Minggu, 23 Desember 2012

Mengatasi Gigi Sensitif, Penyebab & Pencegahan

Mengatasi Gigi Sensitif, Penyebab & Pencegahan

Masalah gigi sensitif, penyebab gigi sensitif adalah menipisnya enamel, penurunan gusi dan dentin yang terbuka menyebabkan dentine hypersensitive. Cara mengatasi gigi sensitif dengan menghindari faktor penyebab/pemicu munculnya gigi sensitif, menggosok gigi dengan cara dan waktu yang tepat, hindari penggunaan Bleaching (pemutihan permukaan gigi) dan faktor lainnya .Gigi Sensitif, penyebab dan pencegahannya bisa kita rinci sebagai berikut.

.
Penyebab gigi sensitif (dentine hypersensitive) adalah akibat menipisnya enamel, penurunan gusi dan Kondisi dentin (lapisan di bawah enamel) yang terbuka, sebuah. Rasa ngilu dan nyeri yang ditimbulkan oleh faktor sensitivitas terjadi di dalam saraf gigi, yang kadang muncul kadang hilang, muncul sementara dan sementara yang berkala. Secara umum yang belum kita pahami dengan baik adalah saat kita menggosok gigi terkadang memberi tekanan yang berlebih. Cara ini adalah salah, karena tekanan berlebih akan dapat membuat gusi mengalami iritasi, gusi menurun dari leher gigi dan dampak selanjutnya akar gigi akan terbuka (resesi gingiva), leher gigi berlubang dan ketebalan lapisan email akan terkikis/berkurang. Inilah yang menyebabkan gigi ngilu/nyeri saat minum air dingin, rasa asam, manis atau tersentuh bulu sikat gigi.


Kondisi rongga mulut yang buruk (Oral hygiene), penumpukan plak/karang gigi akan menjadi sarang kuman dalam rongga mulut yang bisa membuat masalah gigi semakin serius. Lama-kelamaan karang gigi dapat membuat iritasi pada bagian gusi, sehingga gusi akan mudah berdarah dan menimbulkan masalah bau mulut. Selain itu, pembentukan lapisan email gigi yang kurang sempurna (ename hypoplasia) juga dapat menyebabkan gigi sensitif. Faktor lain pemicu gigi sensitif adalah Food impaksi/penumpukan sisa-sisa makanan di sela sela gigi dan menyusup masuk melalui leher gigi dan sulit untuk dibersihkan, lama kelamaan terjadi penumpukan, sehingga menekan saku gusi semakin dalam dari kondisi normal.


Penyebab gigi sensitif terutama karena:
1. Penurunan Gusi.
2. Orah Hygiene yang buruk.
3. Pengaruh Bleaching ( Pemutihan permukaan gigi).
4. Terkikisnya Email gigi.
5. Cara menyikat gigi yang salah (terlalu kuat).


Tips pencegahan gigi sensitif

- Mengurangi tekanan berlebih saat anda menggosok gigi

- Gunakan/pakai sikat gigi dengan jenis bulu sikat yang lembut.

- Menggosok gigi dengan cara, waktu yang benar/teratur.

- Gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif

- Periksa ke dokter gigi secara teratur / rutin.

- Hindari minum atau makan panas dan dingin dalam waktu bersamaan.

- Gunakan pasta gigi zat strontium chloride/ potassium nitrate/ fluoride

- Obat kumur untuk gigi sensitif.

- Jika akar gigi terbuka, timbul lubang pada leher gigi lakukan penambalan.

- Untuk mahkota gigi/email gigi tipis (hypoplasia enamel) bisa hubungi dokter gigi untuk memasang mahkota pelindung gigi.

- Datang ke dokter gigi untuk menutup porus-porus/tubuli dentin dengan menggunakan compound oxalate atau bonding agent.

Memelihara kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang penting untuk mencegah gigi sensitif. Demikianlah tips mengatasi Gigi Sensitif, penyebab & pencegahannya, semoga bermanfaat.