Kamis, 01 November 2012

Makanan Sehat Untuk Usus Tetap Sehat

Usus sangat berperan penting dalam proses pencernaan makanan dalam tubuh. Menjaga usus tetap sehat dengan makanan sehat yang tidak memberatkan/mengganggu kinerja usus menjadi nilai yang sangat penting untuk kesehatan anda. Sangat dianjurkan kita perlu mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah untuk menjaga proses pencernaan yang baik dan kinerja usus lebih lancar. Dari para ahli kesehatan menyatakan bahwa makanan kaya akan serat merupakan makanan yang sangat baik untuk melancarkan proses metabolisme dan dalam konteks yang lebih luas akan melindungi usus dari risiko kanker usus.


Dari para peneliti yang kami baca yakni Anneline Padayachee dari University of Queensland and Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation, telah melakukan penelitian terhadap kandungan zat dari wortel hitam yang ternyata kaya akan dua antioksidan polifenol, sangat baik untuk menangkal kanker usus. Hasil penelitian, Polifenol yang terkandung dalam wortel hitam terdiri anthocyanin dan asam fenolat sangat baik untuk menangkal terjadinya kanker usus, hingga mencapai 80 persen. Serat sangat dibutuhkan untuk menangkal kanker usus dengan kandungan antioksidan, polifenol yang terdapat dalam buah dan sayuran, sehingga kita perlu mencukupi kebutuhan akan serat bagi tubuh kita. Serat akan membawa antioksidan yang aman, kemudian mengangkut nutrisi yang bermanfaat bagi usus sekaligus melindungi usus dari kanker seperti, kanker usus besar yang sering menyerang organ kita.


Nah, apa saja makanan yang baik untuk menjaga kesehatan usus kita?  Berikut sayur dan buah yang kaya akan serat yang sangat baik untuk dikonsumsi.


Buah-buahan:

* Avokad
* Strawbberi
* Apel
* Jambu
* Leci
* Kelengkeng
* Nanas
* Pepaya
* Pir
* Pisang
* Semangka
* Mangga
* Belimbing
* Buah naga, dll


Sayuran:

* Brokoli
* Jagung
* Kubis kecil
* Kacang-kacangan.

Demikianlah informasi kesehatan yang dapat kami bagikan untuk kali ini, semoga bermanfaat dan terima-kasih atas kunjungannya.


Tidak ada komentar: