GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Cara Merawat Iguana | Musttrie's Blog

Iklan Klik saya

Thursday, February 9, 2012

Cara Merawat Iguana



Cara merawat berbagai jenis Iguana perlu ketelatenan dengan cara yang benar/aman. Dalam pemeliharaan / cara merawat Iguana banyak hal yang harus diperhatikan agar binatang kesayangan tidak sakit dan sehat. Iguana adalah binatang yang berasal dari Amerika. Kebanyakan Iguana berasal dari Columbus, El Salvador, Hoduras, Peru, Mexico, Suriname dan lainnya. Iguana termasuk binatang Kadal yang memiliki lima jari di tiap kakinya, berjengger dan memiliki duri yang berada di sepajang punggungnya, cantik seperti binatang purba jaman dahulu. Pada waktu masih kecil warna iguana berwarna hijau, tapi setelah mereka dewasa warnanya berubah menjadi coklat / oranye dan ekornya bermotif garis-garis.

Cara merawat berbagai jenis Iguana yang ada harus memperhatikan kondisi kandang yang cukup luas dengan lingkungan yang mirip suasana alam sesuai habitatnya. Iguana menyukai tempat di pohon atau ranting jadi berikan sebaik mungkin tempat-tempat yang ia butuhkan dan disenangi. Iguana perlu tempat yang hangat karena berasal dari tempat yang bersuhu tropis. Dengan suhu berkisar 26 C s/d 29 C untuk tempat berteduh dan tempat berjemur diluar bersuhu 32 C s/d 35 C. Iguana membutuhkan sinar ultra violet yang cukup untuk menjaga metabolisme dan pertumbuhan tulang, panas dan pencahayaan yang baik. Alas bisa menggunakan kertas atau karpet agar mudah dibersihkan.


Cara merawat berbagai jenis Iguana membutuhkan kelembaban antara 65 % – 75 % . Kita bisa menggunakan mesin semprot air ataupun dengan menyemprot secara manual 2 kali sehari untuk mempertahankan kelembabannya. Sebagai pemakan tumbuhan, Iguana sebaiknya diberikan makanan dari bahan yang terbuat dari tumbuhan dengan kriteria 40 – 45 % hijau-hijauan (collard,turnip,mustard,dandelion,escalore dan Cress) , Kemudian 40 – 45% adalah sayuran seperti (green bean, butternut, kabocha, snap atau peas, asparagus, pasnipokra, alfalfa, onions, mushrooms, zucchini, yellow squash, bell peppers, sweet potato dan carrot ). Selanjutnya 5 – 10 % adalah (Blackberris, strawberri, grapes, raspberri, apel, manggo, melon, papaya dan banana .Iguana memang binatang pemakan sayur, tapi iguana juga perlu untuk diet dengan asupan berbagai macam makanan yang bervariasi dan bergizi. Kata orang selada Romaine adalah makanan yang tidak baik bagi iguana, padahal sebenarnya selada Romaine adalah makanan pilihan yang cukup baik untuk iguana. Iguana juga suka makanan yg berwarna hijau, labu dan sejenisnya. Untuk bayam berikan porsi yang sedang-sedang saja dan harus dijaga pada tingkat minimal. Zat besi yang terkandung didalamnya akan menyerap vitamin & mineral lain pada tubuh Iguana.

Cara merawat berbagai jenis Iguana

Makanan
- Kembang sepatu, jeruk, melon, semangka.
- Table diet (makanan pokok) Iguana adalah:
Acorn Squash, Collard Greens, Dandelion Greens, Mustard Greens, Turnip Greens, Alfalfa, Butternut Squash, Snap Peas, Cactus Leaves, Endive, Green Beans, Kabocha Squash, Mango,Yucca Root Okra, Papaya, Parsnip.

- Makanan selingan:
Asparagus, Apples, Blackberries, Beets, Bananas, Brussel Sprouts, Cantelope, Cabbage, Carrots, Coriander, Cauliflower, Celery, Cucumber, Honeydew, Kale, Kiwi Fruit, Mushrooms, Peaches, Pumpkin, Parsley, Pears, Spaghetti Squash, Swiss Chard, Spinach, Watermelon,Sweet Potato, Yellow Squash. Untuk makanan tambahan : Dahlia, Grapes, Hibiscus, Nasturtiums, Raspberries, Strawberries.

Cara merawat Iguana memerlukan pengelolaan yang serius dan benar. Untuk menambah asupan protein yang juga diperlukan oleh iguana Anda dapat melakukan cara seperti ini. Campurkan putih telur rebus kedalam makanannya atau berikan jangkrik hidup-hidup dan membiarkan iguana menangkapnya untuk melatih iguana agar sedikit lebih agresif. Perawatan yang kurang baik hanya akan menyebabkan Iguana mudah sakit dan lemah. Kandang yang selalu bersih harus dijaga dengan cara alas dan kandang dibersihkan dengan pemutih yang dicampur air sebanyak 5 %, kemudian disiram atau dibilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa pemutih, guna menghindari Iguana tidak terkena racun yang mungkin ada. Untuk selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan sebaiknya selalu mencuci peralatan yang digunakan baik sebelum maupun sesudah digunakan.

Cara merawat berbagai jenis Iguana ini bisa menjadi petunjuk bagi Anda. Jenis Iguana yang paling terkenal adalah Rhinoceros berasal dari kepulauan Hispaniola. Wujud & bentuk iguana cukup besar & menakjubkan dan menjadi spesies yang paling diminati. Banyak orang yang memelihara Rhinoceros iguana sebagai koleksi pribadi karena memang sangat bagus. Ada rhinoceros iguana yang sangat jinak, namun ada juga rhinoceros iguana yang sangat agresif & menggigit. Rhinoceros iguana menyukai tempat yang besar dan luas sesuai sifatnya yang liar dan akan tumbuh dengan baik jika ditempatkan dalam kandang yang besar dan berada di luar ruangan. Kandang di luar ruangan sangat memungkinkan untuk hidup lebih bebas dan alami dan memungkinkan Rhinoceros iguana mendapatkan sinar matahari & suhu yang cukup. Selain itu perlu juga di berikan tempat bersembunyi yang lebih besar untuk melindungi agar aman dan nyaman. Semoga bermanfaat, dan itu dulu yang dapat kami sampaikan tentang cara merawat berbagai jenis Iguana.
KlikSaya.com


1 comment:

egi kusmayadi said...

waahhh terimakasih untuk tips yang telh di berikan..
sangat bermanfat but saya yang hobby memelihara iguana (y)
terimakasih ;)

mampir yukkk http://tanjungherbal.com/ace-maxs/