Wednesday, February 27, 2013

Khasiat-Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan


Khasiat dan manfaat Jambu Biji bagi kesehatan tubuh

Kita sering memanfaatkan khasiat jambu biji sebagai obat tradisional yang cukup ampuh mengatasi dan mengobati diare, disentri, batuk, tekanan darah tinggi, pilek, hingga untuk perawatan kulit dan masih banyak lagi khasiat dan manfaat Jambu Biji bagi kesehatan tubuh kita.


Khasiat, manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh antara lain:

Mengatasi Diare dan disentri. Jambu biji banyak mengandung senyawa astringents, ini baik untuk perawatan kulit agar lebih kencang. Manfaat yang paling bagus untuk kesehatan adalah bahwa Astringents bersifat alkali dan memiliki desinfektan serta anti-bakteri, dimana akan membantu menyembuhkan disentri. Anti-bakteri ini akan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir yang berlebih di usus. Mengunyah daun jambu biji atau makan jambu mentah akan melindungi dan mengobati gangguan perut seperti diare/mencret.

Jambu biji banyak mengandung vitamin C, karotenoid dan kalium yang berguna memperkuat sistem pencernaan dan disinfeksi. Selain itu, Jambu biji juga bermanfaat dalam gastroenteritis. Kaya akan vitamin A, B, C dan kalium, anti oksidan, sangat baik sebagai pendetoks dan menjaga kulit tetap kencang.

Jambu Biji baik untuk mengatasi Sembelit. Biji dari Jambu biji jika dikunyah, akan berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik, mengandung serat makanan yang baik pula. Manfaat jambu biji juga bersifat membantu membentuk perut, menahan air dan membersihkan usus serta memperbaiki sistem ekskretoris.

Jambu Biji sebagai obat Batuk dan Demam. Sebagai obat batuk, anda bisa membuat Jus jambu biji mentah atau rebusan daun jambu biji sangat membantu untuk melonggarkan batuk, mengurangi lendir, desinfektan saluran tenggorokan, pernapasan dan paru-paru serta menghambat mikroba berkembang.

Jambu biji banyak mengandung vitamin-C dan zat besi. Ampuh mencegah infeksi dingin dan virus, batuk serta hidung mampet.

Jambu Biji baik untuk perawatan kulit, sebagai krim kecantikan atau toner kulit karena banyak mengandung astringents dalam buah yang belum matang dan daun. Astringents akan mengencangkan kulit dengan memanfaatkan rebusan buah yang belum matang dan daunnya.

Jambu Biji sebagai obat Tekanan darah tinggi. Khasiat Jambu mampu mengurangi kolesterol darah dan mencegah dari penebalan pembuuh darah, sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah menjadi lebih baik. Jambu kaya serat dan hipoglikemik efektif membantu menurunkan tekanan darah dan baik untuk pencernaan.

Jambu Biji baik untuk Diet dan menurunkan berat badan. Jambu biji sangat membantu untuk menurunkan berat badan dengan protein, vitamin, mineral dan serat yang baik, namun tanpa kolesterol dan karbohidrat yang akan membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang dengan catatan mengonsumsi secara tidak berlebihan. Bagi orang kurus, banyak mengonsumsi jambu biji justru akan berfungsi sebaliknya yakni akan membuat lebih cepat gemuk karena kekayaan nutrisi, menjaga metabolisme secara baik, membantu penyerapan nutrisi lebih cepat dan tepat.

Jambu biji membantu mengendalikan diabetes, Lypocene mengurangi risiko kanker. Daun jambu biji baik untuk obat sakit gigi, gusi bengkak dan ulkus oral, menyembuhkan luka eksternal/luar, atasi kejang-kejang, epilepsi, infeksi bakteri dan mungkin masih banyak lagi manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh.