Friday, March 15, 2013

Bentuk Kalimat Pasif Dalam Bahasa Inggris


Membahas lebih lanjut tentang Kalimat Pasif Dalam Bahasa Inggris. Di artikel awal kita telah membahas Penggunaan Kalimat Pasif Dalam Bahasa Inggris, dan berikut ini kita berikan beberapa contoh lain tentang bagaimana membentuk the passive dan contoh pemakaiannya.

Sebagai lanjutan dari artikel kemarin tentang penggunaan kalimat pasif dalam bahasa Inggris, kita berikan beberapa contoh lainnya, dengan harapan lebih memahami tentang pemakaian kalimat pasif dalam bahasa Inggris.

TEKANAN PADA APA YANG DI LAKUKAN (Bukan siapa yang melakukan)

Bentuk kalimat: bentuk kata kerja BE + PAST PARTICIPLE

The car was checked this morning.
The new car has been delivered.
A talk will be given next Monday.

TEKANAN PADA PELAKUNYA

Pada contoh kalimat berikut:

A talk will be given next Monday.

Yang terutama dipentingkan adalah CERAMAHNYA). Sekarang jika kita akan menambahkan siapa yang memberi ceramah itu, kita bisa membuat kalimat seperti berikut.

A talk will be given BY the director next Monday.

Jika kita ingin menyebutkan siapa pelakunya (menambahkan keterangan tentang pelaku tersebut), maka kita akan memakai BY + nama pelaku. BY diletakkan sebelum nama pelaku dan tidak pernah dihilangkan.

contoh lain:

The diary was written BY Syntia.
The fire in the building was caused BY a Cigarette.

Pola dengan menyebutkan pelakunya ini sering kita gunakan kalau memang betul-betul diperlukan dengan tujuan memperjelas maksud sebuah kalimat. Penggunaan BY pada kalimat berikut ini bisa kita anggap tidak penting (tepat) dalam penggunaannya. Coba perhatikan

The car was repaired BY the mechanic (montir)

BY the mechanic adalah bukan sesuatu yang harus diketahui atau ditekankan alias tidak penting, karena secara umum mobil memang diperbaiki oleh mechanic. Akan berbeda jika yang memperbaiki mobil adalah Anwar, maka kita bisa mengatakan BY Anwar.


THE PASSIVE DALAM PENGUMUMAN / BERITA

The passive sering digunakan dalam pengumuman, siaran berita, laporan, surat kabar dan lain sebagainya. Kita lihat contoh berikut.

The main town on the island was flooded. Sixty people were injured and five were drowned. The rice fields were damaged. Food is being sent from west java. It is thought that it will take several months for damage to be repaired.

UNGKAPAN IT + THE PASSIVE

Lihat kembali pada ungkapan '' It is thought ''. Pola ini yang tidak berkenaan dengan orang tertentu, seringkali dipakai dalam laporan. Siapa yang berpikir adalah tidak penting, mungkin orang pada umumnya atau seseorang yang tidak penting untuk diketahui (disebutkan).

contoh lain:

It has been reported that the government is planning to employ more teachers. Last year it was estimated by the president of the teachers union that at least 3000 more teachers were needed. It is hoped most of the new teachers will be employed in country areas.


BENTUK PAST PARTICIPLE (ARTI PASIF) SEBAGAI KATA SIFAT

Contoh:

The park gates are locked at 7 p.m everyday. (..dikunci.. sebagai kebiasaan)
We can't get in. The gate is locked. (..terkunci..keadaan saat ini)
Don't sit on that chair. It was broken yesterday (tekanan pada apa yang dilakukan)
Don't sit on that chair. It is broken (tekanan pada keadaan)

Semoga tambahan artikel ini dapat semakin memperjelas pengertian tentang '' Bentuk Kalimat Pasif Dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya '' Terima kasih telah berkunjung di tempat kami.

Artikel sebelumnya
penggunaan-kalimat-pasif-dalam-bahasa inggris

No comments: