GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Gambar-Langkah Cara Install windows 7 | Musttrie's Blog

Monday, November 5, 2012

Gambar-Langkah Cara Install windows 7

Cara install windows 7 yang dilengkapi dengan gambar. Bagi yang belum pernah melakukan dan masih bingung Anda bisa ikuti petunjuk cara install windows 7 yang dilengkapi dengan gambar berikut ini. Untuk menginstall ulang windows 7 bisa menggunakan media DVD ataupun memakai flashdisk. Selengkapnya cara install ulang windows 7, sebagai berikut.

1. Nyalakan laptop/computer, lalu masukkan installer DVD anda.

2. Restart computer, lalu pada saat layar mulai nyala segera tekan tombol sesuai perintah dilayar (misal F2 set-up). Atau, jika di laptop anda sudah ada pilihan ke Boot option langsung saja pilih tombol Boot option (misal F7 Boot option) maka anda tinggal tekan F7 tersebut lalu ubah pilihan ke media installer yang anda gunakan, lalu enter).

3. Anda akan dibawa ke jendela Set up BIOS (tampilannya bisa berbeda-beda) tergantung merk. Di jendela tersebut, geser  ke posisi menu Boot (pakai tombol panah)


4. Disana akan muncul tampilan tentang urutan boot option. Anda harus merubah fisrt boot ke DVD jika anda menggunakan DVD sebagai installernya, dengan cara geser posisi DVD installer ke posisi paling atas atau menjadi first boot. Secara umum untuk menggeser ke posisi atas, dengan tekan tombol (+) atau (-).

5. Setelah posisi DVD berada di urutan teratas, kemudian pilih tombol terentu yang berisi perintah Save change… lalu tekan Enter untuk memilih.

6. Komputer akan restart kembali, kemudian setelah menyala dan muncul tulisan Press anykey to boot…segera tekan sembarang tombol, dan tunggu gambar install windows muncul.


7. Tunggu hingga muncul jendela Windows 7, kemudian klik Instal Now.


8. Centang Kotak di I accept the license terms lalu klik Next.

9. Anda Pilih saja di Custom (Advanced)

10. Silakan perhatikan partisi yang muncul, jika disk terdiri dari beberapa partisi (drive), silakan anda pilih salah satu partisi yang anda yakini sebagai drive (C) atau tempat system berada. Pada umumnya system windows terinstal di drive (C). Jika paling atas memorinya hanya 100MB dengan nama (system reserved) berarti Drive C berada dibawahnya, jadi anda pilih drive yang di bawahnya tersebut.


11. Setelah anda memilih Drive C, klik Format, setelah itu Next

12. Proses installing windows akan berjalan, silakan tunggu saja (lumayan lama) sampai komputer restart sendiri.


13. Setelah komputer restart, jangan tekan tombol apapun jika muncul perintah Press anykey…biarkan saja hingga computer booting sendiri melalui harddisk. Tetapi pada beberapa kasus (notebook) tertentu misalnya pada langkah ini ada juga yang jika dibiarkan ternyata tidak mau langsung booting melalui Hardisk, tetapi  harus keluarkan DVD-nya dulu, lalu masuk lagi ke boot option seperti diawal dan merubah boot option dari DVD ke HDD. Semoga anda tidak!

14. Selanjutnya, masuk ke jendela untuk mengisi (user name), silakan isi lalu klik Next.


15. Pada permintaan memasukkan passwod, bisa anda lewati saja, langsung klik Next.

16. Masukkan serial number jika anda punya. Jika tidak punya buang saja tanda centangnya  dan klik Next.

17. Pada jendela selanjutnya pilih saja As Me Later.

18. Silakan Atur Zona Waktu, ganti ke zona Jakarta, Hanoi.


19. Saat meminta menentukan lokasi jaringan. pilih saja Publik Network.

20. Selanjutnya tinggal di Next sampai selesai.



Untuk aktivasi windows agar genuine anda bisa menggunakan windows loader sebagai pengganti serial number. Anda bisa cari tutorialnya di google. Sekian tutorial cara install windows 7.


No comments: