Wednesday, February 27, 2013

Khasiat-Manfaat Anggur Bagi Kesehatan


Khasiat-manfaat buah Anggur bagi kesehatan

Banyak sekali manfaat buah Anggur yang bisa kita gunakan dan khasiat anggur bagi kesehatan nya tubuh kita. Buah anggur memiliki hampir 60 varietas/jenis anggur yang tersebar di sekuruh dunia yang di budi-dayakan untuk berbagai keperluan. Buah Anggur bisa diolah menjadi berbagai produk olahan makanan seperti minuman anggur, selai, jeli, kismis, cuka, minyak, dan molase.


Anggur memiliki kadar antara 70 - 80 % air dan 20-30 % gula, seperti glukosa, fruktosa dan sejumlah nutrisi tambahan lainnya seperti asam galat, glukosida, asam fosfat, mangan, zat besi, sejumlah vitamin, kalsium, dan asam folat.


Berikut khasiat dan manfaat anggur bagi kesehatan:

Khasiat anggur atasi gangguan pencernaan.
Anggur memiliki peran penting dalam dispepsia, meredakan panas, memperbaiki sistem pencernaan/atasi gangguan pencernaan dan iritasi lambung.

Khasiat anggur atasi kelelahan
Dengan minum jus anggur (putih) akan memberi energi secara instan/cepat, mengembalikan zat besi yang hilang dalam tubuh dan mencegah kelelahan.

Khasiat anggur atasi gangguan Ginjal.
Mampu mengurangi tekanan kerja ginjal. Secara substansial, Anggur dapat mengurangi keasaman asam urat dan membantu dalam penghapusan asam dari sistem.

Mengatasi penyakit jantung.
Anggur dapat membantu meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah (mencegah pembekuan darah) sehingga mengurangi resiko serangan jantung.

Khasiat anggur atasi Kanker payudara.
Dengan minum jus anggur (ungu) diyakini mampu membantu mencegah kanker payudara. Percobaan pada tikus yang diberi makan jus anggur menunjukkan hasil adanya penurunan yang signifikan dalam massa tumor mammae.

Khasiat anggur atasi penyakit Alzheimer.
Anggur mengandung Resveratrol, polifenol, bermanfaat mengurangi tingkat amyloidal-beta peptides pada penderita penyakit Alzheimer. Anggur juga mampu meningkatkan kesehatan otak dan menghambat munculnya penyakit neurodegenerative.

Khasiat anggur atasi Degenerasi makula
Anggur berperan untuk menghambat hilangnya penglihatan karena faktor usia atau degenerasi makula. Dengan mengonsumsi anggur setiap hari dapat mengurangi resiko degenerasi makula sekitar 36% atau lebih.

Anggur memiliki Antioksidan untuk mencegah oksidasi kolesterol LDL, yang menghambat pembuluh darah. Dengan Anti-oksidan dalam buah anggur, akan memacu sistem kekebalan tubuh lebih baik.

Anggur sebagai antikanker.
Anggur memiliki resveratrol sebagai anti-inflamasi dan anti kanker yang kuat. Sangat efektif pada kanker kolorektal dan kanker payudara. Dalam buah anggur juga mengandung Anthocyanin dan proanthocyanidins, bersifat anti-berkembang biak serta dapat menghambat pertumbuhan agen penyebab kanker. Anggur dapat mencegah risiko kanker, menekan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Pigmen yang terkandung dalam buah anggur akan meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Anggur mencegah katarak, radikal bebas, jantung, kanker
Anggur mengandung Flavonoid yang memiliki fungsi antioksidan yang dapat mengurangi atau melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, atasi katarak, penyakit jantung, kanker.

Anggur menurunkan Kolesterol darah, antibakteri dan antivirus.
Anggur mengandung senyawa pterostilbene, mampu menurunkan tingkat kolesterol. Pada anggur merah memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat melindungi dari infeksi. Anggur juga memiliki antivirus yang kuat terhadap virus polio dan virus herpes simpleks.

Mengatasi gangguan asma.
Kemampuan terapi buah anggur dengan kekuatan assimilatory anggur yang tinggi mampu meningkatkan kelembaban dalam paru-paru.

Manfaat jus anggur atasi Migrain
Dengan minum jus anggur asli tanpa campuran di waktu pagi hari, mampu menyembuhkan sakit kepala sebelah/migrain.

Khasiat anggur atasi Sembelit
Anggur mengandung asam organik, gula dan selulosa, merupakan makanan pencuci perut yang sangat efektif dalam mengatasi sembelit. Mampu meringankan sembelit kronis dengan menguatkan/mengencangkan sampai usus dan perut.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh yang bisa kami sampaikan, yang kami himpun dari berbagai sumber, semoga memberi informasi yang bermanfaat.