Tuesday, February 19, 2013

Manfaat-Khasiat Kurma Untuk Kesehatan/Obat


Manfaat dan khasiat Kurma bagi kesehatan dan obat

Dari penelitian manfaat dan khasiat buah Kurma memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh kita. Kurma sering dikenal sebagai buah yang berasal dari kawasan timur tengah. Kurma banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh vitamin, dan mineral, mengandung fruktosa dan dekstrosa. Kurma cepat sekali menggantikan energi yang hilang dari tubuh dan memulihkan kembali stamina. Berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan tubuh.

Berikut manfaat buah Kurma bagi kesehatan:

Banyak mengandung fruktosa dan dekstrosa. Cepat menggantikan energi yang hilang dan memulihkan stamina tubuh secara langsung. Itulah sebabnya sejak jaman nabi saat berpuasa selalu berbuka dengan buah kurma.

Kurma banyak mengandung serat makanan. Serat berperan dalam proses pencahar massal dan membantu melindungi membran mukosa usus, mengurangi waktu paparan, mengikat bahan kimia yang bisa menjadi penyebab kanker usus besar.

Kurma mengandung zat polifenol, antioksidan, flavonoid (tanin). Fungsi Tanin dalam tubuh adalah bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi, dan anti-hemoragik yakni kemampuan mencegah kecenderungan mudah berdarah pada tubuh.

Kurma penghasil vitamin A yang baik, memiliki 149 IU per 100 gram, dimana berperan penting dalam memperbaiki fungsi penglihatan, antioksidan, menjaga selaput lendir dan menjaga kulit tetap sehat.

Karena kaya vitamin A maka akan membantu melindungi dari ancaman kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Kurma mengandung (flavonoid) beta-karoten, lutein, dan zea-xanthin sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel-sel dan struktur lain dalam tubuh dari ancaman radikal bebas yang berbahaya. Ikut berperan melindungi usus besar, prostat, payudara, endometrium, paru-paru, dan pankreas dari ancaman kanker.

Kurma mengandung karotenoid (Zea-xanthin) sebagai nutrisi penting yang diserap ke dalam lutea makula retina yang akan membantu memberi perlindungan terhadap usia degenerasi makula retina di usia lanjut.

Sebagai sumber zat besi, menjadi komponen penting untuk membentuk hemoglobin (sel darah merah) yang mana setiap 100 gram Kurma mengandung 0,90 mg (sekitar 11% dari RDI), mengendalikan kapasitas oksigen pembawa darah.

Kaya mineral antara lain kalsium, mangan, tembaga, dan magnesium. Komponen Kalsium adalah mineral penting untuk tulang dan gigi yang sehat, berperan untuk kontraksi otot tubuh, penggumpalan darah, dan konduksi impuls saraf.

Mangan berperan penting pada enzim antioksidan, dismutase superoksida. Kandungan Tembaga berperan pada produksi sel darah merah dan Magnesium untuk pertumbuhan tulang yang sehat.

Buah Kurma juga banyak mengandung vitamin K (untuk faktor koagulan dalam darah serta dalam metabolisme tulang), berperan sebagai kofaktor membantu metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak dalam tubuh serta mengandung piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat, dan riboflavin.

Kurma mengandung kalium atau memenuhi16% dari tingkat elektrolit yang direkomendasikan untuk tubuh. Pada setiap 100 gram kurma mengandung 696 mg kalium. Kurma ikut memberi perlindungan terhadap penyakit stroke dan jantung koroner, karena peran Kalium adalah sebagai komponen penting dari sel dan cairan tubuh dan turut membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat Buah Kurma dalam menunjang kesehatan tubuh kita, Semoga menjadi info yang bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.