Rabu, 29 Februari 2012

Tips Merawat Kuku Kuat dan Lentik


Tips merawat kuku kuat dan lentik tentu perlu untuk wanita. Kuku mungkin sering dinomer-duakan dalam hal perawatan, padahal kuku yang sehat dan cantik akan menambah penampilan Anda lebih perfect dan cantik. Warna-warna kuku yang sedang trend menjadi salah satu gaya yang tak kalah penting. Nah, yang perlu diperhatikan adalah saat Anda sering memulas kuku dan menghapusnya tentu membuat kuku menjadi rapuh. Untuk menjaga dan menghindari hal ini, Anda perlu tahu tips cara merawat kuku yang tepat. Ada cara yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus banyak menghabiskan waktu dan biaya. Berikut ini uraian singkat untuk Tips merawat kuku kuat dan lentik.



Tips merawat kuku kuat dan lentik

1.
Saat Anda hendak menghapus cat kuku yang sudah usang gunakan obat yang bebas aseton. Aseton akan menghilangkan minyak alami pelindung kuku yang mengakibatkan kuku menjadi cepat aus, menjadi kering dan rapuh, walaupun membuat cat kuku lebih mudah dihapus, namun jika terlalu sering digunakan akan merusak kuku Anda. Lebih baik lagi, Anda mengurangi pemakaian cat kuku yang terlalu sering dan berganti-ganti sehingga tidak perlu sering-sering memakai penghapus cat kuku yang dapat merusak kesehatan kuku Anda.

2.
Bila kuku Anda tergolong rapuh, lebih baik tidak memaksakan untuk memanjangkan kuku, cukup kurang lebih 2cm saja, jaga selalu rapi dan bersih. Anda bisa mengoleskan bawang putih ke permukaan kuku Anda setiap hari untuk menambah kuku lebih kuat dan tidak mudah patah. Kuku butuh kalsium yang cukup untuk tumbuh secara kuat, namun setiap kuku mempunyai karakter yang berbeda-beda, ada yang tipis dan ada juga yang tebal.

3
Hindari merendam kuku terlalu lama di dalam air, ini menyebabkan kuku menjadi lunak sehingga mudah patah, terutama air yang masih panas. Kuku dan kulit Anda menjadi lebih rapuh jika terendam berlama-lama.

4
Suplemen biotin sangat membantu menguatkan kuku, kandungan biotin secara alami banyak terkandung dalam kuning telur, ragi dan gandum. Jika Anda tidak sedang diet baik sekali mengkonsumsi sumber biotin ini atau Anda bisa mencari suplemen biotin sebagai pengganti.

5
Jika Anda hendak menghapus noda pada kuku, gunakan perasan jeruk nipis. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan perasan jeruk nipis tersebut di atas kuku secara perlahan. Anda juga bisa membagi dua buah jeruk tersebut kemudian tempelkan selama dua menit di permukaan kuku Anda dan gosok secara perlahan.

6
Jangan menggunakan cat kuku yang sudah lama dibeli. Umumnya, formula pewarna kuku lama mengandung dibutyl/phthalate yang berbahaya. Anda bisa pilih produk-produk OPI dan Sally Hansen. Jangan mengikir kuku dengan gerakan dua arah. Kikir kuku satu arah dengan pengikir yang halus, potong pendek kuku berbentuk persegi dengan menghaluskan bagian ujung kuku.

7
Jangan memotong kutikula, kutikula sebagai pelindung kulit dari bakteri dan mencegah infeksi pada kuku. Rendam kuku dengan air hangat sebentar kutikula lebih lembut. Gunakan penjepit kutikula saat hendak membuang kulit kering di sekitar kuku atau kuku yang tumbuh keluar. Sekian Tips merawat kuku kuat dan lentik.

Tidak ada komentar: