Senin, 16 April 2012

Gejala, Penanganan dan Pengobatan Gagal Ginjal



Bagaimana kita memahami gejala-gejala gagal Ginjal, pengobatan dan penanganan penyakit gagal Ginjal? Gejala-gejala gagal Ginjal bisa kita lihat dengan tanda atau ciri antara lain kencing terasa sakit, kencing hanya sedikit, air kencing/urine berwarna merah, demam, kaki bengkak, mata bengkak, nyeri pinggang yang hebat dan lain-lain. Pada kasus penyakit Gagal Ginjal, fungsi organ ginjal menjadi sangat menurun hingga tidak mampu bekerja sama sekali. Ginjal bertugas dalam hal penyaringan dan pembuangan elektrolit tubuh, mengatur dan menjaga cairan tubuh, zat kimia tubuh tetap seimbang, mengontrol kandungan sodium dan kalium didalam darah dan memproduksi urine.

Penyakit gagal ginjal sering dialami pada mereka yang berusia lanjut, namun banyak juga yang menyerang remaja atau dewasa dan menyerang penderita penyakit berat/serius. Penyakit gagal ginjal memang sangat dipengaruhi oleh akibat penyakit-penyakit lain yang diderita oleh para penderitanya. Ada beberapa jenis penyakit yang dapat memicu terjadinya kerusakan-kerusakan ginjal dan menimbulkan penyakit gagal ginjal ini. Gagal ginjal terjadi karena banyak faktor penyebab yang harus kita waspadai. Penyakit gagal ginjal akan terjadi secara perlahan dimana fungsi ginjal kian menurun hingga menuju ketingkat yang paling parah yakni kerusakan ginjal yang sama sekali tidak mampu lagi bekerja atau berfunngsi. Penyakit Gagal Ginjal didefinisikan menjadi dua macam / jenis serangan gagal ginjal yakni akut dan kronik.



Penyakit yang dapat merusak fungsi ginjal:


~ Penyakit Diabetes Mellitus
~ Penyakit tekanan darah tinggi / Hipertensi
~ Penyumbatan saluran kemih karena batu, tumor atau penyempitan
~ Lupus , kelainan autoimun
~ Penyakit kanker
~ Kelainan pada ginjal
~ Kista pada organ ginjal (polycystic kidney disease)
~ Peradangan / infeksi, sel penyaring ginjal rusak (Glomerulonephritis)
~ Hilang banyak carian secara tiba-tiba seperti muntaber / perdarahan
~ Penyakit Paru (TBC)
~ Sifilis
~ Malaria
~ Hepatitis
~ Preeklampsia
~ Obat-obatan, Amiloidosis.



Gejala atau ciri ciri Penyakit Gagal Ginjal:

* Kencing terasa sakit
* Kencing hanya sedikit
* Air kencing/urine berwarna merah/darah
* Sering kencing
* Demam
* Kaki bengkak, mata bengkak
* Nyeri pinggang yang hebat
* Lemas/kurang nafsu makan
* Mual, muntah, gatal
* Sesak napas
* Pucat/anemia
* Kelainan Urine (Protein, Darah / Eritrosit, Sel Darah Putih, Bakteri)
* Dalam uji Lab (Creatinine darah naik, Hb turun)

Zat yang baik dan membantu menjaga kesehatan ginjal misalnya Magnesium yang bermanfaat: membantu proses metabolisme, baik untuk perkembangan syaraf, mengontrol keseimbangan garam, mengatasi kencing manis, mengontrol tekanan darah, memperbaiki pankreas, memperbaiki kerusakan pada syaraf otot, memelihara ginjal, meringankan asam urat, gout / encok, menurunkan tekanan darah tinggi. Zinc bermanfaat: memperbaiki komponen insulin menyembuhkan luka, luka bakar, mengatasi kencing manis. Potasium bermanfaat: memelihara otot-otot jantung, sistim syaraf, dan ginjal, membantu ginjal mengeluarkan toksin / racun dalam tubuh, memperbaiki pernafasan, mengatasi kencing manis.

Pemeriksaan dokter ahli ginjal (Nephrologist) sangat penting untuk memeriksa organ ginjal apakah mengalami pembesaran atau pembengkakan organ ginjal. Pemeriksaan laboratorium/ test darah dan urine untuk melihat kadar elektrolit sodium dan potassium/kalium. Sebagian kasus mungkin akan dilakukan pemasangan selang kateter untuk mengeluarkan urine. Dokter juga penting untuk mengambil gambar struktur ginjal ( dengan Ultrasound, Computed tomography Scans, Magnetic Resonance Imaging Scans) atau melakukan Biopsy (mengambil sample jaringan ginjal).

Penanganan / pengobatan akan tergantung dari penyebab terjadinya gagal ginjal. Penyebab terjadinya gagal ginjal inilah yang sangat harus diperhatikan dan diobati terlebih dahulu guna meminimalkan terjadinya komplikasi dan memperlambat ke perkembangan penyakit yang semakin serius. Jika penderita gagal ginjal ini dipicu oleh penyakit lain maka dokter akan memberikan obat /teraphy terhadap jenis penyakit tersebut agar bisa dikontrol/disembuhkan. Penderita gagal ginjal harus selalu dipantau terhadap pemasukan dan pengeluaran cairan untuk kemudian dilakukan uji/test. Cuci darah / Haemodialisa dialysis mungkin juga harus dilakukan dalam kondisi tertentu, atau bahkan transplantasi atau pencangkokan ginjal. Dalam mengantisipasi terjadinya gejala yang lebih lanjut pemeriksaan/test laboratorium sangat diperlukan, Disarankan penderita berhati-hati dalam menggunakan obat-obatan atau antibiotik.



1 komentar:

Dompet Kulit Pria mengatakan...

woooww thank you :)