Wednesday, October 31, 2012

Tips Mencegah Rambut Beruban

Rambut beruban dan cara mencegah/mengatasi rambut beruban. Tips mencegah rambut beruban yang dapat anda lakukan. Jika anda masih muda, namun rambut sudah mulai memutih, tentu sangat tidak menyenangkan. Karena pekerjaan yang berat, terlalu sibuk, atau ada masalah pada rambut ataupun faktor pola hidup dan makanan bisa menjadi penyebab munculnya uban lebih awal. Di masa saat ini memang cenderung orang lebih cepat beruban dibanding waktu dahulu. Nah, jika anda termasuk orang yang sudah beruban di usia muda, mungkin tips cara mencegah rambut beruban berikut dapat bermanfaat.



Tips mencegah rambut beruban:


* Istirahat yang cukup dan luangkan waktu bersantai

Secara umum penyebab rambut beruban adalah stres berlebihan. Nah, pada saat kita mengalami Stres, maka produksi hormon pada tubuh kita akan terganggu, termasuk hormon yang bertanggung-jawab/berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut. Maka anda perlu luangkan waktu untuk bersantai rekreasi ke alam bebas, atau juga pergi spa salon, mandi air hangat dan olahraga ringan yang bisa membuat tubuh Anda lebih rileks dan nyaman.


* Berhenti merokok

Jangan salah, merokok juga menjadi faktor penyebab penuaan dini dan rambut beruban. Rokok mengandung racun Carchinogen dan Nikotin yang akan merusak/meracuni berbagai bagian tubuh kita, diantaranya rambut. Perokok berat akan lebih cepat beruban dan keriput dibanding yang tidak merokok.


* Minum air putih yang cukup

Ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi, saat kita mengalami dehidrasi, maka pengiriman nutrisi akan mengalami gangguan untuk mencapai folikel rambut, dan tentu kesehatan rambut akan terganggu. Pigmen yang mengatur warna rambut akan terganggu dan akibatnya adalah rambut memutih.


* Konsumsi mineral dan zat besi yang cukup

Jika tubuh kita kekurangan zat besi dan mineral akan menjadi penyebab kerusakan rambut dan uban. Pola makan yang seimbang, nutrisi yang cukup dengan perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah dapat membantu mencukupi kebutuhan akan zat besi.


* Konsumsi protein yang cukup

Setiap hari, kita harus selalu mengkonsumsi Protein, karena zat ini akan menjaga kesehatan tubuh kita. Sumber protein yang baik antara lain: Ayam, telur dan ikan salmon.


* Tidur yang cukup

Tidur menjadi cara yang paling ampuh untuk proses relaxasi tubuh kita, setelah menjalani pekerjaan yang cukup menyita tenaga dan pikiran. Pastikan anda istirahat dan tidur yang cukup. Biasakan waktu tidur kita kurang lebih 6-7 jam dalam sehari.


* Lupakan untuk mencabuti uban

Jangan mencabuti uban anda, ini sangat tidak dianjurkan, karena akan mengganggu kesehatan rambut anda. Syaraf yang terdapat di bawah kulit kepala akan rusak akibat kita sering mencabut uban, termasuk pembentuk pigmen rambut. Jadi, hindarilah kebiasaan mencabut uban. Demikian tips mencegah rambut beruban, semoga bermanfaat dan jaga terus kesehatan anda.