Selasa, 26 Februari 2013

Khasiat-Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan


Khasiat-Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan tubuh

Apa saja manfaat Mentimun bagi kesehatan tubuh kita? Mentimun yang sering kita nikmati sebagai lalapan ternyata banyak sekali manfaat dan khasiat Mentimun bagi kesehatan anda. Mentimun banyak mengandung serat, mengandung banyak vitamin dan mineral, namun rendah kalori dan lemak. Sangat baik kita konsumsi pada kondisi yang masih segar dan tidak terlalu matang.


Beberapa manfaat/khasiat mentimun untuk kesehatan:

Mentimun memiliki kadar air 96%, yang ternyata lebih bergizi dibanding air biasa. Mentimun membantu menjaga tubuh dari dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) dan mengatur suhu tubuh tetap stabil-ideal, turut juga membantu dalam membersihkan zat racun yang ada di dalam tubuh.

Kandungan air yang tinggi, vitamin A, B & C dan mineral seperti magnesium, kalium, silika membuat mentimun sangat baik untuk perawatan kulit. Mentimun sangat baik kita gunakan sebagai masker wajah, dapat digunakan untuk mengencangkan kulit secara sehat alami..

Mentimun mengandung Asam askorbat dan asam caffeic yang dapat menurunkan tingkat retensi air yang selanjutnya dapat mengurangi bengkak seperti misalnya bengkak di bawah mata. Manfaat lain adalah kulit mentimun yang dapat membantu melindungi kulit dari sengatan matahari atau keadaan kulit yang kasar.

Melawan kanker, Mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol - sehingga dengan kandungan ini mampu menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker ovarium.

Manfaat Jus Mentimun Untuk Mengonrol Tekanan Darah, Jus mentimun mengandung banyak kalium, magnesium, dan serat yang bekerja secara efektif untuk mengatur tekanan darah.

Sangat baik untuk atasi/mengobati sakit gigi dan gusi, Jus mentimun juga bermanfaat untuk orang dengan gigi dan gusi masalah. Ketimun merupakan sumber yang baik serat makanan dan serat ini pijat di gigi dan gusi. Mentimun juga bermanfaat untuk atasi tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi.

Memperbaiki dan membantu pencernaan, dengan mengonsumsi jus mentimun secara rutin akan mampu atasi gangguan masalah pencernaan seperti maag, mulas, gastritis. Selain itu, mentimun dengan kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam mentimun sangat efektif dalam menghilangkan  racun di dalam sistem pencernaan tubuh kita. Dengan rajin minum jus mentimun.. mampu atasi Sembelit kroni.

Mentimun merupakan sumber silika yang baik untuk membantu kesehatan dengan memperkuat jaringan ikat, meningkatkan kesehatan menjadi lebih baik,

Biji Mentimun baik untuk atasi Cacingan (cacing pita), sebagai obat alami untuk mengobati cacing pita anda bisa gunakan bijinya.

Biji mentimun dicampur dengan air juga mampu atasi memar, efektif dalam mengobati pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.

Mempercantik dan merawat kuku anda, kandungan silika yang tinggi pada mentimun dapat membantu mencegah pemecahan pada kuku.

Sangat baik untuk meringankan sakit asam urat dan rematik, dengan kandungan vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium, dicampur dengan jus wortel, sangat baik meredakan gangguan encok dan nyeri artritis kareena akan menurunkan kadar asam urat yang ada dalam tubuh.

Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk membantu memproduksi insulin, mampu menyembuhkan diabetes

Mengurangi kolesterol, beberapa senyawa yang disebut sterol dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut, dengan kandungan silikon, belerang sangat baik dalam membantu pertumbuhan rambut sehat dan kuat. Bisa dicampurkan jus mentimun dengan jus wortel, selada atau bayam untuk hasil lebih baik.

Banyak kandungan air pada mentimun akan berfungsi sebagai diuretik, membersihkan dan membuang produk limbah dari tubuh melalui air seni/buang air kecil. Mentimun membantu untuk melarutkan kandung kemih atau batu ginjal.

Mentimun juga baik untuk membantu menurunkan berat badan (diet). Demikian beberapa manfaat/khasiat mentimun untuk kesehatan.


Tidak ada komentar: