menguatkan dan menebalkan otot-otot yang mengatur uretra dan otot panggul. Untuk membangun otot-otot kandung kemih yang sering terjadi pada wanita, melakukan latihan kegel sangat membantu.  Cara melakukan latihan kegel adalah dengan menahan kencing  selama 5 detik kemudian anda rilekskan/lepaskan lagi selama 5 detik. Latihan ini anda ulangi hingga 5 kali dan lakukan setiap hari sebanyak 10 sampai 20 kali.

Gerakan Yoga untuk panggul.
Anda bisa melakukan gerakan yoga tertentu yang mampu membantu mengencangkan otot panggul dan otot-otot uretra, membantu mengontrol buang air kecil dengan lebih baik.

Obat
Anda bisa konsultasi ke dokter untuk mendapat obat-obatan yang dapat membantu mengontrol buang air kecil yang berlebihan. Obat ini akan bekerja membantu kandung kemih sedikit rileks/bersantai dan membiarkan menahan kencing untuk selang waktu yang lebih lama. Obat yang sering digunakan antara lain: Ditropan, Detrol, dan Enablex, yang tersedia dalam berbagai  bentuk kemasan kapsul, pil, tablet, atau gel.

Menggunakan alat kontrasepsi cincin pada organ kewanitaan.
Alat kontrasepsi cincin pada organ kewanitaan adalah berupa perangkat berbahan silikon fleksibel yang dimasukkan ke dalam organ kewanitaan yang fungsinya untuk mengontrol kehamilan/alat kontrasepsi. Alat ini juga dapat mendorong dinding organ wanita dan uretra untuk membantu mendukung memperkuat kandung kemih dan rahim.

Stimulasi listrik
Ini adalah metode untuk mengatasi inkontinensia yang sudah parah. Alat ini akan dipasang dengan menanam perangkat di bawah kulit pantat bagian atas untuk merangsang saraf sakral yang menghubungkan kandung kemih dan dasar panggul. Setelah itu alat dialiri listrik dengan tegangan beberapa volt saja untuk merangsang dan mengaktifkan kembali dan memperkuat otot panggul. Alat ini tidak akan menyebabkan rasa sakit.

Sedikit Kurangi minum
Penderita dapat sedikit mengurangi minumnya selama terapi/latihan berjalan, Jika kandung kemih masih terlalu lemah, dan secara bertahap bisa menambah lagi jika masalah kandung kemih  sudah pulih/sehat.

Kurangi makanan yang dapat melukai kandung kemih
Makanan yang bisa melukai kandung kemih misalnya kafein, jus jeruk, alkohol, coklat, cabai, makanan pedas dan makanan manis. Makanan ini, jika berlebihan dapat memicu reseptor saraf di kandung kemih terganggu/luka, bahkan akan meningkatkan jumlah urine.

Hindari obat pemicu buang air kecil
Obat-obatan pemicu buang air kecil misalnya antihistamin, trisiklik (kelas antidepresan), dan obat tekanan darah. Jenis obat ini dapat mengganggu kontraksi otot di kandung kemih dan akan memperburuk inkontinensia jadi lebih parah

Menurunkan Berat Badan
Dengan menurunkan berat badan, menurut penelitian dapat membantu mengurangi kebocoran urine.  Dari hasil studi, sekitar 75 persen wanita dengan kandung kemih yang lemah mengalami penurunan kebocoran setelah mampu mengurangi berat badan sebesar 5 - 10 persen.

Operasi
Operasi menjadi metode yang paling sempurna dengan tingkat kesembuhan yang optimal. Dengan memasukkan sling pendek permanen ke dalam tubuh untuk membantu menutup uretra. Ini adalah cara terakhir jika cara lain tidak berhasil.

Demikian beberapa tips cara memperkuat dan mengatasi Kandung Kemih yang Lemah, semoga menjadi info yang bermafaat.
KlikSaya.com


No comments: