Senin, 13 Februari 2012

Cara Aman Mengecek dan Memilih Mobil Bekas


Cara aman mengecek dan memilih mobil bekas sangat penting Anda ketahui mengingat ini menjadi sarat utama agar Anda tidak salah pilih dan menyesal dikemudian hari. Jika Anda mengerti mesin maka hal ini menjadi mudah, namun bagi yang tidak paham dengan mesin tentu ini menjadi hal yang menyulitkan. Ada tips atau cara mengecek dan memilih mobil bekas berkwalitas dan yang tidak berkwalitas.


Tips / cara aman adalah:

- Pada saat dinyalakan, lihat apakah mobil bisa nyala dengan bagus atau tidak.
- Perhatikan baik-baik suara yang dihasilkan apakah terdengar kasar atau tidak , jika suara kasar dan ngadat jangan pilih mobil tersebut.
- Untuk menghindari salah dalam menilai, ajaklah orang yang mengerti mesin yang Anda percaya dan cek secara keseluruhan dari mesin hingga body dan kwalitas spare-partnya.
- Pilihlah mobil bekas dengan perawatan-perawatan yang jelas di bengkel resmi dan terpercaya dan rajin di ceck-up. Tanyakan kebenaran bengkel resmi yang biasa menangani mobil tersebut apakah benar mereka telah merawat mobil yang akan anda pilih, karena mereka biasanya mempunyai data dan catatan tentang mobil langganan mereka.


Tips / cara aman mengecek dan memilih mobil bekas yang kedua ialah mengecek kondisi fisik kendaraan :

- Perhatikan kondisi bagian dalam kap mobil. Mobil yang masih original dari pabrik dan belum di service atau ganti spare-part akan terdapat kelingan, bila tidak ada, kemungkinan mobil itu pernah mengalami kecelakaan dan sudah service-an.
- Lakukan langkah seperti ini, naikkan satu roda ke tempat yang lebih tinggi, lalu cek pintu satu persatu dengan buka-tutup semua pintu. Lihat apakah ada pintu yang tidak tertutup dengan sempurna? jika bermasalah berarti sudah pernah mengalami perbaikan.
- Periksa kondisi lapisan cat mobil dari dekat, jika belum mengalami perbaikan cat mobil akan terlihat dan terasa rata jika di usap.
- Selanjutnya cek surat-surat legalitas kendaraan tentang keaslian dan masa berlaku juga umur kendaraan apakah mengalami manipulasi atau ada hal yang mencurigakan. Ini sangat penting diketahui karena bisa saja mobil yang akan Anda beli bukan mobil sah atau hasil curian atau juga mobil gelap lainnya.
- Langkah selanjutnya periksa BPKB, STNK dll, apakah spesifikasi sesuai dengan kondisi kendaraan yang bersangkutan.
- Yang terakhir soal harga kendaraan. Bandingkan dengan harga pasaran yang berlaku saat itu agar harga yang akan Anda bayar tidak terlalu tinggi dan Anda tidak dirugikan. Demikian tips dari saya untuk cara aman mengecek dan memilih mobil bekas.

Tidak ada komentar: