Sabtu, 29 September 2012

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan


Lidah buaya (Aloevera)
Memiliki nama latin Aloe vera, Lidah buaya mempunyai manfaat yang baik untuk Kesehatan. Manfaat Lidah buaya yang sering kita gunakan adalah Lidah buaya sebagai obat dan kosmetik. Lidah buaya tumbuh baik di daerah tropis dan subtropis seperti Indonesia, Afrika Selatan dan Amerika Latin. Manfaat Lidah buaya untuk dunia kosmetik bisa kita lihat pada penggunaan lidah buaya sebagai bahan dasar produk perawatan kulit, dan bahan dasar untuk perawatan rambut. Senyawa biologis aktif yang terkandung dalam. Lidah buaya merupakan bahan yang baik untuk bahan dasar obat dengan mengandung zat seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, dan berbagai jenis lektin. Dari penelitian, ada kurang lebih 75 jenis zat dan 200 senyawa lain terkandung di dalam Lidah buaya yang bermanfaat untuk digunakan dalam pengobatan herbal.



Lidah buaya mengandung saponin yang berfungsi sebagai anti-mikroba, dan 20 dari 22 jenis asam amino, juga berbagai jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, memiliki enzim yang membantu pencernaan dan mengurangi peradangan, membantu mengatur dan memperbaiki sistem pencernaan. Selain itu Lidah buaya juga sangat baik untuk melindungi dan mencegah gangguan kulit akibat terpapar sinar sinar matahari mampu meredam rasa panas, membantu meremajakan sel kulit dengan merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Dari riset di University of Mariland Medical Center menjelaskan bahwa lidah buaya sangat baik untuk mengobati iritasi kulit akibat luka bakar dan jauh lebih cepat sembuh dibandingkan pengobatan tanpa menggunakan lidah buaya.



Manfaat lidah buaya untuk kesehatan:

~ Apabila dikonsumsi sebagai jus, lidah buaya ampuh sebagai peluruh racun alami dan berfungsi sebagai detoksifikasi.

~ Lidah buaya mengandung aneka vitamin dan mineral, membantu tubuh tetap fit dan mengatasi stres.

~ Sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan. Lidah buaya adalah obat alami untuk panas perut, iritasi usus dan tukak lambung, zat yang terkandung di Lidah buaya dapat menenangkan esofagus dan mengatasi refluks asam, sehingga mengurangi rasa sakit.

~ Lidah buaya juga baik dalam memperbaiki gusi yang sakit / rusak dan menjaga kesehatan mulut kita, mencegah sariawan dan bibir kering

~ Baik untuk perawatan kulit dan kecantikan dan detoksifikasi kulit. Ampuh menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas luka, untuk menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, serta perbaikan dan peremajaan kulit tubuh, membuat kulit lebih halus.

~ Atasi gangguan Diabetes. Lidah buaya akan menurunkan / mengurangi kadar gula darah penderita Diabetes sekitar 45 persen, jika mengonsumsi satu sendok jus lidah buaya selama sekitar 14 minggu.

~ Lidah buaya juga baik sebagai obat pencahar yang kuat, membantu peristaltik dan gerakan usus dengan bantuan Aloe lateks yang mengandung antrakuinon glycosidesaloin A dan B.

~ Membantu diet, untuk menurunkan berat badan, jika kita rajin minum jus lidah buaya.

~ Lidah buaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan daya tahan. Lidah buaya merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas, dan mencegah munculnya sel kanker.

~ Lidah buaya memiliki gel yang dapat mengatasi luka bakar menyembuhkan dan memperbaiki kulit rusak akibat luka bakar, melindungi kulit rusak akibat paparan sinar matahari.

~ Untuk perawatan rambut, menguatkan akar rambut dan atasi gangguan ketombe juga membantu mengurangi gatal, rambut lebih lebat, kuat dan hitam.

~ Untuk mengatasi sariawan/masalah gusi.

~ Untuk mengurangi jerawat.

~ Mengatasi rasa gatal karena gigitan serangga.

~ Dapat diolah sebagai bahan makanan atau sirup

Demikianlah beberapa manfaat dari lidah buaya yang bisa kita peroleh untuk kesehatan kita, semoga menjadi info yang bermanfaat dan terima-kasih telah berkunjung di blog saya.