Selasa, 19 Februari 2013

Khasiat, Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan


Khasiat dan manfaat Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh kaya akan vitamin A dan C, zat besi, dan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Khasiat atau anfaat Belimbing Wuluh bagi tubuh kita bisa digunakan sebagai obat tradisional yang mujarab, meski rasanya yang masam, Belimbing wuluh selain memiliki kandungan nutrisi Vitamin A dan C, juga ada Karbohidrat, Serat, Kalori, Protein, dan Lemak.


Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan:

Telah diketahui bahwa buah belimbing banyak mengandung asam askorbat. Zat ini berperanan penting bagi kebugaran tubuh kita, yakni membantu menjaga kesehatan tulang, gigi, selaput lendir, kesehatan kulit dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.


Vitamin B juga terdapat pada buah belimbing terutama vitamin B5 (asam pantotenat) dan derivatif yang akan membantu menurunkan kolesterol serta membantu mempercepat penyembuhan luka pada tubuh.

Belimbing mengandung folat (vitamin B9) yang berperan penting untuk mencegah cacat lahir. Selain itu folat mampu mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Belimbing mengandung beta-karoten. Beta-karoten akan diubah menjadi retinol atau vitamin A. Berperan dalam memperbaiki penglihatan dan meningkatkan nafsu makan.

Antimikroba terhadap Bacillus cereus, E. coli, Salmonella typhi dan Staphylococcus aureus juga ada dalam buah belimbing dan juga antioksidan yang baik.

Belimbing mengandung Kalium membantu mengontrol tingkat tekanan darah.

Zat besi pada Belimbing untuk menjaga keseimbangan sel darah merah.

Kalsium dan magnesium, berfungsi membantu menguatkan tulang dan gigi.

Serat pada buah belimbing membantu mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kondisi sistem pencernaan tetap sehat dan lancar.


Dalam buah belimbing, kandungan nutrisi per 137g adalah:
- Vitamin C 29mg
- Karbohidrat: 10.7gram
- Serat: 3.7gram
- Kalori: 45
- Protein: 0.74 gram
- Lemak: 0.48gram.

Demikian informasi khasiat dan manfaat Belimbing (Wuluh) bagi kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar: