Rabu, 26 Desember 2012

Tips Diet Sehat dan Efektif

Tips memilih program diet sehat, efektif dan tepat

Diet Sehat adalah cara mengatur dan memilih pola makan yang sehat, tepat sesuai kebutuhan tubuh secara proporsional. Asupan nutrisi harus seimbang untuk memenuhi kebutuhan nilai gizi. Tips diet sehat yang bisa Anda jalankan antara lain : Sarapan pagi untuk menyuplai energi, cukup makan sayuran dan buah-buahan, mengkonsumsi buah-buahan yang cukup.




Tips Diet Sehat dan Efektif:

Sarapan pagi
Untuk memenuhi kebutuhan energi saat beraktivitas dan menghindari keinginan ngemil (mengonsumsi makanan ringan) yang biasanya banyak mengandung gula atau lemak.

Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan
Program diet yang aman dan efektif. Sayuran dan buah segar banyak mengandung fiber atau serat yang merupakan komponen makanan diet yang penting. Mengonsumsi buah dan sayuran juga sangat baik untuk menghindarkan kita dari serangan jantung dan kanker.


Buah-buahan yang baik untuk diet sehat dan efektif.

Apel

Apel mengandung flavonol (disebut quercetin) yang menurut penelitian memiliki bahan antikanker yang efektif. Selain itu Quercetin juga mengandung bahan antiradang yang bermanfaat bagi penyakit seperti arthritis. Apel mengandung vitamin C dan mengandung karbohidrat serta kaya pectin (sejenis serat).

Stroberi

Stroberi banyak mengandung vitamin C. Stroberi mengandung antioksidan yang disebut ellagic acid. Penelitian membuktikan bahwa ellagic acid dapat menghalangi / menghambat pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix dan lidah. Stroberi juga memiliki antibakteri sebagai pembersih sistem pencernaan kita, sebagai obat tradisional.

Pisang

Pisang mengandung banyak karbohidrat, sedikit mengandung karotin dan vitamin C namun kaya potasium. Buah Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang baik yang diperlukan untuk membuat serotonin dalam otak. Serotonin memiliki fungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat perasaan relaks dan mengurangi ketegangan. Pisang juga bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan bisul perut.

Melon

Melon merupakan sumber carotenoid, mengandung vitamin C dan mengandung zat gula yang baik. Zat antikanker pada Melon lycopene cukup efektif membantu mencegah tumbuhnya sel kanker. Pada Melon merah dan oranye banyak mengandung carotenoid yang dapat diubah menjadi vitamin A serta melindungi sel tubuh kita terhadap kerusakan radikal bebas dalam tubuh.

Jeruk

Jeruk juga bisa sebagai antioksidan, yakni mengandung phytochemical yang disebut hesperidin. Sebagai sumber vitamin C dan folate, mengandung pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah.

Mangga

Mangga adalah buah yang kaya carotenoid, serat, dan vitamin C. Mangga mengandung carotenoid yang disebut beta crytoxanthin yakni antioksidan yang dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk.

Kiwi

Kiwi dapat diubah menjadi sebuah senyawa dan memiliki kemampuan mengikat kanker. Dengan mengonsumsi satu buah kiwi sehari, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C orang dewasa.

Anggur

Anggur mengandung serat dan vitamin C yang rendah, namun pada kulit anggur ternyata banyak mengandung phytochemical yang disebut resveratrol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, antibakteri, mengandung antioksidan dan antikanker.

Nanas

Enzim bromelain yang terkandung pada buah Nanas, memiliki kemampuan untuk menguraikan protein. Nanas juga membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kencing, sumber vitamin C, serat serta mengandung kadar gula yang tinggi.

Makan dengan menu dan porsi yang cukup secara teratur

Makan sebelum lapar, dan berhenti makan sebelum kenyang. Biasakan makan dengan porsi kecil tetapi sering (tiap 4 jam sekali) untuk bisa mengontrol porsi makan dan menghindari rasa kelaparan.

Banyak minum air putih

Minum air putih minimal 8 gelas per hari. untuk membantu metabolisme tubuh.

Olahraga secara teratur

Dengan olah-raga secara teratur, tentu akan membuat tubuh Anda sehat, bugar dan mampu membakar lemak lebih baik.

Hindari kebiasaan makan berlebih saat kondisi perasaan kurang nyaman. Sering orang menjadikan makan sebagai pelarian misalnya saat lagi sedih sehingga makan tak terkontrol.

Hal utama dalam diet sehat adalah tetap menjaga kebugaran fisik dan stamina dengan olahraga teratur, makan teratur, dan istirahat teratur. Yang perlu diperhatikan dalam diet adalah menjaga keseimbangan antara berat badan dan stamina yang tetap terjaga. Untuk menjaga berat badan ideal dengan berolahraga tentu sangat membantu. Untuk Massa otot dapat dilatih dengan melakukan olahraga yang bersifat anaerob (olahraga yang tidak terlalu memerlukan oksigen, bersifat sedang) misalnya push-up, sit-up, squat/bending, angkat beban, dumbell, barbell dll.

Lakukan pula olahraga aerobik/kardio seperti: jogging, lari, jalan cepat, bersepeda, senam dan lainnya dengan intensitas rendah-sedang, antara 3-4 kali perpekan, masing-masing 30-40 menit atau 5-6 kali masing-masing 10-15 menit. Jika anda melakukan olahraga kardio, maka sebaiknya dilaksanakan pada saat sebelum sarapan pagi (tanpa sarapan), cukup minum air bening, bisa juga pada saat 4 jam setelah makan dan setelah anaerobik, latihan beban atau fitness.

Untuk diet, kurangi makanan berlemak seperti daging yang berwarna putih (gajih, tetelan, sumsum), minyak (gorengan), susu full cream (bisa diganti dengan susu skim), dan lemak lainnya. Kurangi dan hindari mengolah makanan dengan cara digoreng yang mengandung minyak, mentega, atau margarin dan bisa diolah dengan cara lain seperti dikukus, direbus, atau di panggang/bakar.

Makan dengan frekuensi lebih sering misalnya dari 3 kali per hari menjadi 4 atau 5 kali per hari dalam porsi yang lebih kecil dan seimbang. Cara ini lebih baik untuk lambung kita agar tidak kekurangan nutrisi yang diserap, dan mencegah rasa lapar yang timbul.

Jumlah kalori yang masuk harus diimbangi dengan proses pembakaran lemak agar tetap terkontrol dan seimbang. Bila kira-kira sehari kalori. Untuk diet ini anda dapat mengurangi sedikit jumlah kalori yang masuk, jika kita membutuhkan 2500 kalori, maka dapat di kurangi menjadi sekitar 2200 kalori secara efisien.

Dalam asupan nutrisi, perlu kombinasi yang sesuai agar berat tubuh tetap ideal, dengan perbandingan  40% karbohidrat, 40% protein, 20% lemak. Suplemen dan vitamin dengan porsi yang pas juga bisa membantu untuk stamina kita. bila perlu dan ada kesanggupan dan makanan yang mengandung serat tentunya

Perlu kita pahami bahwa Karbohidrat tidak boleh berlebih kita konsumsi, seperti nasi, umbi-umbian, sayuran, dan roti setiap gramnya akan memberikan 4 kalori. Karbohidrat tidak bertahan lama dalam mempertahankan rasa lapar, karena lambung lebih cepat dalam memproses makanan ini dan karbohidrat akan membuat kadar gula darah cepat naik serta akan disimpan sebagai cadangan tubuh sebagai lemak tubuh. Kita juga tidak boleh terlalu banyak makan sayuran dan buah, makanlah sewajarnya, buah mengandung fruktosa (gula buah) yang akan bisa diubah menjadi lemak tubuh. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda.

diet-sehat-ala-mediterranean : http://musttrie-art.blogspot.com/2012/12/tips-diet-sehat-ala-mediterranean.html

3 komentar:

Affan mengatakan...

konsumsi buah-buahan secara rutin memang efektif menurunkan berat badan untuk orang dewasa dan anak anak. selain sehat juga alami dan mudah dilakukan.

Unknown mengatakan...

Salam Kenal gan,,,
Artikelnya bagus nih...
Kalau boleh tau, untuk menjaga berat badan kita, seberapa rutin.kah kita harus berolah raga? dan baju senam apa ya yang sekiranya baik untuk berolahraga?

-Thanks-

Unknown mengatakan...

ZONA KECANTIKAN WANITA DAN KESEHATAN PRIA PERKASA TREND MASA KINI :

toko online kecantikan
obat pembesar penis
alat pembesar penis
alat pembesar payudara
bra pembesar payudara
obat perangsang wanita
proextender
obat penggemuk badan
lintah oil
obat pelangsing badan
obat pembesar payudara
cream pemontok payudara
cream pemutih badan
cream pemutih wajah
obat pemutih badan
cream pemutih ketiak
obat penghilang jerawat
pemerah bibir
cream pelangsing badan
obat perapat vagina
obat peninggi badan
perontok bulu
penghilang stretch mark
penumbuh rambut
penghilang bekas luka
pembesar pantat
pemutih gigi
crystal x
obat mata minus
pelicin vagina
selaput dara buatan
obat penghilang tatto
vagina fleshlight senter
boneka full body
✔ pembesar penis cepat
✔ Alat bantu sex
✔ toko online international