Thursday, February 28, 2013

Khasiat-Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan


Manfaat Jeruk Nipis (lemon) untuk kesehatan

Jeruk Nipis memiliki manfaat yang multi guna mulai sebagai obat tradisional, bumbu masak, kosmetik, pembersih dan lain sebagainya. Kita mungkin sering memanfaatkan lemon sebagai obat batuk kecantikan wajah dll. Dan ternyata banyak sekali khasiat-manfaat lemon untuk kesehatan yang dapat kita peroleh telah. Lemon adalah antibakteri, antivirus, menambah kekebalan tubuh yang mujarab.



Kita bisa memanfaatkan Jeruk Nipis sebagai sarana diet/menurunkan berat badan, karena jus lemon sangat baik untuk membantu pencernaan dan menghilangkan zat sampah yang tersimpan di hati (pembersih hati).

Lemon mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi, sebagai antibakteri dan antivirus. Lemon mengandung banyak zat seperti asam sitrat terutama, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin, dan limonene yang baik bagi kekebalan tubuh.

Lemon untuk merawat wajah dan atasi Jerawat
Lemon banyak mengandung asam sitrat, yang efektif mengobati jerawat dan dengan sifat alkali-nya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Vitamin C pada Lemon (buah jeruk) sangat penting untuk kulit sehat, halus dan bercahaya.

Untuk kecantikan kulit/wajah anda bisa minum jus lemon atau menggunakan jus lemon sebagai masker wajah, gunakan di malam hari dan bilas pada pagi harinya. Untuk hasil lebih maksimal anda bisa tambahkan mawar atau air madu dan gunakan di pagi dan sore hari.

Aroma teraphy lemon mampu memberi efek ketenangan (atasi kecemasan), gugup, dan ketegangan, meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, mengurangi lelah, dan pusing. Lemon
dapat digunakan sebagai penyegar ruangan di kantor yang aman dan nyaman.

Manfaat Lemon berkhasiat atasi Kanker
Lemon bersifat antibakteri dan antivirus yang dapat mempercepat proses penyembuhan Kanker. Dengan rajin minum jus lemon segar tiga kali sehari, diyakini mampu atasi sel kanker agar tidak tumbuh berkembang dan membunuh sel kanker.

Menyembuhkan Demam. Minum jus lemon, akan menghilangkan demam dan menggigil. Tambahkan jus lemon dengan secangkir air panas dengan madu dan minum secara rutin hingga sembuh.

Manfaat Lemon mampu atasi dan menyembuhkan Flu. Asupan vitamin C akan meningkatkan daya-tahan tubuh Anda, sifat antivirus untuk basmi virus pada selaput lendir di hidung dan tenggorokan hingga flu hilang. Minum jus lemon segar dalam segelas air hangat setiap 2 jam untuk atasi flu anda.

Manfaat Lemon atasi sakit tenggorokan. Tambahkan jus lemon dan 1 sendok teh garam dan secangkir (250 ml) air hangat, lalu gunakan untuk berkumur tiga kali sehari selama 1 menit. Untuk kasus tonsilitis, berkumur setiap 2 jam selama 30 detik dengan jus segar lemon. Anda dapat minum jus setelah selesai berkumur sehingga vitamin C akan bekerja lebih efektif pada tubuh.

Menyembuhkan Eksim dan menghilangkan Kapalan
Tempelkan sepotong lemon dan bungkus dengan perban. Untuk atasi infeksi kulit seperti eksim, anda bisa tambahkan minyak esensial lemon pada satu cangkir (250 ml) air hangat dan 1 sendok makan (15ml) madu cair. Cara lain, rendam kain dalam cairan, peras dan tempelkan dengan lembut pada daerah yang terkena Eksim atau infeksi selama 15 menit, 2 sampai 3 kali sehari.

Manfaat Lemon baik untuk menyegarkan Nafas
Berkumurlah beberapa kali sehari dengan jus segar dari 1 lemon dalam segelas air hangat untuk menjaga nafas tetap segar, atau mengunyah sepotong lemon sehabis makan.

Menyembuhkan Hipertensi
Gunakan lemon yang ditambah dengan bawang putih dan bawang merah untuk atasi hipertensi. Cara meramunya adakah: tambahkan 3 siung bawang putih dan 1 bawang merah yang di cincang, lemak susu skim atau susu kedelai dan air. Didihkan dan biarkan selama 5 menit, lalu saring dan dinginkan, tambahkan jus segar dari 3 butir lemon dan minum setiap hari.

Lemon membantu menurunkan kolesterol. Kandungan dan kekuatan pektin dalam lemon akan membantu memperbaiki metabolisme dan membantu menurunkan kolesterol.Minyak lemon menghambat peradangan dan mengurangi rasa sakit. Dengan cara menggunakan minyak lemon + minyak jojoba untuk memijat pada daerah yang sakit.

Kesehatan perut dan pencernaan
Minum jus lemon juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan aktivitas otot perut yang sehat.

Atasi Varises
Gunakan campuran minyak lemon dan minyak gandum setiap hari untuk pijat pada kaki dari bawah ke atas dengan lembut.

Menyembuhkan gigitan Serangga / mengusir serangga
Teteskan minyak lemon yang dicampur dengan 1 sendok teh madu pada bagian yang terkena gigitan serangga dan untuk mengusir serangga, gunakan/campur minyak lemon ke dalam air dan semprotkan ke udara. Demikian beberapa khasiat dan manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang bisa saya sampaikan, semoga menjadi info yang bermanfaat.