Monday, August 13, 2012

Manfaat Kacang Hijau, Obat Alami Penyakit

Kacang-hijau sebagai obat
Musttrie-art-info kesehatan. Manfaat Kacang hijau sebagai obat alami / tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit ternyata sangat mengagumkan. Kacang hijau merupakan makanan yang tahan panas, meski dimasak cukup lama khasiat kacang hijau tidak akan berkurang. Nah, apa saja khasiat atau manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh kita?. Ya, menurut para ahli kacang hijau mempunyai khasiat untuk mengobati beberapa penyakit antara lain : Varises, Maag, Peluruh kencing, Rambut rontok, Sakit kepala, Demam pada bayi, Meningkatkan stamina / gairah pria, Sakit perut,  Bisul, Biang keringat pada anak-anak dan mungkin masih banyak yang lain. Kita tahu kacang hijau selain lezat juga menjadi sumber protein nabati yang baik, mengandung vitamin A, B1, C serta beberapa mineral penting. Dan saat kacang hijau di ubah menjadi kecambah (tauge) ternyata dia mengandung vitamin E yang tidak kita ditemukan pada kacang-kacangan lain seperti kacang tanah dan kedelai. Selain bijinya, daun kacang hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai sayuran yang baik.

Manfaat Kacang hijau sebagai obat alami / tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit memang tidak diragukan lagi. Dari literatur yang saya baca, berdasar hasil penelitian Ir I.G.A. Ari Agung M (dosen Program Studi Teknologi Pangan dan Gizi Universitas 17 Agustus Surabaya, setiap 110 gram kacang hijau mengandung nilai gizi antara lain: 345 kalori, 22,2 gram protein, 1,2 gram lemak, dan juga berupa vitamin A, B1, 1,157 IU, mineral fosfor, zat besi, dan mangan yang terkandung didalamnya. Kandungan berbagai vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya sangat membantu untuk kesehatan tubuh kita dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Penyakit-penyakit yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi kacang hijau selain yang kita sebutkan diatas antara lain: radang ginjal, tekanan darah tinggi, melancarkan pencernaan, beri-beri, keracunan alkohol, pestisida, timah hitam, biang keringat, menguatkan fungsi limpa dan lambung, impotensi, TBC paru-paru,muntaber hingga mengatasi jerawat dan lain-lain.
Banyak sumber mengatakan kacang hijau menjadi penurun demam terbaik.



Khasiat kacang hijau untuk mengobati penyakit:

Peluruh kencing

Bahan:
- 30 gram, kacang hijau
- 30 gram, daun sendok
- 400 cc, air
- Madu, secukupnya

Cara membuat ramuan:
Ambil Kacang hijau dan daun sendok lalu direbus dalam air 400 cc, sebaiknya menggunakan kuali atau periuk tanah. Dinginkan, dan diminum bersama madu secukupnya. Minum ramuan ini secara teratur.



***********


Varises

Bahan:
- kacang hijau, satu genggam
- 2 gelas, air

Cara Membuat

Rebuslah Kacang hijau dengan dua gelas air dan tunggu sampai air tinggal tersisa satu gelas. Silahkan minum rebusan kacang hijau dua kali sehari, pagi dan malam / saat hendak tidur. Hal lain yang perlu dilakukan adalah saat akan tidur, angkat kaki dan tempatkan pada posisi yang lebih tinggi dari kepala, lakukan kira-kira 10 menit. Terus lakukan cara ini selama proses pengobatan.



***********


Sakit perut

Bahan:
- 60 gram, kacang hijau
- 3 gram, cengkeh
- 3 gram, kayu manis
- 3 gram, pala
- 3 gram, kapulaga
- 2 ruas, jahe
- 15 butir, merica
- 1 liter, air


Cara Membuat
Rebuslah semua bahan dengan satu liter air dan tunggu atau sisakan hingga tinggal setengah liter-nya saja. Sebagai obat minum.



***********


Biang keringat anak-anak

Bahan:
- 60 gram, kacang hijau
- 50 gram,  krokot
- air secukupnya

Cara Membuat:
Haluskan dahulu kacang hijau menjadi bubuk, kemudian direbus bersama krokot dengan air secukupnya. Saring dan dinginkan, diminum tiga kali sehari.



***********


Bisul, Jerawat

Bahan:
- 50 gram, kacang hijau
- 50 gram, kacang hitam
- 50 gram, kacang merah
- 2 ruas, jahe
- madu secukupnya

Cara Membuat
Masukkan kacang hijau, kacang merah, kacang hitam dan rebus bersama-sama. Jahe-nya untuk direbus tersendiri. Jika sudah campurkan rebusan jahe ke rebusan kacang-kacangan. Ramuan ini digunakan untuk bisul yang belum matang, sementara untuk bisul yang sudah matang, tambahkan madu didalamnya. Oleskan



***********


Meningkatkan gairah / stamina pria

Bahan:
- 30 gram kacang hijau
- 15 gram adas
- 15 gram pulosari
- 15 gram kucai
- 15 gram merica
- 15 gram biji paria
- 15 gram biji ketumbar
- 2 ruas jahe
- 600 cc air

Cara Membuat

Ambil kacang hijau jahe, merica, adas, pulosari, biji kucai, biji paria, biji ketumbar dan rebus dengan air 600 cc. Tunggu hingga air tinggal setengahnya.Minum secara teratur.



***********


Maag

Bahan
- 1/4 kg, kacang hijau
- air hangat, secukupnya

Cara Membuat

Jemur kacang hijau hingga kering, lalu tumbuk halus. Untuk obat, ambil satu sendok makan bubuk kacang hijau dan seduh dengan air hangat. Minum secara teratur sehari sekali.



***********


Rambut rontok

Bahan:
- Kacang hijau, kira-kira satu genggam
- Satu gelas air


Cara Membuat
Rebus bahan dengan air, dengan aturan Kacang hijau jangan sampai pecah atau terlalu matang. Angkat sebelum matang/pecah. Dinginkan, digunakan untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat-pijat. Tunggu sebentar hingga kering, lalu keramas.



***********


Sariawan dan Beri-beri

Cukup dengan minum rebusan kacang hijau secara rutin setiap pagi.



***********


Demam pada bayi

Bahan:
- kacang hijau, secukupnya
- madu, satu sendok makan

Cara Membuat
Rebus kacang hijau. Minumkan bersama madu, sedikit demi sedikit pada bayi Anda.



***********


Sakit kepala

Bahan:
- kacang hijau, 1 cangkir
- air, 3 gelas

Cara Membuat:
Cuci bersih lalu direbus dengan tiga gelas air hingga mendidih, lalu diamkan / tunggu hingga keadaan suam-suam kuku. Minum airnya dan kacangnya juga dimakan, lakukan dua kali sehari.
Demikiankah sahabat, sedikit uraian tentang manfaat Kacang hijau sebagai obat alami / tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit, semoga saja bisa bermanfaat, sekian terima-kasih.