GxbnR9erbBlug6bw0hQdf1dvpbc Tips Persiapan Melahirkan Secara Alami | Musttrie's Blog

Friday, February 17, 2012

Tips Persiapan Melahirkan Secara Alami


Tips persiapan melahirkan secara alami/persalinan untuk mempersiapkan kelahiran secara alami dapat membantu Anda dalam mempersiapkan mental maupun fisik. Melahirkan secara alami menjadi kebahagiaan tersendiri bagi ibu hamil. Lain halnya jika harus dengan operasi caesar yang sebenarnya mempunyai resiko bahaya 3 kali lebih besar dari proses kelahiran secara alami. Ini harus menjadi pemahaman bagi ibu hamil. Melahirkan dengan intervensi medis, baik itu induksi, vaccum, forceps ataupun SC ini hanya perlu dilakukan jika kondisi sang ibu tidak normal atau membahayakan keselamatan ibu dan bayi. Gaya hidup yang menginginkan anaknya lahir pada tanggal tertentu, takut rasa sakit dan operasi itu lebih aman adalah pemahaman yang keliru. Tuhan jauh lebih tahu dan hebat yang telah memberikan kekuatan seorang wanita kemampuan untuk menjalani kelahiran secara alami. Berikut tips persalinan untuk mempersiapkan kelahiran secara alami.



Tips persiapan melahirkan/persalinan untuk kelahiran secara alami

1
Berkonsultasi/datang ke dokter/bidan yang mendukung dan profesional untuk menangani proses kelahiran secara alami. Ini sangat membantu Anda untuk menambah pengetahuan yang benar tentang proses kelahiran secara alami dan sekaligus menambah rasa percaya diri dan kesiapan mental Anda. Pilih praktisi yang benar-benar dipercaya dan memahami kondisi Anda untuk merawat dan memberi support yang kuat, bukan sebaliknya, marah-marah karena menganggap pasiennya rewel dan lainnya. Mohon maaf banyak praktisi yang sebenarnya bukan tipe seorang dokter atau perawat yang memang harus melayani pasien apapun kondisinya, harus sabar dan berdedikasi tulus.  Anda harus yakin bahwa Tuhan telah memberi semua kekuatan pada wanita dan proses melahirkan secara alami itu sebenarnya jauh lebih aman dibanding dengan tindakan operasi. Tindakan operasi yang kurang baik bisa menimbulkan gangguan seperti sumbatan pembuluh darah, infeksi masa nifas, gangguan jantung atau bisa berakibat pengangkatan rahim (histerektomi) di kelak kemudian hari karena terjadi infeksi/radang.

2
Ada tips yang mungkin terlupakan atau kurang dianggap penting bagi banyak kalangan yakni persiapan mental. Ini adalah management hati yang berpengaruh kepada kekuatan fisik Anda. Perhatikan hal apa yang bisa membuat Anda rileks dan tenang, mungkin dengan mendengarkan musik, dengan orang dekat, atau juga dengan cara hipnotis. Kelola kesiapan yang harus Anda lakukan saat terjadi kontraksi, lakukan teknik pernapasan dengan baik, tetap tenang, berpikir positif dan jauhkan dari ketakutan Anda.

3
Anda sendiri yang harus menentukan kapan Anda harus ke rumah sakit, tunggu terjadinya kontraksi yang intens/lebih sering. Apabila setiap lima menit terjadi kontraksi dengan durasi kurang lebih 20-30 detik, maka segerakan Anda berangkat ke dokter/bidan Anda, kenapa harus menunggu hingga terjadi kontraksi yang intens? karena supaya tidak terlalu lama di tempat dokter, kebanyakan dari mereka kurang sabar menunggu dan cenderung mempercepat atau menginduksi persalinan, inilah yang harus dipahami kita semua.

4
Pada saat kontraksi Anda harus tetap dan terus berjalan agar Anda bebas bergerak dan lakukan gerakan lembut semampu Anda, ini akan merangsang bayi mulai menuruni rahim  memperbesar energi dari gaya gravitasi sehingga posisi bayi berada pada posisi yang tepat menuju jalan keluar. Jadi Anda harus bebas bergerak selama persalinan tetapi jangan berlebihan.Anda dapat mengubah posisi sesuai arah mana yang dapat mengelola atau menjaga kontraksi yang terjadi agar tidak terlalu nyeri.

5
Perlu Anda pahami bahwa persalinan / melahirkan dengan berbaring itu tidak efektif dan tidak searah dengan gaya gravitasi bumi, itulah sebabnya Anda harus dalam posisi berdiri dan bergerak bebas saat proses berlangsung hingga bayi sudah dalam posisi benar-benar siap untuk keluar Anda bisa merubah posisi jongkok atau posisi yang pas untuk melahirkan. Juga Anda tidak perlu ragu untuk berteriak mengaduh saat mengejan karena ini akan menambah energi dan sekaligus mereduksi tingkat ketegangan Anda.

6
Nah, demikianlah apa yang dapat saya sampaikan untuk Anda calon ibu, jadi jangan khawatir dan takut untuk melahirkan bayi Anda secara alami, karena cara ini jauh lebih aman dibanding dengan cara intervensi medis, Tuhan maha besar Ibu, jadilah ibu yang benar-benar sempurna dengan melahirkan buah hati Anda sesuai cara Tuhan, dan tentu Anda akan merasa lebih puas dan bahagia dengan perjuangan Anda sendiri. Dan satu lagi, tindakan medis hanya dilakukan apabila kondisi ibu tidak baik dan membahayakan keselamatan baik itu ibu dan bayi. Sekian Tips persalinan untuk mempersiapkan kelahiran secara alami dari saya, selamat menanti buah hati Anda dan menjadi ibu yang baik, Amiin.
KlikSaya.com


3 comments:

Romahfud's Words said...

wah, pasti berguna klo udah punya istri ntar nih....
sip dah tipsnya..

tipsehatcantikalami said...

tips persiapan melahirkan secara alami, memang yang alami adalah yang terbaik!, salam kenal

dom jenkinson said...

ngeri ya. aku bener2 respect untuk kaum wanita :)

Toko bunga