Friday, March 8, 2013

Khasiat dan Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Manfaat dan Kandungan daun salam bagi kesehatan

daun salam
Kita mengenal daun salam digunakan sebagai bumbu masak. Sebenarnya manfaat atau khasiat daun Salam bagi kesehatan ternyata cukup banyak. Dari hasil penelitian menemukan bahwa daun salam sangat baik untuk melawan berbagai jenis kanker. Dengan mengonsumsi daun salam secara teratur ternyata dapat menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh kita lebih baik.



Khasiat-manfaat daun salam:

Mencegah Kanker
Daun salam sumber vitamin A, vitamin C, zat besi, mangan, kalsium, kalium dan magnesium. Daun salam juga mengandung asam caffeic, quercetin, eugenol dan catechin. Fitonutrien yang terkandung dalam daun salam yakni parthenolide, dipercaya secara spesifik mampu menahan proliferasi sel-sel kanker serviks dengan kemampuan menginduksi apoptosis, menghambat tumor yang terkait angiogenesis dan meminimalisir aktivitas pemicu tumor, NF-eB.

Mencegah gangguan Jantung
Daun salam mengandung beberapa senyawa yang sangat penting seperti fitonutrien, asam caffeic, rutin, dan salisilat, yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Mengatasi Peradangan
Kandungan parthenolide pada daun salam adalah sebagai agen anti-inflamasi yang baik. Daun salam baik untuk mengobati arthritis dan jenis peradangan lainnya. Daun salam juga digunakan untuk mengatasi gangguan saat menstruasi, mengobati gigitan ular/mengatasi bisa, sengatan serangga, mengobati luka dan memar, mengobati/mengatasi gangguan kencing, serta rematik.

Mengobati gangguan perut pencernaan
Daun salam juga baik digunakan untuk mengobati gangguan perut dan gangguan masalah pencernaan. Enzim dalam daun salam akan membantu atasi kerusakan protein dan memperbaiki kinerja pencernaan. Dengan sistem pencernaan yang baik, maka kondisi ini akan mendukung bagi yang menjalankan program diet/menurunkan berat badan. Daun salam juga baik sebagai obat herbal untuk atasi sakit kepala dan migrain.

Mengatasi penderita diabetes
Khasiat daun salam sebagai anti-inflamasi, anti-oksidan, anti-bakteri dan anti-jamur. Sifat antioksidan daun salam akan membantu mengatasi penderita diabetes, dengan bantuan antioksidan, maka tubuh dapat memproses insulin lebih efisien.

Demikian beberapa manfaat daun Salam bagi kesehatan tubuh yang bisa kita manfaatkan dan digunakan sebagai obat alternatif/herbal yang aman.