Selasa, 06 November 2012

Gambar-Langkah Cara Install Ulang Windows 7

Cara install ulang windows 7 pada komputer disertai gambar jelas dan mudah. Tahap-tahap menginstall ulang windows 7 secara umum sama dengan tahap menginstall  windows yang lainnya. Untuk menginstall ulang windows 7, terlebih dahulu kita harus memilih atau menentukan devices yang akan digunakan untuk menginstal windows 7 anda, apakah dengan CD/DVD atau dengan Flashdisk. Untuk langkah cara menginstall ulang windows 7 bisa kita lihat seperti langkah berikut ini.

Cara install ulang windows 7 terlebih dahulu mengatur boot option sebagai langkah awal. Jika anda menggunakan CD/DVD maka silakan pilih opsi CD drive dan jika pakai flashdisk atur ke posisi flashdisk anda terbaca. cara mengatur first boot pada komputer ke CD/DVD atau flashdisk bisa anda baca tips berikut:

Restart Komputer anda, dan pada saat awal Komputer mulai menyala, biasanya akan muncul tulisan Press F... untuk setup. Maka segera tekan berulang-ulang Tombol F...tersebut (sesuai yang tertera di layar) misal F2, maka yang anda tekan adalah F2. Setelah tekan tombol tersebut maka akan masuk ke mode Setup Bios.


Setelah itu akan muncul menu Bios (mungkin akan berbeda di setiap komputer)

Pilih pada tulisan Boot


Pada CD-ROM Boot Priority, kemudian anda pilih First Boot Device (CDROM).
Selanjutnya tekan Tombol F10 untuk menyimpan dan keluar atau exit, selanjutnya komputer akan Restart.

Jika menggunakan Flashdisk, colokkan Flashdisk installer anda (yang telah berisi file OS windows 7). Jika menggunakan CD/DVD bisa dimasukkan nanti.

Hidupkan komputer anda.

Setelah komputer menyala, segera tekan berulang-ulang tombol ESC dan F1 secara bergantian, untuk menampilkan menu pilihan '' Please select your boot device '' (menentukan cara booting), disana akan ada pilihan dari hardisk, CD/DVD atau Flashdisk (merek flashdisk akan tercantum). Untuk memilih, gunakan tombol panah naik turun.

Jika sudah yakin, tekan Enter. Untuk yang menggunakan CD/DVD , masukkan dahulu CD/DVD -nya, kemudian Enter.
Selanjutnya harap tunggu sampai proses booting selesai.


Jika pakai flashdisk:
Colokkan Flasdisk installer anda, dan untuk CD/DVD bisa nanti saja.

Hidupkan komputer anda.

Setelah komputer mulai menyala, segera tekan F2 berulang-ulang untuk menghadirkan/masuk ke menu BIOS (tombol mungkin akan berbeda-beda untuk setiap komputer, bisa ESC dan F1, F2 , Del atau kombinasi beberapa tombol).

Dan setelah itu, masuk ke menu BIOS, lalu pilih pada link '' Exit '' (gunakan tombol panah ke kanan), kemudian " Enter "

Akan muncul pilihan untuk boot, apakah dari Hardisk, CD/DVD atau Flashdisk. Untuk memilihnya, gunakan tombol panah atas bawah.
Dan jika ingin menggunakan media boot dari CD/DVD, masukkan CD/DVD anda.
   
Silakan tekan '' Enter '' dan tunggu hingga proses boot selesai.

Setelah mengatur Boot, Exit lalu Restart komputer.

Setelah komputer menyala akan tampil perintah "Press any key to boot from CD or DVD... " artinya anda tekan sembarang tombol di keyboard, dan akan terjadi proses pemuatan file (loading file).

Akan tampil menu pengisian Bahasa, format waktu, dan Metode Keyboard, isi menu, lalu klik '' Next ''

cara instal windows 7
Lanjutkan klik '' Install now '', beri centang pada  '' I accept the license terms, lalu klik '' Next ''

Muncul pilihan, klik pada menu '' Custom Advanced ''.

cara instal windows 7.b
Tampil menu Drive Options. Pada setiap komputer pengaturan atau jumlah drive akan berbeda, yang utama untuk proses ini (untuk install windows 7) adalah pada Drive System Reserved dan Drive C  nya.


Pilih di menu drive options lalu anda pilih  Disk 0 Partition 1 System Reserved  kemudian pilih '' Format ''

Kemudian pilih Disk 0 Partition (drive C), lalu pilih '' Format ''.

Tetap pilih Drive C lalu teruskan dengan klik '' Next ''



Sistem akan mengkopi dan menginstal windows 7 dan setelah selesai komputer akan Restart. Kemudian saat komputer menyala dan tampil tulisan " Press any key to boot from CD or DVD... " anda biarkan saja, sampai gambar selanjutnya tampil.



Tahap selanjutnya masuk ke menu pengisian personalisasi, isikan sesuai perintah (untuk pengisian password sebaiknya dikosongkan terlebih dahulu) sekarang pilih '' Next ''



Pada product key , juga bisa diisi nanti (dengan pilih Ask me later).

Pilih pengaturan waktu / zona waktu. Tunggu hingga Windows 7 berhasil terinstall ulang.



Windows 7  berhasil terinstall ulang .



Sebenarnya anda akan lebih paham jika langsung mempraktekkannya. Jadi jangan takut untuk mencoba, karena jika gagal tidak akan merusak kok, hanya perlu diulang lagi hingga benar dan sukses. Itulah apa yang dapat saya sampaikan untuk langkah cara install ulang windows 7, semoga bisa membantu

Tidak ada komentar: