Sunday, February 26, 2017

Muncul pesan Runtime Error Pada Komputer apa solusinya?

Muncul pesan Runtime Error Pada Komputer dengan kode tertentu. Pernahkah pada saat menjalankan komputer tiba-tiba muncul pesan error dengan kode tertentu di layar sehingga perintah menjadi gagal loading atau hank mendadak. Ya, kondisi ini memang banyak faktor yang bisa menyebabkan komputer muncul pesan Runtime Error. Kita akan mencoba menganalisa apa penyebab dan cara mengatasi muncul pesan Runtime Error Pada Komputer.

Pesan Runtime Error Pada Komputer bisa menyebabkan PC tidak berfungsi atau mogok, hank dan sebagainya. Jika sudah begitu terpaksa harus kita matikan dengan paksa juga. Kita hidupkan lagi lalu saat muncul banyak pesan dilayar, anda bisa biarkan saja dulu sampai loading dan nyala sendiri atau bisa juga pilih save mode. Jika PC tidak bisa masuk windows, coba gunakan saja opsi save mode tadi dengan cara matikan PC, hidupkan kembali lalu saat mulai nyala tekan berulang-ulang tombol F8 hingga muncul save mode.

Selanjutnya kita akan analisa tentang penyebab muncul run-time error:
Terjadi konflik Terminate-and-stay-resident. Misal saat kita membuka program tertentu secara bersamaan, atau mengklik secara berulang-ulang/ berganti-ganti hingga program jadi not responding, ini terjadi karena perintah yang satu belum di eksekusi sudah muncul perintah lain dan sebagainya.

Kondisi run-time error juga bisa muncul karena Masalah software korupt,  Virus komputer, Masalah memori. Silakan anda baca baik-baik penjelasan kode kesalahan dan informasi tambahan dan penyebab kesalahan tersebut sebelum mengikuti rekomendasi untuk pemecahan masalah pada runtime error tersbut. Misal Anda mendapatkan runtime error dengan kode kesalahan Runtime error 75 path/file access error, cermati petunjuk yang muncul.

Konflik Terminate-and-stay-resident
Jika Anda mengalami pesan kesalahan runtime sedangkan Anda yakin ini bukan  disebabkan oleh program pihak ketiga yang anda instal atau TSR seperti diatas, maka pastikan bahwa tidak ada program atau perangkat yang sedang dibuka melalui autoexec.bat /config.sys. Untuk caranya anda bisa lakukan dulu dengan penggantian nama file temporal, untuk melakukannya, silakan ikuti langkah berikut ini.

Boot melalui MS-DOS prompt. Caranta Klik Start, lalu ketik cmd pada kotak search dan klik  cmd. Pada jendela cmd, ketik cd \ lalu tekan enter. Ketik lagi ren autoexec.bat autoexec.ch tekan enter. Ketik lagi ren config.sys config.ch tekan enter. Setelah itu, reboot komputer anda.

atasi runtime error-1

Masalah software
Ada kemungkinan bahwa program, utilitas atau games yang menyebabkan runtime error ini. Anda bisa atasi dengan memeriksa program, utilitas tadi tentang pengaturannya misalnya opsi update dan sebagainya, Jika menggunakan file Pacth matikan saja opsi update-nya, atau instal ulang aplikasinya ataupun uninstal saja dulu.

Jika Anda memiliki runtime error pada sistem operasi Anda, instal ulang sistem operasi.
Masalah dari Add-on, plug-in, atau perangkat lunak tambahan.

Pesan error runtime juga bisa disebabkan oleh Pengaya lain (addon) seperti plug-in, atau perangkat lunak tambahan lain yang telah diinstal ke komputer dan berhubungan dengan program tertentu. Jika ada addon di PC yang berhubungan dengan online, misal addons di firefox terkadang haru dilakukan update untuk bisa bekerja. Jika Anda tidak ingin repot, bisa juga dengan unsinstal program yang anda curigai penyebab error.

Masalah Virus komputer
Kita tahu virus komputer bisa merusak sistem pengaturan/file yang ada di sistem anda dan bisa  menyebabkan runtime error. Nah solusinya, pastikan PC bersih dari gangguan virus.

Masalah memori
Ini adalah masalah gangguan di perangkatnya. Jika memungkinkan anda buka dan bersihkan PC/laptop dari kotoran, lepas memory RAM dan bersihkan, pasang kembali.

Setelah itu lakukan opsi berikutnya yaitu clean boot. Cara melakukan clean boot adalah:
Klik Start, ketik msconfig.exe di kotak search dan klik msconfig.

Pada jendela System Configuration, pilih tab services lalu klik Hide all Microsoft services, dan klik Disable all, Apply > OK.

atasi runtime error-2

Setelah itu buka Task Manager, caranya klik kanan di area tool bar( layar bagian bawah atau samping notification area), lalu pilih Start Task Manager.

Pada jendela Task Manager, pada tab Applications, Processes dan Services lakukan End process pada setiap item startup yang aktif. Tutup Task Manager lalu restart komputer anda.

atasi runtime error-3

Jika dengan melakukan Clean boot, ternyata error runtime hilang, maka anda dapat menghapus komponen plugin dan lainnya dari microsoft, lalu menginstallnya kembali. dengan cara Buka Control Panel lalu pilih unistall program, cari Microsoft Visual C ++ Redistributable Packageas, Klik kanan dan pilih Uninstall, Restart komputer. Download dan install kembali paket terbaru dari Microsoft Visual C ++ Redistributable Package cari di google.

Setelah instalasi Microsoft Visual C++ library berhasil, maka  anda perlu kembali lagi ke normal startup caranya :
Klik Start, ketikkan  msconfig.exe lalu klik msconfig.    Pada jendela System Configuration, klik tab General, klik pilihan Normal Startup > OK. Selanjutnya klik tab Services, buang centang di Hide all Microsoft services, klik Enable All.

Lalu pindah/buka di Task manager, enable kembali semua program startup yang diawal tadi telah di hentikan, klik OK, Tutup Task Manager, dan restart komputer anda.
Jika belum berhasil baca juga tips lainnya berikut ini.

Bersihan dan perbaiki registry dari file yang mungkin usang atau tidak valid lagi atau mungkin file virus yang nongkrong disana. Gunakan antivirus, windows repair, clean registry yang bisa di download di google atau jika ada gunakan juga tuneup 1-Click PC bisa unduh di http://download.wondershare.com/cbs_down/1-click-pc-care_full821.exe

Uninstall atau instal ulang aplikasi atau program yang menyebabkan konflik.

Beberapa program, terutama aplikasi gratis dari Internet, terkadang memerlukan pembaruan (updated) lakukan jika anda anggap perlu. Semoga cara ini bisa membantu mengatasi  Muncul pesan Runtime Error Pada Komputer dan solusinya.