GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Mengatasi Komputer Tidak Bisa Startup | Musttrie's Blog
Song&starring: Jabrik. Video editor: musttrie.

Iklan Klik saya

Monday, November 26, 2012

Mengatasi Komputer Tidak Bisa Startup


Pernah mengalami komputer tidak bisa Startup OS Windows (komputer tidak bisa masuk dan membuka ke Windows). Ada beberapa hal/alasan yang mungkin terjadi mengapa Windows tidak bisa dibuka (tidak bisa Startup). Untuk mengatasi gangguan/masalah tidak bisa masuk dan membuka ke Windows, memang perlu ketelitian dan menjalankan beberapa cara (tahap) yang bisa anda tempuh, jika cara satu gagal maka anda perlu mencari cara lainnya untuk mengatasi gangguan/masalah tidak bisa masuk dan membuka ke Windows (startup).

Hal yang bisa menyebabkan komputer tidak bisa masuk ke Windows (Startup) antara lain adalah:

- File Sistem operasi Windows yang terhapus.

- Virus, spyware atau trojan yang merusak file dan mengganggu proses loading (startup)

- Kerusakan file (driver) yang menyebabkan Windows gagal untuk membaca.

- Kerusakan pada hardware, (memori komputer atau harddisk)

- Sistem operasi Windows yang belum selesai terinstall / rusak.

- Setting BIOS yang salah atau telah diubah lagi.



Analisa mengatasi komputer tidak bisa Startup Windows:

Cobalah untuk melakukan Startup dengan menggunakan cara safe mode yakni dengan cara tekan F8 atau F5. Selanjutnya ketika komputer mulai menyala / mulai masuk ke Windows, pilih pada safe mode, Nah, kalau dengan cara ini komputer berhasil masuk ke Windows berarti ada masalah dengan loading yang tidak bisa terbaca oleh Windows anda. Anda matikan loading tersebut melalui start -> run -> msconfig dan pilih pada bagian startup.

Cara kedua adalah repair Windows. Masukkan CD instalasi Windows, dan atur pada menu BIOS untuk cara startup menggunakan CD/DVD-ROM. Setelah anda masuk ke bagian install Windows, silakan anda pilih opsi repair Windows. Dari sini Anda bisa menginstall ulang file Windows ke folder yang baru. Dan jika ternyata repair Windows gagal anda bisa menformat harddisk. Jangan ubah setting BIOS anda. Atau mungkin jika BIOS bermasalah anda bisa mengembalikan ke opsi Loading BIOS default.

Driver VGA rusak. VGA card yang rusak juga akan menyebabkan Windows tidak bisa dimuat/dibaca. Langkah yang bisa anda ambil adalah melakukan startup di mode safe mode. Kemudian lakukan uninstall driver VGA yang rusak tadi, setelah itu lakukan install kembali driver VGA anda ketika masuk ke Windows yang sudah normal.

Jika langkah-langkah tadi ternyata belum juga berhasil ada kemungkinan terjadi kerusakan pada hardware, seperti memori, harddisk, VGA hingga kerusakan pada mainboard. Sebaiknya anda datang ke teknisi, agar lebih aman. Demikian tips analisa mengatasi komputer tidak bisa Startup Windows (komputer tidak bisa masuk dan membuka ke Windows).

Artikel terbaru cara komputer tidak bisa Startup OS Windows.

KlikSaya.com


3 comments:

Samiyo Dindin said...

bagaimana cara mengatasi bios agar tidak diubah lagi gan? mhon bimbingannya

kunjungi juga di http://bongkardong.blogspot.com

Samiyo Dindin said...

makasihgan untuk tutorialnya jangan lupa mampir di catatan service laptop

Asrizal Wahdan Wilsa said...

Makasih Solusi Mengatasi Windows 7 Gagal Booting berhasil kang