Thursday, March 14, 2013

Manfaat dan Khasiat Wortel Bagi Kesehatan


Kandungan zat, manfaat dan khasiat Wortel bagi kesehatan

Wortel memiliki manfaat dan khasiat yang OK untuk tubuh kita. Wortel disebut juga Daucus carota, jenis sayuran yang sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Kita sering mendengar manfaat wortel untuk kesehatan mata, ya itu benar ! namun masih banyak lagi manfaat bin khasiat Wortel bagi kesehatan, mau tau ? boleh, bacanya sampai abis ya ! Ini dia, manfaat wortel untuk kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Wortel Bagi Kesehatan:

Wortel adalah sumber vitamin A yang baik, dan berperan penting untuk urusan mata agar tetap sehat. Wortel kaya akan beta-karoten, yang nantinya diubah menjadi vitamin A oleh hati. Setelah diubah menjadi Vitamin A, selanjutnya dikirim dan ditransformasikan ke retina, untuk sumber rhodopsin, merupakan pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan di waktu malam. Beta-karoten juga berperan melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak, pikun.

Manfaat lainnya untuk mencegah kanker. Wortel telah melalui uji penelitian dan menunjukkan hasil yang nyata untuk mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Diketahui bahwa Wortel memiliki kandungan falcarinol dan falcarindiol yang bersifat antikanker. Falcarinol berperan sebagai pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar-akarnya dari gangguan penyakit jamur. Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa risiko kanker 1/3 lebih rendah dengan mengonsumsi zat ini untuk tubuh kita.

Beta-karoten yang terdapat dalam wortel, berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh melalui metabolisme yang terjadi pada tubuh, sehingga membantu memperlambat penuaan sel atau memperlambat Penuaan.

Wortel baik untuk masker wajah, yakni dengan parutan wortel dengan sedikit madu. Wortel baik untuk menjaga kesehatan Kulit. Wortel memiliki Vitamin A sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan sinar matahari. Kekurangan vitamin A menyebabkan kulit, kuku dan rambut menjadi kering dan rusak. Vitamin A juga dapat mencegah kerutan dini diwajah, jerawat, kulit kering, noda, warna kulit tidak merata serta pigmentasi.

Wortel berkhasiat sebagai antiseptik, memiliki kemampuan untuk mencegah infeksi. Dengan menggunakan wortel yang diparut/dihaluskan, dapat digunakan pada luka untuk mencegah terjadinya infeksi.

Wortel dapat mencegah penyakit Jantung. Hasil studi menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid memiliki korelasi peran terhadap penurunan risiko penyakit jantung. Selain beta-karoten, Wortel juga mengandung alfa-karoten dan lutein. Wortel yang dikonsumsi secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol karena serat larut dalam wortel mengikat dengan asam empedu.

Wortel mampu membersihkan racun di dalam tubuh. Bersama hati, Vitamin A turut membantu dalam membilas/membersihkan racun dari tubuh sehingga mengurangi empedu dan lemak yang bersarang di hati. Wortel juga kaya serat, siap membantu membersihkan usus besar dan mempercepat gerakan limbah keluar.

Wortel baik untuk kesehatan gigi dan gusi (mencegah kerusakan gigi). Dengan mengonsumsi Wortel, dapat membersihkan gigi dan mulut serta mengikis plak dan partikel makanan yang nempel di gigi. Wortel dapat merangsang gusi dan memicu banyak air liur, menjadi alkali, dan keluar sebagai pembentuk asam.

Wortel dapat mencegah Stroke. Ini berdasar hasil penelitian di Universitas Harvard yang menjelaskan bahwa orang yang makan lebih dari enam wortel dalam seminggu memiliki resiko lebih kecil untuk menderita stroke dibanding yang makan hanya satu wortel sebulan.

Nah, setelah kita baca betapa hebatnya wortel dan begitu baik sama kita, mulai sekarang yuk rame-rame makan wortel ! biar sehat, kan lebih baik menjaga daripada mengobati. Wortel memang Wooke !, matur nuwun.