Jumat, 14 Agustus 2015

Tips Cara Merawat Laptop (Harddisk) Lebih Awet

Bagaimana cara merawat Laptop atau komputer+Harddisk lebih awet dan cara mengatasi bad sector/fragmented? Kita akan bahas tips cara merawat laptop (hardddisk) agar lebih awet dengan perawatan yang harus anda lakukan. Berikut cara menjaga Laptop atau komputer dan perawatan selengkapnya.

Cara menjaga & merawat Laptop atau komputer lebih awet dan hal yang harus dilakukan. Salah satu faktor yang turut menentukan keawetan sebuah laptop adalah cara penggunaan dan juga perawatannya. Penggunaan yang tidak baik, juga akan mempengaruhi umur laptop anda, terutama komponen seperti harddisk atau prosesor.

Berikut Tips yang bisa anda lakukan:

Anda bisa install software TuneUp Utilities.
Software ini mungkin paling banyak digunakan oleh para pengguna laptop. Dengan TuneUp Utilities anda bisa pilih TuneUp 1-click Maintainance untuk melakukan defragment ,clean-up, disk doctor, dan lainnya. Jika anda menginstal software ini, anda bisa memilih fungsi yang ada ( buka Start > All Program > TuneUP Utilities > All functins). Anda juga bisa jalankan TuneUp 1-click Maintainance setiap selesai menggunakan laptop. Untuk info selengkapnya tentang Tune-up Utilities bisa anda dapatkan disini.


Melakukan checking drive melalui windows explorer.
- Anda bisa lakukan ini dengan cara tekan tombol Windows + E, kemudian klik kanan di Local Disk (:\C) lalu pilih Properties.
 
- Pada TAB General anda bisa klik disk clean-up, maka scanning akan berjalan, Lalu > OK
Pada TAB Tools, klik di Check now ...lalu centang semua check disk options.


- Akan muncul perintah scheduled, lalu anda klik di schedule disk check, selanjutnya restart komputer anda maka akan masuk ke checking file system.

- Silakan tunggu hingga proses selesai (mungkin cukup lama) dan jika sudah finish maka Laptop akan restart sendiri. Cara ini akan mengatasi error system dan juga recovery bad sector di harddisk anda.

- Kemudian masih di TAB yang sama (Tools), anda juga bisa lakukan (klik) Defragment now... Fungsi dari tool ini untuk merapikan kembali data-data pada disk anda yang mungkin sudah ter-acak, kembali ke posisi urut dan runtut. Pada opsi ini anda juga bisa membuat schedule (jadwal) dengan klik tombol configure schedule... (otomatis bekerja sesuai jadwal yang telah anda atur) jika tidak juga tidak apa-apa.

Cara cek dan repair harddisk dengan Hiren's boot
Download dan cara Instal Hiren's boot pada Flashdisk

Sebenarnya masih banyak lagi cara lain untuk merawat laptop (harddisk) agar ebih awet dengan tool sofware lainnya. Penggunaan yang baik juga akan berpengaruh terhadap perangkat anda, gunakan fans (kipas) jika penggunaan berlangsung lama dan untuk pekerjaan yang berat-berat. Setiap saat anda bersihkan, bagian kipas dan soket lainnya dari debu/kotoran. Semoga bermanfaat.